Ketahui Penyebab Insomnia (Susah Tidur) yang Anda Alami

Apakah Anda sedang berjuang untuk bisa tidur nyenyak? Atau Anda sering mengalami bangun di tengah malam dan susah untuk tidur lagi? Jika iya, sangat mungkin Anda mengalami Insomnia. Dengan mengetahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab insomnia atau susah tidur maka akan memudahkan kita dalam mengatasinya.

Susah tidur? Pahami Apa itu Insomnia!

Insomnia adalah masalah umum yang dapat menguras energi, mood, kesehatan, dan kemampuan untuk beraktifitas di siang hari. Insomnia berkepanjangan (kronis) dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Perubahan gaya hidup dan kebiasaan sehari-hari dapat menjadi penyebab insomnia atau masalah susah tidur yang Anda alami.

Dengan kata lain, insomnia adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup sesuai kebutuhan. Tidur cukup artinya seseorang akan dapat bangun dengan rasa segar dan bergairah. Ingatlah bahwa jumlah jam atau durasi kebutuhan tidur setiap orang dapat berbeda, oleh karena itu yang perlu ditekankan di sini adalah kualitas tidur seseorang bukan jumlah lamanya tidur. Bahkan ketika Anda menghabiskan delapan jam di tempat tidur, tetapi Anda tetap merasa mengantuk dan lelah di siang hari, maka itu juga bisa disebut dengan insomnia.

Kabar baiknya adalah bahwa sebagian besar kasus insomnia dapat di atasi dengan bermodalkan kemauan yang kuat untuk sembuh tentu dengan mangatasi faktor-faktor penyebab insomnia, bahkan Anda dapat mengatasinya sendiri tanpa bantuan dari seorang ahli atau obat tidur.

7 Penyebab Insomnia atau Susah Tidur

Berikut beberapa penyebab penyakit insomnia yang perlu Anda ketahui :

  1. Rasa takut yang berlebih, biasanya rasa takut berlebih ini muncul setelah anda menyaksikan sinetron ataupun semua media horor hal ini menyebabkan anda menyimpan file –file tersebut kedalam otak bawa sadar anda sehingga anda menjadi sulit tidur.
  1. Terlalu sibuk dengan pekerjaan membuat mata anda harus bekerja siang malam sehingganya menjadikannya sebuah kebiasaan. hal tersebut akan memicu insomnia
  1. Kekhawatiran yang berlebih. Terkadang seseorang yang terlalu banyak pikiran ataupun rasa kekhawatiran, bisa membuat orang selalu merasakannya dalam waktu yang lama. Sehingga dapat menjadikan orang tersebut susah untuk fokus dalam pekerjaan bahkan sampai susah tidur (penyakit insomnia).
  1. Kurangnya jam tidur, jam tidur yang kurang memicu seseorang terbiasa terjaga setiap malam, karena kebiasaan ini membuat mata dan otak merekam berapa jam ia akan tidur dalam setiap haarinya. Faktor kurangnya jam tidur bermacam macam bisa jadi karena sift malam, yang intinya tuntutan pekerjaan yang memaksanya untuk mengurangi jam istirahatnya.
  1. Terlalu sering begadang malam, bagi kaum muda yang kuat untuk begadang semalaman jangan terlalu sering begadang karena itu bisa menyebabkan insomnia dimasa mendatang. Sebaiknya jangan melakukan begadang jika memang sudah tidak ada lagi yang harus dikerjakan pada mlam hari, segeralah tidur dengan nyenyak.
  1. Perokok berat, zat kafein yang ada didalam rokok ini lah yang membuat mata selalu terjaga. So jika anda ingi dapat tidur nyenyak badan sehat kurangilah merokok dan bahkan tinggalkan lah merokok demi kehidupan yang lebih baik.
  1. Mengonsumsi kopi atau teh, dalam minuman ini terdapat zat (kafein) yang membuat badan kita segar kembali sehingga kita tidak akan mengantuk. jadi jangan minum teh atau kopi ya kalau ingin tidur nyenyak di malam hari.

stress

  1. Stress, tumpukan pekerjaan dimeja kerja dekat tempat kita tidur itu akan sangat mengganggu dan mungkin seonggok kertas tagihan juga mengganggu fikiran kita. Hal tersebut dapat menyebabkan insomnia.
  1. Tempat tidur dan kamar tidak nyaman, mengapa tidak nyaman biasanya karena kita tidur di tempat yang bukan kamar kita atau tetap di kamar kita tetapi kamar tidur kita tersebut berantakan ini juga faktor yang dapat menyebabkan insomnia.
  1. Tidur tepat dibawah lampu yang menyilaukan, hal ini pun dapat memicu insomnia karena retina mata akan selalu berkontraksi sempurna terhadap cahaya.
  1. Terakhir karena jatuh cinta… hehehe.. percaya atau tidak orang jatuh cinta lebih sering banyak mengalami insomnia daripada yang tidak atau belum mengalami. Hal tersebut juga sebaliknya apa bila di hati masih ada kebencian yang mendalam terhadap seseorang bisa jadi insomnia menjangkitinya.

Demikian beberapa hal yang dapat penulis rangkum dalam tulisan penyebab penyakit insomnia kali ini. Semoga bermanfaat, baca juga cara mengatasi insomnia.

Posting Ketahui Penyebab Insomnia (Susah Tidur) yang Anda Alami ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: