Inilah 7 Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya

Apa yang anda ketahui tentang batu ginjal? Istilah ini sering kita dengar, terutama dari orang-orang yang sering mengkampanyekan minum minuman sehat atau dari kerabat kita yang menderita karenanya. Telah banyak yang tahu, bahwa penyebab batu ginjal erat kaitannya dengan konsumsi air putih yang kurang. Namun masih banyak lho, faktor penyebab lainnya.

Apakah batu ginjal itu? batu ginjal atau disebut juga dengan nefrolitiasis adalah terbentuknya material keras yang terjadi di dalam ginjal. Secara umum, pembentukan material ini berasal dari sisa-sisa penyaringan darah oleh ginjal yang kemudian mengkristal lalu mengendap untuk waktu beberapa lama.

penyebab batu ginjal

Berdasarkan jenisnya, batu ginjal terdiri atas empat macam, yaitu batu sistin, struvit, asam urat, dan batu kalsium. Diperkirakan ada 10% wanita dan 15% pria pernah mengalami penyakit yang satu ini. dan pada umumnya hal itu terjadi pada mereka yang berusia antara 30 – 60 tahun.

Penyebab Batu Ginjal dan Saluran Kemih

Seperti yang sudah disampaikan di awal bahwa secara umum yang menyebabkan kemunculan batu ginjal adalah akibat adanya pengendapan sisa-sisa penyaringan oleh ginjal yang kemudian mengkristal dan membentuk material padat. Hal itu terjadi karena beberapa faktor, diantaranya:

1. Volume urin yang sedikit

Penyebab awal adanya batu ginjal adalah akibat jumlah urin yang sedikit. Penyebabnya beraneka ragam, bisa karena pekerjaan yang berat, tinggal di daerah yang panas, kurang dan kekurangan cairan. Ketika jumlah urin sedikit maka urin pun akan terkonsentrasi dan berwarna gelap. Dan jika hal ini terjadi maka akan ada sedikit cairan yang membuat garam tidak larut seutuhnya. Cara untuk mengatasinya adalah dengan konsumsi air putih yang cukup. Hal itu dapat membantu ginjal untuk melarutkan garam yang mengendap di dalamnya.

2. Diet

Mungkin anda tidak akan mengira bahwa diet atau jenis makanan pun ternyata menjadi salah satu penyebab terjadinya penyakit batu ginjal. Konsumsi terlalu banyak kalsium berpotensi menyebabkan batu ginjal.

Selain itu, mengonsumsi makanan yang mengandung protein hewani secara berlebihan seperti daging sapi, daging ikan, dan aneka daging lainnya juga menjadi penyebab batu ginjal. Jenis makanan ini dapat meningkatkan kadar asam di dalam tubuh dan hal ini dapat memudahkan pembentukan kalsium oksalat dan terbentuknya batu asam urat.

3. Keadaan usus

Usus dalam keadaan tertentu dapat menjadi pemicu munculnya material keras di dalam ginjal. Kondisi-kondisi usus yang menyebabkan diare seperti penyakit crohn atau kolitis ulserativa, operasi bypass lambung, dan lain sebagainya. Diare sendiri dapat mengakibatkan seseorang kehilangan banyak cairan sehingga volume urin pun akan menurun. Dalam kondisi tersebut bisa jadi tubuh akan menyerap oksalat secara berlebihan, dan akibatnya hal ini dapat memicu terbentuknya batu di dalam ginjal.

4. Obesitas

Obesitas atau kegemukan juga dapat menjadi penyebab batu ginjal. Hal itu karena kegemukan akan mengubah kadar asam yang ada di dalam urin. Solusinya ada di sini: Beginilah Cara Menguruskan Badan dengan Sehat

5. Keadaan medis tertentu

Penyebab medis seperti gangguan pada kelenjar paratiroid dapat menjadi faktor munculnya batu ginjal. Kelenjar ini berfungsi sebagai pengontrol sistem metabolisme kalsium di dalam tubuh. Jika kelenjar ini mengalami pertumbuhan yang berlebihan maka akan berakibat tingginya kadar kalsium dalam urin sehingga kemungkinan munculnya batu ginjal pun cukup besar.

Penyebab medis lainnya adalah distal asidosis tubulus ginjal, yaitu adanya pembentukan asam di dalam tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan terbentuknya batu ginjal kalsium fosfat.

Selain itu, ada kondisi-kondisi kelainan bawaan, seperti cystinuria. Cystinuria adalah kondisi dimana urin terlalu banyak mengandung cistin asam amino; dan hiperoksaluria utama, yaitu kondisi hati dimana terlalu banyak memproduksi oksalat.

6. Obat-obatan

Obat-obatan tinggi kalsium dan suplemen vitamin C dapat meningkatkan resiko penyakit batu ginjal. Untuk itu, selalu konsultasikan kepada dokter tentang obat apapun yang anda konsumsi agar dokter dapat menentukan jenis obat dengan dosis yang pas sesuai dengan kebutuhan tubuh anda.

7. Keluarga

Bagi anda yang memiliki saudara sekandung, orang tua, atau kakek-nenek yang terkena penyakit yang satu ini, maka kemungkinan Anda untuk terkena batu ginjal juga akan lebih besar. Hal ini terkait dengan faktor genetik yang sifatnya diwariskan.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Setelah mengetahui apa saja penyebab batu ginjal, maka anda juga perlu tahu bagaimana cara untuk mencegahnya. Dengan mengeetahui cara untuk mencegah batu ginjal, maka kita akan mengurangi resiko terkena penyakit yang satu ini.

1. Konsumsi air putih

Jika pada umumnya orang dianjurkan untuk mengkonsumsi air putih antara 8 – 10 gelas perhari, maka bagi seorang yang pernah mengalami batu ginjal diharuskan untuk mengkonsumsi air putih 2.5 liter perharinya. Untuk mengetahui apakah kebutuhan cairan tubuh anda sudah cukup atau belum, anda cukup melihat urin anda. jika urin berwarna bening dan tidak pekat, maka artinya kebutuhan cairan anda sudah terpenuhi.

2. Mengurangi konsumsi makanan mengandung oksalat

Ini khusus bagi anda yang pernah terkena batu kalsium oksalat. Ada banyak makanan tinggi oksalat yang harus anda kurangi, seperti aneka produk kedelai, kacang-kacangan, ubi jalar, bayam, cokelat, dan teh.

3. Mengurangi konsumsi garam dan protein hewani

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kadar garam tinggi dan protein hewani akan meningkatkan resiko terjadinya batu ginjal. Hal ini karena makanan-makanan tersebut akan menyebabkan tingginya kadar garam di dalam urin sehingga hal itu dapat mengendap dan mengkristal.

Oleh karena itulah, cara yang paling aman untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh adalah dengan mengganti protein hewani dengan protein nabati. Meskipun tidak ada larangan bagi anda untuk mengonsumsi makanan protein hewani. Tapi khusus bagi anda yang pernah mengalami penyakit yang satu ini, makanan dengan kandungan protein nabati akan jauh lebih aman untuk tubuh anda.

4. Suplemen kalsium

Pada umumnya kandungan kalsium dalam makanan cukup aman untuk dikonsumsi. Hal itu karena kadar kalsium tersebut sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tapi berbeda dengan kandungan kalsium yang ada di dalam sebuah suplemen. Untuk itulah, berhati-hatilah dengan suplemen kalsium yang anda konsumsi karena hal ini dapat meningkatkan resiko munculnya batu ginjal.

Seperti telah dijelaskan pada poin penyebab batu ginjal di atas, bahwa tingginya kadar kalsium dalam urin sehingga menyebabkan timbulnya batu ginjal kalsium. Untuk itulah, konsultasikan kepada dokter sebelum anda memutuskan untuk memakai suplemen kalsium tertentu.

5. Obat-obatan

Saat ini ada banyak jenis obat yang bisa anda konsumsi untuk menghancurkan batu ginjal, baik yang bersifat herbal maupun dengan resep dokter. Meskipun begitu, apapun sifat dan jenis obatnya sebaiknya sebelum dikonsumsi konsultasikan kepada dokter lebih dahulu. Hal ini untuk menghindari efek samping yang mungkin saja ditimbulkan oleh penggunaan obat-obatan tersebut.

Beberapa langkah pencegahan batu ginjal di atas dapat anda lakukan demi untuk menghindari penyakit yang satu ini. dengan menerapkan pola hidup yang sehat, seperti konsumsi air putih yang cukup, konsumsi makanan secara seimbang, dan menjaga asupan gizi, dan berkonsultasi kepada dokter sebelum menggunakan obat-obatan tertentu dapat mengurangi resiko terbentuknya material padat di dalam ginjal.

Posting Inilah 7 Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: