Hamil 38 Minggu Belum Ada Kontraksi dan Tanda Melahirkan

Banyak ibu hamil merasa was-was, ketika menginjak kehamilan 38 minggu atau 39 minggu tapi belum ada kontraksi atau tanda-tanda melahirkan lainnya. Padahal berdasarkan perkiraan hari persalinan (HPL) tepat pada saat ini atau bahkan sudah lewat.

Perlu ibu ketahui bahwa kehamilan normal adalah 37 – 41 minggu, jadi ketika kehamilan memasuki usia 38 minggu dan belum ada kontraksi persalinan maka itu masih dibilang wajar atau normal. Lain halnya ketika sudah memasuki kehamilan 41 minggu atau bahkan 42 minggu tidak juga ada tanda melahirkan, maka diperlukan tindakan induksi untuk merangsang persalinan.

Dokter akan melakukan “wait and see” atau hanya menunggu dan mengawasi saja ketika pada kehamilan 38 minggu tanpa kontraksi atau tanda melahirkan seperti ini, sedangkan induksi persalinan umumnya paling cepat dimulai pada usia 39 minggu. Hal ini ada alasannya yaitu menunggu agar janin benar-benar sudah matang. Jika belum waktunya, dikhawatirkan paru-paru belum matang, sehingga apabila dipaksa untuk lahir besar risikonya bayi akan mengalami kesulitan bernafas, dan ini malah berbahaya.

Bagaimana mengetahui adanya kontraksi persalinan?

Selama kehamilan, ada dua macam kontraksi yaitu kontraksi palsu (Braxton Hicks) dan kontraksi persalinan (true labor). Kontraksi palsu akan terjadi walaupun Anda belum akan melahirkan, kontraksi Braxton Hicks memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kontraksi terasa hilang timbul, tidak tertur.
  • Jarak antara dua kontraksi tidak menjadi semakin dekat (tidak semakin sering)
  • Lamanya kontraksi tidak semakin lama dan tidak semakin menguat.

Kontraksi palsu umumnya mulai terasa saat trimester ke-2 dan semakin sering pada trimester ke-3. Walaupun kontraksi ini terjadi, ia tidak menyebabkan melahirkan.

kehamilan 38-39 minggu

Berbeda dengan kontraksi persalinan, yang memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

  • Jarak antar kontraksi terjadi teratur
  • Berlangsung lama hingga 30-70 detik,
  • Semakin lama jarak antar kontraksi semakin dekat.

Kontraksi true labor akan terus berlangsung tidak berhenti, semakin menguat, biasanya ada penjalaran yang awalnya terasa pada bagian punggung kemudian menjalar ke arah perut. Ketika ini terjadi beberati persalinan sudah dekat, maka lakukanlah persiapan segera.

Bagaimana mengetahui adanya tanda-tanda persalinan?

Selain adanya kontraksi persalinan seperti dijelaskan di atas, maka di usia kehamilan 38 – 39 minggu amatilah tanda-tanda melahirkan lainnya yaitu:

  • Lendir Darah keluar dari jalan lahir.
  • Pecahnya ketuban yang ditandai dengan keluarnya air-air.
  • Kontraksi semakin sering dan semakin kuat.

Jika tanda tersebut muncul, jangan tunggu lama-lama segeralah pergi ke bidan atau rumah sakit karena persalinan akan segera dimulai.

Jadi kesimpulannya, jika saat ini kehamilan 38 minggu belum ada kontraksi atau tanda melahirkan, ibu tak perlu khawatir, yang perlu dilakukan adalah menunggu tanda-tanda persalinan tersebut muncul hingga batas waktu maksimal yaitu kehamilan 41 minggu. Sekian, semoga bermanfaat.

Posting Hamil 38 Minggu Belum Ada Kontraksi dan Tanda Melahirkan ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: