Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

No comment 34 views

Ada sejumlah penyebab kenapa kelenjar getah bening bisa membengkak. Penyebab paling umum adalah infeksi, mulai dari yang ringan hingga yang berat. Bahkan ada penyebab serius yang banyak ditakuti banyak orang yaitu kanker atau tumor ganas.

Apapun penyebabnya, ketika Anda mengalami pembengkakan kelenjar getah bening akan lebih baik apabila diperiksakan ke dokter, terlebih dalam hitungan minggu bengkak tak kunjung mereda.

Apa itu kelenjar getah Bening?

Kelenjar getah bening adalah jaringan berukuran kecil mungkin seukuran kacang, kelenjar getah bening ini tersebar ke ssluruh tubuh, namun ada titik tertentu yang lebih banyak memiliki kelenjar getah bening hingga terlihat berkelompok dan bersambung satu sama lain. Contoh kelenjar getah bening yaang berkelompok dan banyak antara lain di leher, ketiak, dan selangkangan.

kelenjar getah bening

sebaran kelenjar getah bening pada tubuh

Kelenjar getah bening satu dengan yang lainnya dihubungkan oleh jaringan yang disebut pembuluh limfe untuk mengalirkan getah bening (cairan limfe). Getah bening merupakan cairan yang terbentuk antara sel-sel tubuh. Cairan ini mengalir di sepanjang saluran getah bening, disaring di kelenjar getah bening dan akhirnya akan mengalir ke dalam aliran darah.

Getah bening dan kelenjar getah bening merupakan bagian utama dari sistem kekebalan tubuh. Di dalamnya terdapat sel darah putih (limfosit) dan antibodi yang melindungi tubuh terhadap infeksi.

Apa Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

Kelenjar getah bening normal seukuran kacang, dan tidak terlihat dari luar. Namun apabila terjadi pembengkakan kelenjar getah bening, maka akan terlihat tonjolan di bawah kulit. Membesar dengan berbagai ukuran ukuran, sebesar kelereng, biji salak atau bahkan lebih besar dari itu.

Penyebab pembengakakn kelenjar getah bening meliputi:

Infeksi – Penyebab Tersering

Hal yang paling sering menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening adalah infeksi. Hal ini menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh sedang aktif melawan kuman penyebab infeksi (bakteri, virus, dll). Kelenjar getah bening biasanya akan kembali ke ukuran normal ketika infeksi berakhir, kira-kira butuh waktu seminggu atau lebih.

Contoh infeksi penyebab dan kelenjar getah bening yang terlibat:

  • Infeksi atau radang tenggorokan, tonsilitis, sakit flu dan infeksi pada gigi dan gusi – menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.
  • Kulit kepala atau infeksi pada kepala bagian luar – menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di bagian belakang kepala atau leher belakang.
  • Infeksi kulit lengan dapat menyebabkan kelenjar getah bening di ketiak membengkak.
  • Infeksi kaki atau alat kelamin, atau ruam popok, dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha.
  • Infeksi virus seperti flu (influenza), cacar atau demam kelenjar (mononukleosis infeksiosa) akan mempengaruhi KGB seluruh tubuh (Leher, ketiak, selangkangan)

Kanker, limfoma dan leukemia (Jarang)

Beberapa sel kanker dapat pecah dan menyebar (bermetastasis) ke kelenjar getah bening yang terdekat melalui saluran getah bening. Sel kanker ini kemudian tumbuh dan berkembang biak di dalam kelenjar getah bening sehingga menimbulkan pembengkakan. Meskipun kondisi ini lebih jarang dibandingkan penyebab di atas.

Contoh-contoh kanker:

  • Kanker payudara dapat menyebar ke KGB ketiak.
  • Kanker tenggorokan dapat menyebar ke kelenjar getah bening di leher.
  • Kanker paru-paru dan kanker lambung dapat menyebar ke kelenjar getah bening bagian dalam.
  • Kanker sistem limfatik dan darah (limfoma non-Hodgkin, limfoma Hodgkin dan leukemia) dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening di banyak tempat.

Biasanya, kelenjar getah bening yang bengkak karena kanker, limfoma dan leukemia berkembang lebih lambat daripada yang disebabkan infeksi. Ini juga cenderung lebih sakit.

Penyebab Lain yang Lebih Jarang

Pada kasus yang jarang, pembengakakn kelenjar getah bening dapat disebabkan oleh reaksi terhadap obat-obatan tertentu, penyakit penyimpanan glikogen, sarkoidosis dan arthritis. Bisa disebabkan oleh infeksi HIV, penyakit Kawasaki, dan tuberkulosis (TB).

Apa Pengobatan Pembengkakan Kelenjar Getah Bening?

Pengobatan yang tepat akan tergantung pada penyebabnya. Karena sebagian besar pembengkakan kelenjar getah bening bukanlah penyaki yang berdiri sendiri, maka ini menjadi pertanda adanya masalah kesehatan lain yang menyebabkannya. Ketika penyebabnya kita obati dengan baik, maka kelenjar getah bening akan kembali normal seiring menyembuhnya penyakit.

Jadi, misalnya, penyebabnya adalah karena infeksi virus, maka ini tidak memerlukan pengobatan khusus dan kelenjar getah bening biasanya akan kembali normal setelah seminggu atau lebih. Namun, kelenjar getah bening yang disebabkan oleh kanker, limfoma atau leukemia mungkin memerlukan pengobatan yang instensif.

Menjadi hal yang tak perlu dikhawatirkan ketika terjadi pembengkakan kelenjar getah bening sedangkan sudah jelas penyebabnya misalnya karena flu atau radang tenggorokan. Namun ketika kelenjar getah bening bengkak dan Anda tidak tahu dengan pasti apa penyebanynya, maka segeralah periksakan ke dokter.

Posting Pembengkakan Kelenjar Getah Bening ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: