Jenis-Jenis Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi

No comment 296 views

Kita memerlukan makanan tinggi kalori agar kebutuhan energi tubuh selalu terjaga. Makanan jenis ini juga sangat dibutuhkan bagi mereka yang ingin menambah berat badannya. Namun sebaliknya, bisa menjadi musibah bagi mereka yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Pada dasarnya tidak ada makanan yang memiliki kandungan sama. setiap makanan pastilah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda. Ada makanan yang memiliki kandungan vitamin dalam jumlah tinggi, ada yang dengan protein tinggi, ada makanan tinggi lemak, ada juga makanan tinggi kalori, dan lain sebagainya. Hal itulah yang membuat kita harus mengkonsumsi aneka jenis makanan agar kebutuhan nutrisi tubuh dapat tercukupi dengan baik.

makanan tinggi kalori

Karena setiap makanan memiliki kandungan yang tidak sama, maka sebaiknya kita mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan tubuh kita. Jika tubuh kita sering capek maka makanan yang paling pas untuk dikonsumsi adalah makanan yang mengandung karbohidrat, atau jika tubuh kita saat ini sedang menjalani program diet maka makanan yang harus dikurangi adalah makanan dengan kadar kalori yang tinggi. apa sih itu kalori?

Kalori adalah satuan untuk energi. Manusia membutuhkan kalori untuk menjalankan aktivitasnya. Itulah sebabnya manusia membutuhkan makanan yang mengandung kalori agar kebutuhan energinya dapat tercukupi.

Berapa Kebutuhan kalori setiap manusia?

Masing-masing orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Hal itu dipengaruhi oleh:

  1. Aktivitas

Seseorang yang memiliki aktivitas berat cenderung membutuhkan jumlah kalori dalam jumlah yang banyak. Untuk itu, biasanya orang-orang seperti ini akan mengkonsumsi makanan lebih banyak dari pada orang dengan aktivitas yang sedikit.

  1. Jenis kelamin

Meskipun tidak seluruhnya tapi pria kebanyakan membutuhkan kalori dalam jumlah yang lebih besar dari pada wanita. Hal ini karena pria akan cenderung lebih banyak bergerak dari pada wanita.

  1. Postur tubuh

Seseorang yang tinggi dan besar akan membutuhkan kalori dalam jumlah yang banyak pula.

  1. Usia

Dan faktor selanjutnya yang menentukan kebutuhan kalori setiap orang adalah faktor usia. Berdasarkan usianya, anak-anak, remaja, orang dewasa, dan orang tua, akan memiliki kebutuhan kalorii yang tidak sama. Anak-anak adalah kelompok yang paling sedikit membutuhkan kalori, selanjutnya orang tua, lalu remaja, dan selanjutnya orang dewasa.

Daftar Makanan Tinggi Kalori

Setelah tahu apa saja faktor yang mempengaruhi kebutuhan kalori setiap orang, maka kini saatnya kita ketahui apa saja makanan yang masuk dalam daftar makanan tinggi kalori. Hal ini perlu kita ketahui agar bagi anda yang saat ini sedang ingin menggemukan badan, anda dapat menambah konsumsi makanan tinggi kalori ini. dan bagi anda yang saat ini sedang menjalani program diet, maka daftar makanan tinggi kalori ini dapat dihindari.

  1. Lemak dan minyak

Aneka makanan yang mengandung lemak dan minyak merupakan daftar makanan pertama yang memiliki banyak kalori. Di dalam 100 gram minyak terdapat 902 atau setiap 1 sendok makan minyak (13 gram) mengandung 117 kalori. Untuk itu, bagi anda yang saat ini sedang menjalani program diet hindari makanan-makanan seperti kerupuk, gorengan, aneka keripik, gajih, dan makanan berminyak lainnya.

  1. Cokelat

Siapa yang tidak suka dengan cokelat? Banyak orang yang menyukai makanan satu ini. tapi tahukah anda bahwa cokelat juga termasuk dalam makanan yang tinggi kalori. Di dalam 100 gram cokelat hitam terkandung 589 kalori di dalamnya.

  1. Kacang-kacangan

Jenis makanan lainnya yang masuk dalam daftar makanan tinggi kalori adalah aneka jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan seperti kacang mete, kacang tanah, almond, biji semangka, biji rami, termasuk makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. bukan hanya itu saja, seluruh produk kacang-kacangan yang ada pun, seperti peanut butter memiliki kandungan kalori yang tinggi. di dalam 100 gram kacang tanah terdapat 718 kalori. Namun, di dalam kacang-kacangan ini juga terkandung aneka zat yang bermanfaat bagi tubuh seperti seng, asam folat, vitamin E, serat, zink,dan magnesium. Zat-zat tersebut dibutuhkan oleh tubuh. Untuk itulah, konsumsilah makanankacang-kacangan ini sesuai dengan kebutuhannya.

  1. Susu whole milk

Selain memiliki kandungan kalsium yang tinggi, di dalam susu jenis ini juga terkandung kadar lemak yang tinggi pula. Untuk itu solusi yang tepat adalah mengganti susu whole milk dengan susu rendah lemak.

  1. Daging

Bagi anda yang sedang menjalani diet, hati-hati untuk mengkonsumsi daging. Daging dan olahannya seperti sosis, hot dog, nugget, bakso, dan lain sebagainya memiliki kandungan lemak yang tinggi. selain itu, pada olahan daging juga terkandung garam dalam jumlah yang tinggi sehingga bagi penderita jantung dan darah tinggi perlu berhati-hati untuk mengkonsumsi makanan yang satu ini.

  1. Alpukat

Meskipun kandungan kalorinya tidak setinggi seperti kacang dan cokelat, tapi alpukat juga termasuk makanan dengan jumlah kalori yang tinggi. dalam setiap 100 gram alpukat terkandung 160 kalori. Meskipun begitu, di dalam alpukat ini terkandung zat-zat lain yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti asam folat, serat, dan lemak jenuh. Nutrisi ini sangat baik dikonsumsi oleh tubuh.

  1. Makanan cepat saji

Jika anda adalah orang yang sering mengkonsumsi makanan cepat saji, maka mulai sekarang anda dapat menguranginya. Makanan cepat saji seperti kentang goreng, hamburger, pizza, nugget, dan lain sebagainya memiliki lemak yang sangat tinggi sedangkan nutrisinya sangat sedikit. Untuk itu, menghindari makanan cepat saji adalah salah satu hal yang menyehatkan.

  1. Ikan berminyak

Ada banyak jenis ikan yang sering diambil minyaknya, seperti minyak sarden, minyak salmon, dan aneka jenis minyak meckerel. Jenis-jenis minyak ini ternyata memiliki kandungan kalori yang tinggi. dalam setiap 100 gram minyak berminyak rata-rata mengandung kalori antara 300 – 400 kalori.

  1. Minuman bersoda

Banyak orang yang menghilangkan dahaga dengan cara mengkonsumsi minuman bersoda. Memang minuman yang satu ini sangat menyegarkan, apa lagi jika dikonsumsi diwaktu siang hari bersama dengan es. Tapi tahukah anda bahwa hampir semua jenis minuman bersoda ini mengandung pemanis buatan dan gula yang tinggi sehingga otomatis juga mengandung kalori yang tinggi.

  1. Es krim

Jangan tergoda dengan rasanya yang lezat karena es krim disamping memiliki kandungan kalori yang tinggi, minuman ini juga mengandung gula dan lemak yang tinggi pula. Untukk itu, bagi anda yang sedang diet tidak disarankan untuk sering-sering mengkonsumsi makanan yang satu ini.

  1. Kurma

Selain dari aneka makanan di atas, kurma merupakan salah satu buah dengan kadar kalori yang tinggi. setiap 100 gram buah kurma terkandung 282 kalori.

  1. Kelapa

Selain menyegarkan, kelapa juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. hal itu karena di dalam kelapa terkandung banyak lemak sehingga otomatis kandungan kalori di dalamnya juga tinggi. dalam setiap 100 gram kelapa terkandung 354 kalori di dalamnya.

  1. Mangga

Jenis makanan lainnya yang memiliki kandungan kalori tinggi adalah mangga. Dalam Setiap 100 gram buah mangga mengandung 156 kalori. Jadi, bagi anda yang saat ini sedang diet, berhati-hatilah saat mengkonsumsi bua yang satu ini.

Daftar makanan tinggi kalori di atas baru sebagian saja dari seluruh makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi. Masih banyak makanan yang tinggi kalori yang perlu anda ketahui, terutama bagi anda yang sedang diet.

Demikian tadi pembahasan tentang jenis-jenis makanan tinggi kalori. Semoga bermanfaat.

Posting Jenis-Jenis Makanan yang Mengandung Kalori Tinggi ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: