Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat

No comment 57 views

Haruskah menjauhi pantangan asam urat? Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah melebihi kadar normal, selanjutnya asam urat ini akan mengendap di sendi lalu menimbulkan peradangan, rasa sakit, merah, dan bengkak. Jika Anda mengalami hal ini, maka selain menggunakan obat-obatan yang diberikan dokter, Anda juga harus menjauhi pantangan makanan asam urat.

Pada umumnya penyakit asam urat disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan, dimana urin hanya mampu membuang kadar asam urat dalam darah dalam jumlah yang sedikit, akibatnya kadar asam urat di dalam darah pun akan tinggi. Inilah yang kemudian mengakibatkan terjadinya asam urat pada seseorang.

pantangan asam urat

radang sendi akibat asam urat

Namun demikian, faktor lingkungan juga memiliki pengaruh yang besar juga. Sebagai contoh asam urat tinggi akibat hobi mengonsumsi makanan yang purin. Nah, kondisi seperti inilah yang bisa kita cegah dengan cara menghindari pantanganan makanan asam urat.

Makanan pantangan penderita asam urat

Pada dasarnya semua makanan baik untuk kesehatan. Masing-masing makanan memiliki kandungan nutrisi yang tidak dimiliki oleh makanan yang lain sehingga sebenarnya apapun jenis makanannya tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hal itu berlaku bagi seseorang yang memiliki tubuh sehat dan tidak memiliki keluhan atau penyakit.

Tapi bagi seseorang yang memiliki penyakit tertentu, termasuk asam urat harus menghindari beberapa jenis makanan untuk dikonsumsi. Hal itu karena beberapa jenis makanan justru akan menyebabkan naiknya kadar asam urat dalam darah sehingga asam urat pun akan kambuh dan persendian pun akan terasa sakit.

Itulah sebabnya para penderita asam urat harus mengetahui jenis makanan apa saja yang menjadi pantangannya. Hal ini penting agar para penderita asam urat tidak mengkonsumsi makanan yang justru dapat menambah jumlah kadar asam uratnya di dalam darah.

Secara umum ada dua macam makanan pantangan untuk penderita asam urat, yaitu makanan yang banyak mengandung asam urat (purin) atau makanan berat dan makanan yang hanya sedikit saja mengandung asam urat. Perbedaannya adalah jika yang pertama memang harus dihindari sedangkan untuk jenis makanan yang kedua dapat dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit.

Inilah jenis-jenis makanan pantangan asam urat yang berat dan harus dihindari:

Jeroan

Jeroan adalah salah satu bagian binatang yang memiliki rasa yang enak sehingga tak heran jika jenis daging yang satu ini banyak digemari oleh orang. Tapi tahukah anda bahwa semua jenis jeroan, mulai dari hati, usus, babad, paru-paru, dan lain sebagainya dapat menambah kadar asam urat dalam darah. Ini adalah makanan nomor satu yang harus dipantang karena di dalam jeroan terkandung zat purin yang tinggi sebagai bahan baku asam urat.

Ikan

Bagi anda penggemar ikan tentunya sudah khawatir karena ternyata makanan kesukaan anda adalah termasuk dalam makanan yang harus dipantang. Tapi anda tidak perlu hawatir karena tidak semua ikan memiliki kandungan asam urat yang tinggi.

Anda hanya perlu menghindari beberapa jenis ikan saja, seperti ikan herring, makerel, sarden, dan ikan teri. Jenis ikan lainnya yang merupakan pantangan asam urat adalah ikan tengiri dan ikan kembung karena kedua ikan tersebut termasuk ke dalam jenis ikan makerel.

Ragi

Mungkin cukup mengejutkan bagi anda para penderita asam urat bahwa ternyata semua makanan yang mengandung ragi dapat menambah kadar asam urat dalam darah. Begitu banyaknya makanan yang dibuat dengan menggunakan ragi, seperti tempe, kuwe, roti, dan lain sebagainya. bagi anda penderita asam urat, sebaiknya hindari makanan-makanan seperti ini untuk menjaga stabilitas asam urat dalam darah.

Kerang

Sama halnya seperti ikan, kerang juga ternyata mengandung kadar purin yang tinggi. Oleh sebab itu, bagi anda para penderita asam urat sebaiknya hindari kerang agar kadar asam urat yang ada di dalam darah tidak mengalami kenaikan.

Alkohol

Bagi anda penderita asam urat, sebaiknya hindari semua jenis alkohol dan olahannya. Makanan-makanan fermentasi dan rum adalah makanan olahan alkohol yang juga dapat menaikan kadar asam urat dalam darah. Dan tentu saja yang sama sekali tidak boleh anda konsumsi adalah minuman beeralkohol. Minuman yang satu ini memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi sehingga tentu saja akan membahayakan kesehatan anda.

Ekstrak daging

Untuk mempermudah konsumsi daging atau rasa daging pada makanan, maka saat ini dibuatlah ekstrak daging. Apa itu? ekstrak daging adalah sebuah bubuk yang jika diseduh akan menjadi kaldu daging atau rasa daging. Beberapa hasil penelitian medis menyebutkan bahwa jenis makanan yang satu ini ternyata mengandung kadar asam urat yang tinggi sehingga jika dikonsumsi oleh penderita asam urat maka bisa dibayangkan akibatnya. Meskipun hasil penelitian ini belumlah terlalu populer tapi tidak ada salahnya jika anda menghindarinya.

Yang termasuk makanan ringan kadar asam uratnya, boleh dikonsumsi, tapi tidak boleh banyak-banyak:

Semua binatang laut

Pada dasarnya seluruh binatang laut memiliki kandungan asam urat. Tapi ada beberapa jenis makanan laut yang memang memiliki kandungan asam urat yang sangat tinggi, seperti kerang dan beberapa jenis ikan yang sudah disebutkan di atas. Selain dari makanan tersebut, anda dapat mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit atau secukupnya.

Sayuran

Sudah menjadi rahasia umum bahwa beberapa jenis sayuran hijau, seperti bayam dan kangkung dapat menaikan kadar asam urat dalam darah. Hal ini terbukti dari beberapa orang penderita asam urat akan merasa nyeri setelah mengkonsumsi sayur-sayuran tersebut. Selain sayuran hijau, kacang-kacangan juga ternyata diklim mengandung kadar asam urat yang tinggi sehingga sebaiknya dihindari.

Namun penelitian ini masih kontroversial. Beberapa penelitian justru menunjukan bahwa sayur-sayuran sangat baik untuk tubuh karena dapat menurunkan berat badan seseorang. Untuk itu sebagai bentuk kehati-hatian, sebaiknya kita hindari beberapa sayuran di atas. Sesekali boleh mengkonsumsinya tapi usahakan jangan terlalu banyak, apa lagi jika terjadi perubahan pada tubuh.

Daging

Jika ekstrak daging termasuk makanan yang memiliki kadar asam urat yang tinggi, maka daging adalah salah satu jenis makanan yang juga mengandung asam urat. Hanya saja kadarnya jauh lebih rendah dari pada ekstrak daging sehingga sesekali anda dapat mengkonsumsi daging, baik daging merah maupun daging putih.

Berbagai jenis makanan di atas adalah pantangan asam urat yang harus dihindari. Hal itu untuk menjaga kadar asam urat dalam darah agar tetap dalam kondisi yang stabil sehingga rasa nyeri pun dapat dicegah.

Cara mencegah asam urat

Pada dasarnya segala penyakit berhubungan dengan pola hidup dan pola makan. Begitu juga dengan asam urat. Penyakit yang satu ini erat hubungannya dengan tensi atau tekanan darah seseorang. Untuk itu, jaga tekanan darah agar jangan sampai tensi menjadi terlalu tinggi atau disebut juga dengan darah tinggi.

Olahraga adalah cara yang paling baik untuk menjaga tekanan darah agar tetap dalam kondisi normal. Anda dapat berjalan-jalan setiap pagi sekedar untuk melemaskan otot-otot kaki dan tangan.

Selain olahraga, hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam. Kandungan garam yang berlebih dalam sebuah makanan dapat menaikan tekanan darah.

Dan cara yang terakhir untuk mencegah asam urat adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dalam jumlah yang cukup. Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayuran yang ada di sekitar untuk memenuhi asupan karbohidrat kompleks dalam tubuh.

Itulah beberapa penjelasan tentang pantangan makanan untuk penderita asam urat beserta cara pencegahannya. Semoga bermanfaat.

Posting Pantangan Makanan untuk Penderita Asam Urat ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: