Top 10 Manfaat Teh Hijau yang Telah Terbukti Ilmiah

No comment 147 views

Teh telah dikenal sebagai salah satu minuman yang bisa dihidangkan di segala situasi dan waktu. Tapi tahukah kamu, minuman satu ini juga punya banyak sekali manfaat untuk menjaga kesehatan dan penampilan kamu lho. Apa saja manfaat teh hijau?

Teh hijau kadalah teh yang biasanya kita temui di negara Jepang dan biasa digunakan dalam upacara minum teh sejak beratus tahun yang lalu. Juga dikenal banyak dikonsumsi di Tiongkok, Taiwan, dan wilayah Asia Tenggara termasuk Indonesia. Teh hijau berasal dari petikan daun teh (Camellia Sinesis) yang diseduh untuk menghasilkan teh yang tidak mengalami proses oksidasi.

manfaat teh hijau

Kandungan dalam Teh Hijau

Sebelum kita membahas apa saja manfaat teh hijau bagi tubuh, akan lebih baik kita ketahui terlebih dahulu kandungan apa saja yang terdapat di dalamnya.

Senyawa Polifenol

Di dalam teh hijau ditemukan senyawa polifenol yakni senyawa kimia pada tumbuhan yang mengandung antioksidan yang kuat. Dengan memiliki senyawa polifenol, teh hijau dipercaya mampu membakar lemak tubuh dengan cepat.

Saponin

Jika kamu perhatikan tiap menyeduh beberapa minuman yang berhubungan dengan tanaman, kamu akan melihat timbulnya beberapa busa kecil-kecil seperti pada air sabun. Hal ini menunjukkan tumbuhan tersebut mengandung zat saponin yang bermanfaat dalam mengendalikan kolestorol di tubuh. Teh hijau salah satunya, minuman yang mengandung zat saponin.

Alkaloid

Adalah senyawa organik bernitrogen yang memiliki sifat basa. Terdapat di dalam beberapa tumbuhan dan memiliki khasiat sebagai obat, bersifat narkotik dan toksik. Yang dengannya, teh hijau juga dikenal sebagai salah satu tanaman yang mencegah beberapa penyakit parah.

Asam Organik

Asam organik ialah senyawa kimia dengan satu atau lebih radikal karboksil dalam susunannya.

Tanin

Bahkan sebagai awam, kamu pun bisa menyadari bahwa teh hijau mengandung tanin. Karena tanin adalah kumpulan senyawa organik amorf (yang tidak memiliki bentuk yang jelas) yang bersifat asam dengan rasa sepat, seperti yang biasanya kamu dapati di teh hijau.

Kafeina

Sama seperti kopi, teh juga mengandung kafeina. Namun kafeina yang terdapat di teh hijau terbilang lebih sedikit bila dibandingkan dengan yang ada di kopi atau teh jenis lain, yang membuat teh hijau menjadi lebih istimewa dibandingkan yang lainnya.

Dan masih banyak zat lain yang baik bagi tubuh diantaranya terdapat Flavanoid, Klorofil, Kalsium, Magnesium, Seng, Mineral, Selenium, Mangan, Flour dan lain-lain.

Manfaat Teh Hijau Bagi Tubuh yang Telah Terbukti Ilmiah

Setelah mengetahui banyaknya kandungan zat yang baik bagi tubuh, maka kini kita bahas lebih lanjut mengenai manfaat teh hijau jika kita rajin mengonsumsinya.

1. Membantu Menurunkan Resiko Mengidap Penyakit Jantung dan Darah Tinggi

Dalam salah satu penelitian didapati kesimpulan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi teh hijau hingga lebih dari lima gelas perhari terbukti memiliki lebih kecil kemungkinan terkena penyakit jantung dan darah tinggi dibanding mereka yang hanya mengonsumsi kurang dari satu gelas teh hijau per hari.

Penelitian lain menunjukkan semakin banyak kuantitas teh hijau yang kamu konsumsi, semakin baik tubuh terjaga dari berbagai penyakit. Sedang di Tiongkok, lewat penelitian diketahui terdapat penurunan jumlah pengidap darah tinggi pada penderita yang mengonsumsi teh hijau dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Manfaat teh hijau ini dikarenakan antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membantu menghalangi kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kemampuan fungsi arteri sebagai pembuluh darah yang mengalirkan darah dari jantung ke seluruh badan.

2. Menurunkan Resiko Terkena Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 diketahui sebagai salah satu tipe diabetes yang mengganggu sistem gula dalam darah. Mengonsumsi teh hijau yang diketahui rendah gula selain tentu saja mulai mengubah gaya hidup seperti menyesuaikan konsumsi makanan dan berolahrga terbukti baik bagi penderita atau sebagai bentuk pencegahan terhadap diabetes tipe 2.

Manfaat teh hijau yang satu ini hanya akan efektif ketika Anda mengonsumsinya tidak menggunakan gula berlebihan.

3. Sebagai Detoksifikasi Tubuh

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa teh hijau adalah salah satu tanaman yang kaya akan klorofil. Klorofil sendiri adalah zat penghijau tumbuhan terutama terdapat pada daun yang penting dalam proses fotosintesis.

Menurut penelitian, klorofil diketahui bukan hanya penting bagi tumbuhan namun juga bagi tubuh dalam rangka detoksifikasi yakni penetralan racun dalam tubuh. Klorofil membantu meningkatkan kemampuan darah menyebarkan oksigen dan nutrisi yang bermanfaat guna meregenerasi sel dalam tubuh.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan

Bukan lagi rahasia, mengonsumsi teh hijau terutama dikalangan orang-orang yeng memiliki aktivitas yang cukup berat adalah salah satu keharusan. Dengan segala zat baik yang terkandung di dalamnya, teh hijau telah lama digunakan sebagai ‘suplemen alami’ yang berguna dalam mempercepat proses penyembuhan.

5. Berguna untuk Menurunkan Berat Badan

Salah satu fungsi paling terkenal dari teh hijau adalah mampu dengan cukup signifikan menurunkan berat badan. Hal ini karena pada teh hijau terdapat senyawa polifenol katekis yang membatu mempercepat metabolisme dan mengatur kadar glukosa dalam tubuh hingga terhindar dari penyakit, salah satunya penyakit obesitas.

Penyajian yang paling direkomendasikan agar manfaat teh hijau untuk menurunkan berat badan lebih terasa efektif adalah dengan mencampurkan teh hijau ke air hangat tanpa tambahan gula dan dikonsumsi pada pagi hari setelah bangun tidur.

6. Menurunkan Kemungkinan Mengidap Kanker

Penelitian menyimpulkan dengan mengonsumsi teh hijau, ada berbagai jenis kanker yang bisa dicegah mulai dari kanker payudara hingga kanker prostat. Berbagai kandungan dalam teh hijau menunjukkan bahwa ia adalah salah satu penanganan alami yang memiliki potensi besar mencegah kanker. Senyawa polifenol, katekin, dan berbagai enzim adalah kandungan yang di antaranya dapat menurunkan potensi kanker dalam tubuh.

7. Memperlambat Penuaan

Klorofil yang ada dalam teh hijau selain bermanfaat dalam proses detoksifikasi, ternyata juga bermanfaat dalam memperlambat proses penuaan dini. Dengan kemampuannya menyebarkan oksigen dan nutrisi, sel-sel dalam tubuh dapat ter regenarasi dengan baik hingga mampu memperlambat timbulnya keriput di kulit, sebagai salah satu tanda penuaan.

8. Menjaga Kesehatan Gigi dan Gusi

Di penjelasan sebelumnya mengenai kandungan teh hijau, sempat disebut Flour sebagai salah satunya. Kamu mungkin familiar, karena Flour merupakan salah satu kandungan yang terdapat dalam pasta gigi yang kita gunakan sehari-hari.

Ditambahkannya Fluor dalam pasta gigi bukan tanpa alasan, ini karena zat diketahui efektif mencegah bakteri masuk ke rongga mulut, melindungi dari karies gigi dan melindungi dari plak serta menguatkan akar gigi. Itulah mengapa manfaat teh hijau bisa menjaga kesehatan gigi dan gusi.

9. Mencegah Katarak

Yang perlu kamu ketahui sebelumnya, salah satu penyebab katarak adalah terpaparnya tubuh atas radikal bebas seperi sinar matahari, debu, asap dan lain-lain. Kesemuanya adalah radikal bebas yang kemudian melalui proses oksidasi mengakibatkan seseorang terkena katarak. Dengan mengonsumsi teh hijau secara teratur yang mengandung alkaloid dan flavanoid diharapkan mampu mencegah terjadinya penyakit tersebut.

10. Mencerahkan Wajah dan Menghilangkan Kantung Mata

Klorofil dalam teh hijau diketahui juga mampu mencegah timbulnya jerawat jika digunakan untuk mencuci wajah. Menggunakan celupan yang ada di teh celup di kelopak mata mampu menghilangkan kantung mata hingga membuat wajah terlihat lebih segar. Gunakan dengan lebih dulu didiamkan selama beberapa waktu hingga mendingin dan tanpa mencampurnya dengan gula dan lain-lain.

Itulah 10 manfaat teh hijau yang telah terbukti secara ilmiah. Yuk mulai konsumsi teh hijau secara teratur dan buktikan sendiri kehebatannya.

Posting Top 10 Manfaat Teh Hijau yang Telah Terbukti Ilmiah ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: