Kenali Semua Tentang Sakit Kepala Sebelah Kanan!

No comment 471 views

Sakit kepala adalah keluhan kesehatan yang diidentifikasikan dengan adanya rasa nyeri pada bagian kepala. Rasa nyeri tersebut dapat terjadi di bagian kiri (sakit kepala sebelah kiri), di bagian kanan (sakit kepala sebelah kanan), atau bisa juga di seluruh bagian kepala. Sakit kepala dapat menyerang siapa saja, baik anak muda maupun orang dewasa.

Salah satu keluhan pada bagian kepala yang sering dialami oleh sebagian besar masyarakat adalah sakit kepala sebelah kanan. Sakit kepala sebelah kanan adalah sakit kepala yang terjadi pada sisi kepala bagian kanan atau separuh bagian kepala yang mendominasi rasa sakit dan pusing. Meskipun hanya terjadi pada sebagian kepala saja tapi sakit kepala jenis ini cukup mengganggu aktivitas keseharian seseorang.

sakit kepala sebelah kanan

sakit kepala sebelah kanan

Jika sakit kepala sebelah kanan ini hanya terjadi beberapa saat dan dalam frekuensi yang wajar, maka anda tidak perlu merisaukannya karena hal itu bisa jadi akibat dari aktivitas anda yang telah banyak memakan energi. Tapi jika kondisi ini seringkali terjadi dengan rasa yang begitu sakit, maka anda perlu mewaspadainya. Bisa jadi sakit kepala yang anda alami merupakan tanda adanya potensi-potensi penyakit kronis di dalam tubuh anda. Untuk itulah perlu dikonsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab Terjadinya Sakit Kepala Sebelah Kanan

Untuk dapat mencegah serta mengatasi sakit kepala sebelah kanan dengan tepat, maka penting untuk mengetahui sebab-sebab yang melatarbelakangi keluhan ini. Beberapa faktor tersebut diantaranya ialah :

  1. Gaya Hidup

Gaya hidup adalah faktor yang paling mungkin menjadi penyebab terjadinya sakit kepala. Kondisi-kondisi gaya hidup seperti kelelahan, stres, memiliki pola makan yang tidak teratur, terjadinya masalah pada otot di leher, hingga efek samping akibat penggunaan obat sakit secara berlebihan yang disebut juga dengan over-the-counter (OTC) seringkali menjadi faktor pemicu terjadinya sakit kepala jenis ini. Oleh karena itu, menjaga pola hidup yang lebih sehat adalah hal yang harus dilakukan untuk menghindari terjadinya sakit yang terjadi di bagian sebelah kanan ini.

  1. Alergi dan Infeksi

Penyebab yang lainnya adalah karena adanya alergi dan infeksi pada tubuh. Jenis infeksi yang sering menjadi pemicu sakit kepala ini adalah yang disebut infeksi sinus. Infeksi sinus adalah infeksi peradangan yang mengakibatkan adanya tekanan pada bagian belakang tulang pipi sehingga menimbulkan rasa sakit. Rasa sakit ini selanjutnya yang akan menyebabkan kepala turut menjadi sakit. Selain itu, alergi juga menjadi salah satu penyebab munculnya sakit kepala jenis ini. Seseorang dengan alergi sesuatu tertentu, bisa makanan, udara, debu, dan lain sebagainya akan menjadikannya sakit kepala.

  1. Penggunaan Obat-obatan Secara Berlebihan

Pernahkah anda mengkonsumsi obat sakit kepala dalam jumlah yang banyak? Seringkali seseorang menggunakan obat-obatan yang dijual bebas untuk meredakan sakit kepala. Bahkan menurut sebuah penelitian, Sebanyak 5% penderita sakit kepala menggunakan obat-obatan yang dijual secara bebas. Jika hal ini dilakukan dalam frekuensi yang wajar tentu tidak akan jadi masalah.

Akan tetapi kebanyakan orang yang menderita penyakit ini lebih sering menggunakan obat-obatan yang diperjualbelikan secara bebas di warung tanpa memperhatikan petunjuk penggunaan serta arahan dokter. Hal tersebut dikhawatirkan akan memperparah keadaan yang akan menambah efek samping dari penggunaan obat tersebut. Oleh karenanya, penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi obat-obatan jenis apapun.

Baca Juga : Jenis-jenis Obat Sakit Kepala Tradisional

4. Neurologis

Penyebab sakit kepala sebelah kanan yang berikutnya adalah karena faktor neurologis. Beberapa macam neurologis yang menjadi pemicu sakit kepala diantaranya adalah:

# Neuralgia Occipital

Terdapat dua saraf oksipital di tulang belakang leher bagian atas yang berjalan melalui otot ke kulit kepala. Jika salah satunya terkena iritasi maka seseorang akan mengalami nyeri, kesemutan, atau syok. Dan yang sering terjadi adalah rasa sakit tersebut terjadi di salah satu bagian sisi kepala.

# Arteriitis Temporal

Arteritis temporal adalah kondisi dimana arteri mengalami peradangan. Fungsi arteri ini adalah sebagai organ yang memasok darah ke kepala dan otak. Jika hal ini terjadi maka seseorang akan mengalami beberapa gangguan, seperti gangguan pengelihatan, nyeri pinggang, nyeri bahu, sampai penurunan berat badan.

# Neuralgia Trigeminal

Neuralgia Trigeminal adalah gangguan yang terjadi pada saraf yang berfungsi membawa sensasi dari wajah ke otak. Jika saraf ini terganggu, maka sentuhan pada wajah sedikit saja akan menyebabkan rasa sakit pada kepala.

  1. Migran Kronis

Penyebab yang berikutnya mengapa seseorang mengalami sakit kepala sebelah kanan adalah karena faktor migran kronis. Migran kronis adalah sebuah kondisi dimana seorang mengalami migran yang terjadi secara berulang. Ciri dari migran ini adalah kepala berdenyut mulai dari sedang sampai parah, denyutan terjadi pada satu sisi kepala atau keduanya, penderita mengalami tingkat sensitivitas secara berlebihan pada suara dan cahaya, dan perut terasa mual.

Baca Juga : Parasetamol : Kegunaan, dosis, dan efek samping

  1. Hemicrania Continua

Hemicrania continua dapat diidentifikasikan dengan adanya ciri berikut, diantaranya yakni :

  • terjadi dari hari kehari secara berulang
  • terjadi hanya pada satu sisi kepala saja
  • pupil mata mengecil atau kelopak mata terkulai
  • mata memerah pada bagian kepala yang terasa sakit.
  1. Sebab-sebab Lain.

Disamping sebab-sebab di atas, ada pula faktor lain yang menjadi penyebab timbulnya sakit kepala sebelah kanan. Faktor-faktor seperti terjadinya infeksi meningitis, terjadinya peradangan atau gangguan pada pembuluh darah di sekitar otak, tekanan darah di dalam rongga kepala, tumor otak, cidera otak, trauma, dan aneurisma adalah kondisi –kondisi yang juga dapat memicu terjadinya sakit kepala sebelah kanan.

Agar tidak salah dalam memberikan penanganan, maka sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter. Biarkan dokter memberikan diagnosanya untuk menentukan langkah yang paling tepat dalam menyembuhkan sakit kepala anda.

Jenis-Jenis Sakit Kepala Sebelah Kanan

Ada beberapa jenis sakit kepala sebelah kanan yang sering dialami oleh seseorang, diantaranya adalah:

  1. Sakit Kepala Menegang

Sakit kepala jenis ini adalah sakit kepala yang sering dialami oleh seseorang. Menurut sebuah penelitian menyatakan bahwa ada 75% orang dewasa mengalami sakit kepala jenis ini. Sakit kepala tegang menyebabkan rasa sakit pada bagian kepala, baik kedua sisi kepala maupun hanya sebagian saja. Sakit kepala ini menyebabkan kepala terasa begitu sakit, bahu dan leher pun ikut terasa sakit.

  1. Migran

Migran adalah sakit yang menyebabkan kepala terasa berdenyut, baik sebagian maupun kedua sisi kepala. Penderita migran akan mengalami sensitivitas terhadap cahaya, mual, muntah, bahkan bisa membuat pengelihatan menjadi kabur.

  1. Kluster

Kluster adalah sakit yang terjadi hanya pada satu sisi kepala saja. Orang yang mengalami sakit kepala ini akan memucat kulitnya, mata terasa sakit dan memerah di bagian sisi kepala yang terasa berdenyut, adanya perasaan yang gelisah.

  1. Kronis

Sakit kepala kronis adalah sakit kepala yang terjadi dalam waktu 15 hari atau lebih. Sebaiknya segera periksakan diri ke dokter jika anda mengalami sakit kepala jenis ini.

Kondisi Darurat Sakit Kepala Sebelah Kanan

Sakit kepala sebelah kanan biasa dapat berubah menjadi darurat jika tak ditangani secara serius. Anda perlu memeriksakan diri anda ke dokter jika merasakan hal-hal berikut yang juga merupakan ciri-ciri kondisi darurat sakit kepala sebelah kanan :

  • Demam
  • Leher terasa kaku
  • Kelelahan yang berlebihan
  • Pengelihatan ganda atau kehilangan pengelihatan
  • Rasa sakit meningkat saat bergerak atau batuk
  • Di dekat pelipis terasa sakit
  • Gejala tidak jelas.

Demikian pembahasan tentang sakit kepala sebelah kanan, semoga bermanfaat.

Posting Kenali Semua Tentang Sakit Kepala Sebelah Kanan! ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: