Waspada! Inilah Gejala Batu Ginjal yang Perlu Anda Tahu

Kebanyakan orang mengenal gejala batu ginjal ketika sering mengalami sakit pinggang, memang hal ini tidak salah. Namun tahukah Anda bahwa masih banyak gejala batu ginjal lainnya yang perlu Anda waspadai, seperti yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Batu ginjal atau dalam istilah medis disebut dengan nefrolitiasis adalah terbentuknya material keras menyerupai batu yang berada di dalam ginjal. Material ini berasal dari pengendapan sisa-sisa penyaringan oleh ginjal dalam waktu yang lama.

Diperkirakan ada 10% wanita dan 15% pria pernah mengalami kondisi ini selama hidupnya. Sedangkan penyakit ini biasa menyerang pada manusia yang berusia antara 30 – 60 tahun. Meskipun begitu, pola hidup seseoranglah yang menentukannya. Ada beberapa orang sebelum menginjak usia 30 tahun sudah terkena penyakit batu ginjal tapi ada juga orang dengan usia yang sudah tua memiliki fisik yang masih sehat tanpa batu ginjal. Sehingga bukanlah menjadi jaminan bahwa antara usia 30 – 60 tahun adalah waktu dimana seseorang akan terkena penyakit yang satu ini.

Penyebab Penyakit Batu Ginjal

Banyak orang yang bertanya-tanya apa penyebab munculnya batu ginjal itu? Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya batu ginjal, yaitu:

  1. Makanan

Penyebab pertama munculnya batu ginjal disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak sehat. Makanan dengan kandungan bahan kimia tinggi dapat memicu munculnya batu ginjal.

  1. Kurang konsumsi air putih

Penyabab lain dari penyakit ini adalah akibat kurangnya konsumsi air putih. Setidaknya manusia membutuhkan air putih antara 8 – 10 gelas perharinya. Jika kebutuhan ini tidak tercukupi dalam waktu yang lama maka akan menyebabkan munculnya batu ginjal. Hal itu karena endapan-endapan sisa metabolisme yang ada di dalam ginjal tidak dapat dikeluarkan secara maksimal.

  1. Faktor kesehatan

Selain dari dua penyebab di atas, keberadaan penyakit tertentu pun dapat menyebabkan munculnya batu ginjal.

Kenali Gejala Batu Ginjal

Setelah tahu apa saja penyebab munculnya batu ginjal, kini saatnya anda mengetahui juga apa saja gejala-gejala kemunculan penyakit yang satu ini. Dengan mengetahui gejala-gejala batu ginjal maka hal ini akan dapat menjadi peringatan bagi seseorang untuk segera melakukan penanganan jika hal itu terjadi.

Secara umum, gejala batu ginjal ini tidak dapat dirasakan secara langsung, terutama bagi mereka yang hanya mengalami batu ginjal ringan. Material padat yang ada di dalam ginjal akan keluar dengan sendirinya melalui saluran ureter. Saluran ureter adalah saluran penghubung antara kandung kemih dengan ginjal.

Batu ginjal akan bergejala dan menimbulkan rasa sakit jika ukuran material yang ada di dalam ginjal lebih besar dari saluran ureter. Selain menimbulkan rasa nyeri akibat melewati saluran yang relatif lebih sempit, material ini akan menyebabkan infeksi sebagai akibat dari gesekan antara material dengan saluran ureter ini. Bahkan jika material tersebut berukuran besar dapat tersangkut di saluran ureter atau uretra dan menyebabkan masalah menjadi lebih rumit. Uretra adalah saluran pembuangan akhir dari urin.

Untuk lebih jelasnya, inilah berbagai gejala batu ginjal yang perlu anda tahu:

  1. Rasa sakit pada bagian tubuh tertentu

Seseorang dengan batu ginjal akan mengalami sakit yang menetap pada beberapa bagian tubuhnya, seperti perut bagian samping, punggung bagian bawah, selangkangan, pinggan, bahkan testis pada pria. Rasa sakit ini akan semakin terasa saat sedang buang air kecil.

  1. Sering buang air kecil

Gejala lainnya dari orang dengan batu ginjal adalah seringnya buang air kecil. Selain frekwensi buang air kecilnya yang bertambah, orang dengan batu ginjal juga akan merasakan nyeri saat buang air kecil, terutama pada bagian perut bawah samping.

  1. Mual-mual

Biasanya seorang penderita batu ginjal akan merasakan mual-mual pada perutnya. Hal ini akibat dari adanya rasa sakit pada perut bagian bawah. Rasa sakit tersebut berasal dari pergerakan batu ginjal ke saluran ureter. Pergerakan ini menimbulkan rasa sakit yang begitu sangat sehingga dalam beberapa kasus, penderita tersebut bisa sampai muntah-muntah.

  1. Urin berwarna keruh

Tanda lainnya dari penyakit batu ginjal adalah urin berwarna keruh. Jika urin normal berwarna putih kekuningan, maka warna urin orang dengan batu ginjal bisa berwarna kecokelatan atau kemerahan. Hal itu disebabkan oleh adanya pendarahan ketika material melalui kandung kemih atau saluran kemih. Selain warnanya yang keruh,bau urin juga tidak sedap atau tidak seperti bau urin pada umumnya.

  1. Sulit beristirahat

Gejala batu ginjal lainnya yaitu sulit untuk beristirahat. Hal itu karena di bagian-bagian tertentu, seperti pinggang, perut, dan selangkangan terasa sakit sehingga susah untuk beristirahat dengan tenang.

  1. Badan tidak nyaman

Gejala lain batu ginjal adalah badan terasa tidak nyaman. Rasa lemas, demam, dan menggigil adalah hal yang sering dirasakan oleh penderita terutama ketika disertai dengan infeksi ginjal.

Penanganan batu ginjal

Penyakit batu ginjal tidak selalu ditangani dengan cara operasi. Dokter akan memberikan saran pengobatan sesuai dengan ukuran material yang ada di dalam ginjalnya. Jika material tersebut berukuran kecil atau masih dapat melewati kandung kemih, maka dokter hanya akan menyarankan pasien untuk memperbanyak minum air putih. Dengan banyaknya air putih yang melewati saluran kencing diharapkan secara perlahan batu ginjal akan keluar dengan sendirinya.

Obat-obatan seperti ibuprofen, acetaminophen, atau obat anti radang non steroid akan diberikan jika pasien mengalami keluhan sakit. Obat-obatan ini dapat meredakan rasa sakit sehingga pasien dapat beraktivitas dengan lancar.

Sementara jika batu yang ada di dalam ginjal tersebut berukuran besar, maka biasanya akan dilakukan penanganan khusus, misalnya operasi, penggunaan energi laser, atau ultrasound. Hal itu karena batu yang berukuran besar dapat menyumbat saluran kandung kemih. Ini jika dibiarkan maka akan menyebabkan pasien susah untuk buang air kecil. Itulah sebabnya harus dilakukan langkah-langkah khusus atau medis untuk mengeluarkannya.

Pencegahan batu ginjal

Sebenarnya untuk mencegah terjadinya batu ginjal tidak terlalu susah. Hanya dengan menerapkan pola hidup yang sehat dan konsumsi makanan yang sehat pula maka secara otomatis kita dapat menghindari penyakit yang satu ini.

  1. Mengonsumsi air putih

Ini adalah cara yang paling tepat untuk mengatasi batu ginjal. Dengan mengonsumsi air putih antara 8 – 10 gelas perhari maka urin pun akan terbuang secara lancar sehingga endapan-endapan yang ada di sekitar ginjal dapat teratasi.

  1. Menghindari minuman yang berpotensi menyebabkan batu ginjal

Minuman-minuman seperti suplemen, protein hewani, zat oksalat, kalsium, dan aneka minuman kemasan dapat menjadi penyebab munculnya batu dalam ginjal. Untuk itu, sebisa mungkin untuk menghindari minuman-minuman seperti ini.

  1. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat yang khusus untuk mengatasi batu ginjal. Obat-obatan seperti ini biasanya hanya diberikan kepada pasien yang memiliki riwayat batu ginjal sebelumnya. Jadi bagi anda yang tidak memiliki riwayat penyakit batu ginjal jangan mengkonsumsi obat-obatan seperti ini karena obat tersebut harus dengan resep dokter.

Setelah mengetahui apa itu penyakit batu ginjal, penyebab kemunculannya, gejala-gejalanya, dan bagaimana cara untuk mencegahnya, maka saatnya kita mulai hidup sehat. Dengan menerapkan hidup sehat, seperti konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, mengonsumsi makanan yang sehat, dan menjaga asupan nutrisi bagi tubuh, maka akan dapat membantu tubuh untuk menangkal terjadinya batu ginjal.

Demikianlah pembahasan tentang gejala batu ginjal. Semoga bermanfaat.

Posting Waspada! Inilah Gejala Batu Ginjal yang Perlu Anda Tahu ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: