Manfaat Bawang Putih yang Telah Terbukti Ilmiah

No comment 29 views

Bawang putih, selain digunakan untuk bahan masakan karena aroma dan rasanya yang khas, ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan. Ada banyak manfaat bawang putih yang tak terduga, tentu akan sayang sekali jika kamu lewatkan begitu saja.

Bawang putih yang memiliki nama ilmiah allium sativum ini merupakan bagian dari umbi-umbian dengan tampilan khusus yakni terdiri dari beberapa siung dalam 1 buahnya, walau ada juga jenisnya yang hanya memiliki 1 siung tunggal. Meski berbentuk kecil tapi keberadaannya dalam makanan bisa dikatakan sangat penting dan tidak boleh tertinggal.

manfaat bawang putih

Dan tahukah kamu, menurut penelitian sebuah institut yang khusus meneliti mengenai kanker, menyatakan bahwa bawang putih adalah satu dari beberapa sayuran dengan potensi anti kanker yang sangat besar di dalamnya.

Kandungan Bawang Putih

Jadi penasaran sebenarnya apa kandungan yang dimiliki bawang putih sehingga dinilai begitu bermanfaat bagi tubuh manusia? Ini dia penjelasannya.

Dalam tiap bawang putih yang terdiri atas beberapa siung terdapat:

Kandungan Jumlah
Kalori 4
Kalsium 5,4 miligram
Karbohidrat 1 gram
Protein 0,2 gram
Serat 0,1 gram
Vitamin C 0,9 miligram
Selenium 0,4 microgram


Selain kandungan dominan di tabel,manfaat bawang putih juga ditunjang oleh kandungan zat-zat berkhasiat seperta Alliin dan Allisin. Keduanya merupakanan komponen senyawa yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Manfaat Bawang Putih yang Telah Terbukti Secara Ilmiah

Faktanya penggunaan bawang putih untuk konsumsi dan pengobatan telah dilakukan bahkan sejak tujuh ribu tahun yang lalu. Kalau kamu jeli, banyak film zaman dahulu yang menunjukkan fenomena pada zaman itu di mana bawang putih bahkan dipercayai bisa menjauhkan dari hantu, vampir atau makhluk gaib lainnya.

Untuk pengobatan sendiri, bawang putih banyak digunakan saat perang dunia ke satu dan ke dua sebagai antiseptik atau pencegah infeksi penyakit. Informasi selengkapnya mengenai manfaat bawang putih ada di bawah ini:

Mencegah Penyakit Hati

Penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengonsumsi bawang putih secara teratur dapat melindungi hati. Hal ini karena dengan mengonsumsi bawang putih, penyakit arteri yang ditandai oleh penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol dapat diperlambat pertumbuhannya sehingga kamu bisa terhindarkan dari penyakit hati.

Mencegah Kanker

Salah satu dari penyakit paling mematikan di dunia ini ternyata juga bisa dicegah dengan mengonsumsi bawang putih. Institut Cancer National menjelaskan, itu dapat terjadi karena kandungan anti bakterial dalam bawang putih yang mampu memblok formasi zat penyebab kanker. Bahkan bukan hanya mencegah, manfaat bawang putih juga terbukti menyembuhkan berbagai jenis kanker, mulai dari kanker payudara hingga pankreas.

Menurunkan Darah Tinggi

Satu lagi penyakit berbahaya yang hampir dimiliki oleh para lanjut usia di Indonesia, keluhan akan darah tinggi. Dan ternyata menurut penelitian yang termuat dalam jurnal Maturitas, dengan mengonsumsi ekstrak bawang putih selama 3 bulan berturut-turut mampu menormalkan tekanan darah tinggi pada penderitanya.

Baik untuk Demam dan Infeksi

Allisin yang dimiliki bawang putih mampu meringankan demam dan berbagai penyakit karena infeksi virus. Cara memanfaatkan bawang putih untuk demam atau sakit tenggorokan adalah dengan mengunyah bawang putih mentah.

Menyuburkan Rambut

Yang harus kamu lakukan agar kembali mendapatkan rambut yang lebat adalah menumbuk beberapa siung bawang putih hingga halus dan mengeluarkan cairan. Lalu dengan cairan itu, oles kulit kepala yang mengalami kerontokan. Lakukan secara teratur 2 kali sehari selama 3 bulan. Jika ingin penyerapan cairan bawang lebih meresap baik, tambahkan beberapa tetes minyak kelapa pada bawang putih yang telah lumat, kemudian balurkan di kulit kepala. Setelah pemakaian yang terus menerus, kamu akan dapati rambut yang baru dan tebal.

Melawan Penyakit Demensia

Antioksidan yang dimiliki oleh bawang putih ternyata juga bermanfaat melawan penyakit Demensia, yakni penyakit yang mengakibatkan kemerosotan semua kegiatan pikiran karena kerusakan atau penyakit pada otak dengan membantu melindungi mekanisme tubuh melawan kerusakan oksidasi yang bisa merusak kemampuan berpikir.

Mengobati Diabetes

Memakan bawang putih selama 7 minggu berturut-turut, menurut penelitian mampu menurunkan level gula darah, kolesterol juga trigliserida yakni molekul yang terdiri atas gliserol dan tiga molekul asam lemak yang dengan turunnya itu semua mampu membantu mengobati diabetes.

Mengobati Nyeri Sendi

Sering merasa kesakitan saat akan bangun dari duduk atau ketika berjalan naik turun tangga? Dibandingkan dengan menggunakan obat sendi yang banyak mengandung bahan kimia, kamu bisa memilih menggunakan bawang putih sebagai alternatif obat. Penggunaannya bisa dengan menumbuk bawang putih hingga lembut lalu oles ke tempat-tempat yang nyeri seperti lutut atau sendi kaki.

Menghilangkan Bekas Luka di Kulit

Sama seperti penggunaannya untuk mengurangi nyeri sendi, kamu pun bisa menggunakan bawang putih yang telah dilumatkan untuk menghilangkan bekas luka di kulit. Namun prosesnya tidak instan, lakukan secara teratur dengan lebih dulu membersihkan daerah bekas luka dengan air dingin. Setelah dibalurkan, diamkan selama kurang lebih 10 menit. Kemudian bilas kembali dengan air dingin.

manfaat bawang putih untuk kulit

Selain bisa menghilangkan bekas luka, cara yang sama juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan komedo. Tapi tetap perhatikan untuk tidak terlalu banyak menggunakan bawang putih pada tiap waktu penggunaan, karena bau nya yang bisa membuat pedih di mata.

Mengobati Sakit Gigi

Anti bakterial seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terkandung dalam bawang putih, bisa dimanfaatkan untuk melawan bakteri di mulut yang mengakibatkan kamu menderita sakit gigi. Tumbuklah bawang dengan menambahkan sedikit garam dan minyak zaitun. Lalu taruh di sikat gigi kamu, tempelkan di gigi yang sakit. Lakukan dengan teratur.

Pertolongan Pertama pada Keracunan

Keracunan terutama oleh logam berat walau jarang terjadi namun tetap perlu diketahui cara pertolongan pertamanya. Cara paling cepat untuk mengatasi keracunan oleh logam berat seperti merkuri adalah dengan mengunyah bawang putih. Lakukan terus menerus hingga mendapat perlakuan khusus dari pihak medis.

Menyehatkan Tubuh

Konsumsi bawang putih baik dalam keadaan mentah maupun dicampur sebagai bagian dari sayur dan lauk pauk juga baik untuk menyehatkan tubuh. Ini karena selain zat-zat pencegah penyakit, bawang putih juga dilengkapi nutrisi baik seperti vitamin C, kalsium, kalori dan zat besi yang cukup tinggi dan dibutuhkan oleh tubuh.

Itulah tadi manfaat bawang putih yang telah terbukti ilmiah. Untuk kamu yang sudah teratur mengonsumsi bawang putih, selamat karena tanpa usaha yang terlalu keras, kamu telah menjalani hidup sehat yang bisa menjaga ketahanan tubuhmu dari berbagai penyakit.

Lanjutkan terus gaya hidup sehatmu, ya. Untuk yang belum terbiasa, yuk mulai dari sekarang untuk coba menyukainya dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan yang bisa kamu dapatkan seperti yang telah diposting di atas. Semoga semua ikhtiar untuk hidup sehatmu mendatangkan manfaat di masa kini dan masa tua. Selamat jadi sehat.

Posting Manfaat Bawang Putih yang Telah Terbukti Ilmiah ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: