Semua Informasi Tentang Sakit Kepala Sebelah Kiri

No comment 495 views

Sakit kepala sebelah kiri atau disebut juga dengan migran ini merupakan kondisi dimana bagian kepala sisi kiri terasa pusing dan sakit. Apapun bentuknya, mulai dari aneurisme, sakit kepala cluster, sakit kepala tegang, migran, dan sinustis akan terasa mengganggu saat datang menyerang. Oleh karena itulah banyak orang yang berusaha untuk mengobati sakit kepala jenis ini karena kedatangannya bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Sebab-sebab Terjadinya Sakit Kepala Sebelah Kiri

Apakah anda saat ini sedang bertanya-tanya tentang penyebab datangnya sakit kepala sebelah kiri? Keluhan pada salah satu bagian kepala ini seringkali muncul secara tiba-tiba seolah tanpa sebab. Secara lebih jelas dan terperinci, pembahasan mengenai sebab-sebab terjadinya sakit kepala sebelah kiri akan dijelaskan pada penjabaran berikut ini :

Penyebab Sakit Kepala Sebelah aladokter.com

Penyebab Sakit Kepala Sebelah aladokter.com

  1. Migran

Penyebab pertama munculnya sakit kepala sebelah kiri adalah karena adanya migran. Migran disebabkan oleh adanya perluasan pembuluh darah dan penyumbatan darah ke otak sehingga menyebabkan rasa sakit dan tekanan pada kepala. Seringkali rasa sakit ini hanya terjadi pada sebagian kepala saja. Itulah yang dinamakan sakit kepala sebelah atau migran.

Migran dipicu karena beberapa kondisi, seperti gangguan stres, bau, cahaya yang terlalu terang, suara, alkohol, dan makanan tertentu. Biasanya penderita migran akan merasakan beberapa gejala, seperti mual, muntah, sampai gangguan pada pengelihatan. Jika ini terjadi pada anda maka hal utama yang harus dilakukan adalah dengan bersikap tenang dan tidak perlu panik. Hal ini akan membantu anda untuk meredakan rasa sakit tersebut.

Sampai saat ini belum belum ada pengobatan yang tepat bagi penderita migran. Dokter pun hanya menyarankan beberapa obat pereda sakit kepala saja, seperti sumatriptan, sandostatin, DHE 45, dan lain sebagainya. selain dengan obat-obatan kimiawi, anda juga dapat melakukan hal-hal berikut untuk meredakan migran:

# Istirahat yang cukup

salah satu sumber munculnya migran adalah karena faktor kelelahan. Untuk itu, mencukupkan waktu istirahat seperti tidur dan santai akan membantu anda untuk meredakan rasa sakit di kepala.

# Rileks

seringkali migran disebabkan karena faktor otot yang tegang. Untuk itulah, merelaksasikan otot-otot tubuh, terutama otot-otot di kepala adalah cara yang tepat untuk mengatasi migran.

# Menghindari pemicu migran

kebanyakan orang sebenarnya telah mengetahui penyebab sakit kepala pada dirinya. Anda dapat melakukan identifikasi sendiri apa saja yang membuat sakit kepala ini, misalnya makanan, alkohol, minuman berkafein, dan lain sebagainya. Dengan mengetahui hal-hal yang memicu terjadinya migran, maka anda pun dapat terhindar dari sakit kepala yang satu ini.

# Obat Pemicu Estrogen

obat-obatan peningkat estrogen seperti obat kontrasepsi atau obat penambah hormon disebut sebagai salah satu penyebab terjadinya migran. Jika saat ini anda mengkonsumsi obat-obatan seperti ini, maka anda dapat mengkonsultasikan kembali pada dokter anda. Mintalah obat pengganti atau minta dokter agar mengurangi dosis obatnya.

# Olahraga

selain menyehatkan tubuh secara keseluruhan, olahraga juga diyakini dapat melemaskan otot-otot yang tegang di kepala. Hal ini dapat menghindari terjadinya migran. Disamping itu, olahraga juga dapat mengendalikan berat badan. Menurut sebagian pakar, berat badan yang berlebih atau obesitas disebut sebagai salah satu pemicu seringnya migran.

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Tenggorokan dengan Cepat dan Aman

  1. Sinusitis

Penyebab sakit kepala sebelah kiri yang berikutnya adalah sinusitis. Sinusitis adalah meradangnya lapisan sinus pada kepala yang diakibatkan oleh alergi atau infeksi. Untuk mengobatinya, maka harus dilakukan konsultasi dengan dokter karena sakit kepala jenis ini harus diobati dengan antibiotik yang tentunya dengan resep dokter.

Sedangkan ada sejumlah langkah pencegahan yang bisa andalakukan untuk menghindari sinusitis ini, yaitu dengan menjaga kebersihan tangan dan sebisa mungkin untuk menghindari polusi udara. Anda dapat menggunakan humidifier untuk menjaga udara agar tetap bersih dan berada pada kelembaban yang sehat untuk tubuh.

  1. Aneurisma

Penyebab sakit kepala yang lainnya adalah aneurisma. Aneurisma adalah terjadinya pembungkusan arteri di kepala. Dalam tahap awal, aneurisma tidak menimbulkan gejala apapun, tapi jika hal itu sudah menjadi besar maka akan menyebabkan rasa sakit di kepala. Sakit kepala ini akan menyesuaikan posisi aneurisma itu berada. Jika aneurisma berada di otak sebelah kiri, maka akan menyebabkan sakit kepala sebelah kiri pula.

Untuk mengobatinya, maka harus dilakukan operasi yang dapat mengatasi arteri yang terbungkus tersebut. Selain itu jika anda adalah seorang perokok, maka dokter akan melarang hal tersebut untuk mempercepat proses penyembuhannya.

  1. Cluster

Cluster adalah sakit kepala yang dimulai dari salah satu sisi kepala yang kemudian menyebar ke seluruh kepala. Sakit kepala ini bisa datang setiap saat lalu menghilang untuk jangka waktu tertentu. Beberapa gejala penderita cluster adalah mata terasa sakit, kelopak mata berkilat, terjadi pembengkakan, dan hitung berair. Sampai saat ini belum ada pengobatan yang secara khusus dapat menyembuhkan sakit kepala ini.

Jika anda datang ke dokter, maka biasanya mereka akan memberikan obat-obat pereda migran seperti sumatriptan, Sandostatin, DHE 45, dan lain sebagainya. Selain dengan obat resep dokter, anda juga dapat melakuan pengobatan di rumah sendiri. Menghindari alkohol adalah cara yang ampuh untuk mengatasi sakit kepala ini karena bahan yang satu ini adalah penyebab utama timbulnya sakit kepala cluster. Cara berikutnya untuk mengatasi cluster adalah dengan menjaga pola hidup yang sehat. Usahakan untuk tidur antara 6 – 8 jam setiap harinya agar kebutuhan istirahat bagi tubuh tercukupi.

  1. Sakit Kepala Tegang

Yang dimaksud dengan sakit kepala tegang adalah sakit yang begitu menekan kuat pada sebagian kepala saja. Biasanya penderita akan mengalami tekanan pada leher dan bahunya sehingga badan terasa berat dan lemas. Untuk mengobatinya harus dilakukan pemeriksaan dokter karena akan ada obat-obat dengan dosis tinggi yang harus dikonsumsi oleh penderita, terutama jika sakit kepala tersebut sudah masuk dalam kategori kronis. Selain itu, anda juga dapat melakukan pengobatan mandiri untuk mengurangi dampak sakit kepala ini, yaitu:

Baca Juga : Cara Mengatasi Sakit Kepala dengan Cepat dan Mudah

# Kurangi Stres

stres adalah penyebab utama sakit kepala jenis ini. Untuk itulah, mengurangi beban fikiran yang membuat stres adalah cara yang efektif untuk terhindar dari sakit kepala tegang. Beberapa kegiatan meditasi seperti yoga dan aneka jenis meditasi lainnya diyakini mampu untuk mengurangi sakit kepala ini.

# Mengkompres

melakukan kompres pada leher dan bahu akan merileksasikan otot-otot yang tegang. Anda bisa menggunakan air panas atau dingin sebagai media untuk melakukan cara yang satu ini.

# Akupresur

akupresur atau akupuntur pun dapat dijadikan sebagai cara untuk meredakan sakit kepala tegang. Meskipun sebenarnya akupuntur hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli dan berpengalaman tapi anda pun dapat melakukan akupuntur sederhana dengan cara tekan setiap titik yang menyebabkan sakit kepala, seperti pada bagian telapak tangan, leher, dan bahu. Tekan titik-titik tersebut selama 30 detik lalu lepaskan kembali. Lakukan cara tersebut secara berulang sampai sakit kepala anda reda.

  1. Faktor Lain

Selain dari 5 penyebab sakit kepala sebelah kiri yang sudah dijelaskan di atas, ada sejumlah penyebab lain yang memicu munculnya sakit kepala ini. terjadinya cidera pada kepala atau leher dapat memicu timbulnya sakit kepala sebelah kiri. Selain itu, kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi atau jantung, herpes zoster, dehidrasi, alergi, ketegangan mata, masalah pada gigi, bahkan kondisi bantal yang tidak mendukung saat anda tidur bisa menjadi penyebab munculnya sakit kepala sebelah kiri.

Setelah tahu semua informasi tentang sakit kepala sebelah kiri, maka saat ini anda tidak perlu panik jika hal itu terjadi pada diri anda ataupun orang-orang di sekitar anda. Anda akan tahu bagaimana cara untuk mengatasi kondisi tersebut, apakah harus pergi ke dokter atau cukup dengan penanganan di rumah saja.

Demikian tadi pembahasan tentang sakit kepala sebelah kiri. Semoga bermanfaat.

Posting Semua Informasi Tentang Sakit Kepala Sebelah Kiri ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: