Penyebab Kutu Rambut yang Sering Tidak Disadari

No comment 24 views

Siapa yang tidak kenal dengan yang namanya kutu rambut? Binatang yang satu ini begitu populer di masyarakat karena cukup mudah hinggap di rambut siapa saja. Tentu ada penyebab kenapa seseorang memiliki kutu di rambutnya, sayangnya seringkali penyebab kutu rambut tidak disadari oleh kebanyakan orang.

Kutu rambut merupakan sejenis binatang parasit yang hidup dengan cara menghisap darah. Karena itulah orang yang terserang kutu rambut akan mengalami gatal-gatal pada kepalanya. Disamping itu, rasa gatal juga berasal dari sebuah zat yang terdapat pada air liurnya yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan peradangan yang mencetuskan rasa gatal.

penyebab kutu rambut

Setiap harinya, kutu rambut betina dapat bertelur antara 6 sampai 7 buah. Sedangkan telur-telur tersebut tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menentas. Hanya dalam waktu 7 sampai 8 hari saja telur-telur tersebut sudah menetas. Itulah sebabnya kutu ini dapat dengan mudah menjalar pada rambut seseorang.

Tapi apa penyebab kutu rambut bisa sampai di Kepala Anda?

Sebelum kita tahu apa saja penyebab datangnya kutu rambut, sebaiknya terlebih dahulu kita mengetahui apa saja tanda-tanda bahwa kepala kita terserang kutu parasit. Berikut tanda-tanda kutu rambut di kepala:

  1. Rasa gatal yang berlebih pada kepala;
  2. Adanya telur kutu di permukaan rambut yang bentuknya menyerupai ketombe;
  3. Terjadi pembengkakan pada permukaan kulit kepala dan belakang telinga;
  4. Terdapat bintik kemerah-merahan pada bagian leher.

Jika hal-hal di atas terjadi pada diri anda atau orang-orang di sekitar anda, maka kemungkinan besar kutu rambut sudah bersarang di kepala.

Penyebab Kutu Rambut Kepala

Banyak orang yang tidak menyadari beberapa aktivitas tertentu justru dapat mendatangkan kutu rambut pada kepalanya. Kutu rambut yang bersarang di kepala seseorang bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:

# Kurang menjaga kebersihan

Kondisi sprey yang jarang dicuci, sarung bantal yang kumuh, dan keadaan sekitar kamar kotor dan lembab dapat mengundang kedatangan kutu rambut. Kutu ini akan dapat berkembang biak di tempat-tempat kotor seperti itu. Oleh karena itu untuk menghindarinya, cucilah sprey dan sarung bantal maksimal setengah bulan sekali.

Sarung bantal dan sprey adalah benda yang sering bersinggungan dengan tubuh manusia. Kedua benda tersebut mudah untuk terkena rambut dan keringat manusia sehingga akan dapat menjadi sarang berkembang biaknya kutu dan jamur. Itulah sebabnya kita perlu menjaga kebersihannya.

Selain itu, jaga sirkulasi udara yang masuk dan keluar kamar. Ini akan membuat kelembaban udara di kamar terjaga sehingga kamar akan tetap sehat.

# Bersinggungan dengan orang yang memiliki kutu rambut

Penyebab selanjutnya adalah karena bersinggungan dengan orang yang memiliki kutu rambut. Bagi anda yang sering menghadiri acara di luar dan mengharuskan tidur bersama-sama dengan orang banyak, maka hal itu dapat menjadi pintu awal bagi anda untuk tertular kutu rambut.

Hal inilah yang kadang kurang disadari oleh kita semua. Mungkin karena ingin tidur bareng teman lama, atau karena rasa kantuk dan capek yang mendera membuat kita rela tidur berdesak-desakan dengan orang-orang yang kita sendiri tidak tahu kebersihan rambut mereka.

Memang agak susah untuk mengetahui apakah teman-teman kita terkena kutu rambut atau tidak. Sedangkan untuk bertanya juga rasanya tidak mungkin untuk dilakukan. Cara yang paling mudah adalah dengan mengamati apakah ke-empat tanda di atas ada pada teman-teman anda atau tidak. Jika memang ada, maka anda dapat sedikit menjauh darinya saat tidur.

# Memakai peralatan orang yang memiliki kutu rambut

Penyebab datangnya kutu rambut yang lainnya adalah karena pemakaian peralatan secara bersama-sama. Banyak orang yang tidak menyadari ketika memakai sisir teman, pakaian teman, topi, handuk, dan peralatan lainnya secara bersama-sama dapat menularkan kutu rambut.

Perlu anda ketahui bahwa peralatan-peralatan seperti topi, sisir, handuk, dan lain sebagainya dapat menjadi rumah bagi kutu rambut beserta telur-telurnya. Jika peralatan tersebut anda pakai maka kutu dan telur-telurnya itu dapat nyangkut di rambut anda. Sebagai akibatnya bisa anda bayangkan sendiri, secara otomatis anda pun akan tertular kutu rambut.

# Tidak merawat kebersihan kepala

Sebagian dari kita suka bermalas-malasan untuk membersihkan rambut, seperti jarang menyisir rambut, malas berkeramas, malas untuk membersihkan rambut saat mandi dan setelahnya, dan lain sebagainya. Perilaku-perilaku seperti ini ternyata berakibat kurang baik bagi kesehatan kulit kepala, dan dampak yang paling mudah adalah hinggapnya kutu rambut di kepala.

Jika hal ini sudah terjadi tentu sangat tidak nyaman di rambut. Untuk itulah, jagalah kebersihan rambut dan kulit kepala anda. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga kebersihan rambut, seperti keramas 2 hari sekali, rajin menyisir rambut, dan menggunakan shampoo yang sesuai dengan keadaan rambut anda.

Jika sudah terlanjur terkena kutu rambut..

Solusilah yang saat ini anda butuhkan. Bagi anda yang sudah terlanjur terkena kutu rambut, maka anda harus tahu bagaimana cara merawat rambut sehingga kutu tidak semakin bertambah banyak, bahkan kalau bisa kutu tersebut segera hilang dari rambut anda.

mengatasi penyebab kutu rambut

Bagi anda yang sudah terlanjur terkena kutu rambut, perawatan awal yang perlu anda lakukan adalah:

1. Sering-seringlah keramas

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab datangnya kutu rambut adalah karena malas menjaga kebersihan rambut. Untuk itulah, lakukan keramas sesering mungkin.

Anda dapat keramas setiap hari atau 2 hari sekali. Hal ini bertujuan agar rambut dan kulit kepala anda dalam kondisi selalu bersih sehingga kutu rambut pun tidak akan betah lama-lama hinggap di kepala anda.

Anda juga dapat menggunakan shampoo khusus penghilang kutu rambut. Shampoo ini dapat anda peroleh di apotek-apotek yang ada di sekitar rumah anda.

2. Menghindari penggunaan peralatan dengan banyak orang

Hal lainnya yang bisa anda lakukan adalah dengan menghindari penggunaan peralatan secara bersama-sama, dan juga sebaliknya. jangan mudah untuk meminjamkan peralatan anda kepada orang lain yang belum anda ketahui kebersihan rambutnya. Cara ini cukup efektif untuk menangkal datangnya kutu rambut di kepala.

3. Berkonsultasi dengan dokter

Kutu rambut yang jumlahnya sangat banyak dapat menyebabkan rasa gatal yang luar biasa, bahkan beberapa orang dapat terkelupas kulit kepalanya akibat darahnya terhisap oleh kutu rambut ini. Jika hal tersebut terjadi pada diri anda atau terhadap orang-orang di sekitar anda, maka segera konsultasikan kepada dokter. Dengan begitu dokter akan segera memberi penanganan yang sesuai dengan kondisi kulit kepala Anda.

Lebih lanjut, Anda bisa pelajari di sini: Cara Menghilangkan Kutu Rambut di Kepala Secara Alami

Setelah anda tahu apa penyebab datangnya kutu rambut pada manusia, ciri-ciri yang menyertainya, dan bagaimana cara untuk perawatannya, maka sudah saatnya kita mencegah datangnya binatang parasit ini pada diri kita dan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Jangan anggap remeh kutu rambut, karena dalam kondisi tertentu dapat menyebabkan infeksi pada kulit kepala yang bisa berakibat fatal pada kesehatan manusia. Untuk itulah, hidup sehat dengan menjaga kebersihan adalah solusi yang terbaik untuk mencegah datangnya kutu rambut pada kepala.

Itulah pembahasan penyebab kutu rambut yang sering tidak disadari manusia. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Posting Penyebab Kutu Rambut yang Sering Tidak Disadari ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: