Ketahui 9 Manfaat Daun Salam yang Telah Terbukti Ilmiah

Tahukah Anda manfaat daun salam selain untuk masakan? Tanaman satu ini meski kecil tapi penting. Harus diakui hampir seluruh masakan khas Indonesia kaya akan bumbu rempah. Daun salam adalah jawaban, yang bisa digunakan sebagai pelengkap untuk menimbulkan rasa rempah yang menonjol dan aroma yang khas. Mendapatkannya pun sangat mudah, karena Indonesia merupakan salah satu tempat yang dikenal sebagai salah satu penghasil daun salam, yang dalam Bahasa Inggris sering disebut Indonesian bay leaf.

Daun salam memiliki nama ilmiah syzygium polyanthum. Pohon daun salam berukuran cukup tinggi, sekitar 30 hingga 60 meter walau ada juga yang berukuran kecil. Warna kulit batangnya terlihat coklat keabu-abuan dan memiliki sisik. Daunnya berwarna hijau dan berukuran lumayan besar dengan bentuk lonjong dan sempit di sisi kanan kiri.

manfaat daun salam

Bukan hanya di Indonesia, hampir di seluruh negara di Asia Tenggara, daun dari tanaman ini dimanfaatkan sebagai campuran makanan baik dalam keadaan kering atau segar. Biasanya ia dijual bersama dengan rempah dalam satu bundel seperti jamu, laos dan kunyit.

Kandungan Daun Salam

Jumlah Jenis
46,5 miligram Vitamin C (memenuhi 77,5 persen kebutuhan harian tubuh)
6,185 IU Vitamin A

Selain kandungan yang ada di dalam tabel, daun salam juga mengandung

  1. Etanol. Ialah alkohol yang memiliki manfaat sebagai zat anti bakteri.
  2. Asam Folat. Adalah vitamin B kompleks yang berfungsi sebagai pembawa unit karbon pada berbagai reaksi metabolis, diperlukan bagi tubuh dalam pembentukan sel baru dan perawatan sel.
  3. Minyak esensial. Minyak esensial dalam daun rempah diketahui mengandung eugenol. Eugenol merupakan zat cair tanpa warna yang digunakan sebagai wangi-wangian (karenanya daun salam terkenal memiliki aroma khas) dan pembasmi bakteri.
  4. Mineral. Terdapat banyak jenis mineral yang terkandung di dalam daun salam. Diantaranya terdapat kalium, mangan, seng, kalsium, magnesium, dan selenium. Kalium sendiri dikenal memiliki manfaat dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah, sedang mangan dan tembaga membantu perkembangan enzim di dalam tubuh.

Daun salam juga memiliki kandungan kimia seperti flavonoid yang bermanfaat untuk kesehatan, tanin, dan minyak asiri.

Manfaat Daun Salam yang Telah Terbukti Ilmiah

1. Menurunkan Gejala Asam Urat

Dengan segala kandungan berkualitas di dalamnya, daun salam dengan menerapkan beberapa perlakuan diketahui mampu menurunkan gejala asam urat yang biasanya diidap oleh mereka yang berusi lanjut.

Cara pengolahannya: pertama, cuci bersih daun salam segar. Masukkan ke dalam panci rebusan bersama air (sesuaikan banyaknya daun dengan jumlah air). Biarkan mendidih dan surut hingga hanya tersisa cukup untuk satu gelas. Saring, ambil airnya, taruh di gelas. Biarkan hingga cukup hangat untuk diminum. Minum sesudah makan dan lakukan rutin dua kali sehari bila gejala asam urat sangat mengganggu dan minum hanya sekali sehari untuk upaya pencegahan.

2. Mengobati Diabetes

Antioksidan yang terkandung dalam daun salam bermanfaat untuk mengefisiensikan proses insulin dalam tubuh sehingga baik bagi pengidap diabetes terutama diabetes tipe 2. Melalui antioksidannya, daun salam mampu menurunkan kandungan glukosa dalam darah dan kolesterol. Kamu biasa membeli atau membuat sendiri daun salam tumbuk atau dalam bentuk bubuk siap pakai. Konsumsi selama 30 hari berturut-turut.

3. Mengatasi Hipertensi

Salah satu manfaat dari senyawa flavonoid yang terkandung dalam daun salam adalah untuk menormalkan kembali tekanan darah di dalam tubuh. Hal ini tentu sangat dibutuhkan bagi mereka yang mengidap hipertensi atau yang memiliki kecenderungan untuk mengidapnya berdasarkan riwayat keturunan. Penyakit hipertensi sebenarnya harus diwaspadai meski kamu tidak memiliki riwayat keluarga pengidap, karena gaya hidup juga turut memiliki peran dalam memungkinkan terjangkitnya penyakit ini.

Untuk itu, sebagai pencegah dan ikhtiar pengobatan, kamu bisa coba terapi minum air rebusan daun salam. Pengolahannya sama dengan pengolahan bagi pengobatan penyakit asam urat. Terlebih dahulu bersihkan daun salam segar, lalu rebus bersama air. Biarkan mendidih hingga surut menjadi satu gelas. Minum selagi hangat sehabis makan. Lakukan secara teratur.

4. Mencegah Kanker Serviks

Sebagai salah satu penyakit paling mematikan di dunia, kanker ternyata bisa dicegah dengan memanfaatkan daun salam. Hal ini karena di daun salam terkandung eugenol, catechin, quercetin, dan asam caffeic yang bersifat melawan berbagai jenis kanker dan memberi perlindungan pada tubuh. Daun salam juga mengandung perthenolide yang berguna untuk menahan pembiakan sel kanker serviks.

5. Meredakan Diare

Daun salam memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin yang baik bagi lancarnya pencernaan. Dengan meminum rebusan daun salam segar yang telah lebih dulu dibersihkan dan menambahkannya dengan sejumput garam, kamu bisa menciptakan oralitmu sendiri dan meminumnya untuk meredakan diare sesegera mungkin.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Telah disinggung sebelumnya, bahwa ternyata daun salam mengandung banyak vitamin C. Seperti yang telah diketahui, vitamin C adalah salah satu zat yang bermanfaat dalam menjaga daya tahan tubuh dan menangkal radikal bebas yang mengancam daya tahan imunitas tubuh.

Untuk itu, teraturlah minum teh daun salam, yakni hasil seduhan daun salam kering dan air panas seperti saat menyeduh teh. Minum teratur setiap hari dan dapatkan daya tahan tubuh yang terjaga.

7. Membantu Mendapatkan Bobot Tubuh Ideal

Untuk kamu yang ingin menurunkan bobot tubuh menjadi lebih ideal, kamu bisa mulai coba meminum air rebusan daun salam yang telah dibersihkan. Daun salam baik untuk menurunkan bobot karena kandungan enzim dan mineral di dalamnya mampu melancarkan sistem pencernaan.

Cara membuatnya pun mudah. Hanya rebus air bersama daun salam hingga susut dan cukup mendapatkan 2 gelas air. Saring, letakkan di dalam gelas. Tunggu hingga hangat dan bisa diminum. Konsumsi 2 gelas sehari sebelum tidur. Jangan lupa imbangi dengan olahraga yang teratur.

8. Mengatasi Ketombe

Rebusan daun salam selain bisa untuk dikonsumsi masuk ke dalam tubuh juga baik untuk digunakan di luar tubuh. Karena daun salam mengandung minyak esensial yang berguna sebagai tonik bagi rambut yang mampu melawan ketombe. Jadikan air rebusan daun salam yang sudah dingin sebagai bilasan akhir rambut kamu. Lakukan seminggu sekali dan jangan lupa jaga kebersihan daerah rambut. Dapatkan segera rambut sehat bebas ketombe.

9. Menyehatkan Mata

Mata lelah karena terlalu sering melihat ke layar handphone atau komputer, merah dan gatal karena debu di jalanan, jangan risau, daun salam bisa jadi solusi masalah mata kamu. Sebelum berubah menjadi iritasi berlebih, lakukan perawatan mata kamu dengan air rebusan daun salam kering. Dengan berbagai kandungan yang terkandung di dalamnya, air rebusan daun salam kering ternyata mampu menyehatkan mata dan mencegahnya dari infeksi lebih lanjut. Yang perlu kamu siapkan hanya daun salam kering dan air. Rebus beberapa saat. Tunggu hingga dingin. Gunakan dengan mengusapkan airnya ke mata selama beberapa menit. Lakukan dengan teratur terutama jika kamu rutin beraktifitas di luar ruangan.

Silakan coba berbagai manfaat daun salam yang terbukti ilmiah di atas untuk kehidupan sehari-hari kamu. Ayo hidup sehat dengan menggunakan bahan alami.

Posting Ketahui 9 Manfaat Daun Salam yang Telah Terbukti Ilmiah ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: