Cara Mendapatkan Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi

Ada banyak manfaat ASI eksklusif, namun mirisnya banyak orang tua yang tidak menyadarinya, bahkan lebih mengutamakan susu formula untuk buah hatinya. Padahal ASI adalah makanan terbaik bayi baru lahir yang hingga kini tidak ada produk susu yang bisa menandinginya.

ASI eksklusif adalah air susu ibu yang diberikan sejak buah hati lahir sampai dengan usia enam bulan tanpa pemberian makanan tambahan apapun seperti pisang, teh, air putih dan yang lainnya.

manfaat ASI eksklusif

Namun tahukah bunda apa saja manfaat ASI eksklusif bagi buah hati kita? Ternyata banyak sekali manfaat ASI eksklusif bagi si kecil. Bukan hanya untuk sang buah hati saja namun manfaatnya juga baik bagi ibu yang sedang memberikan asi eksklusif. Lalu Apa saja ya? Ini dia.

Manfaat Asi Eksklusif Bagi Bayi

Adapun beberapa manfaat ASI eksklusif untuk bayi adalah:

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi
  • Membantu Pertumbuhan Bayi
  • Membantu proses pencernaan bayi
  • Mencegah Terjadinya Alergi
  • Meningkatkan Kecerdasan Otak
  • Mencegah Terjadinya Obesitas

Berikut penjelasan dari masing-masing poin di atas

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Bayi

Kandungan pada ASI dapat mecegah bayi terserang infeksi bakteri dan virus. Masing-masing kandungan dalam ASI memiliki banyak manfaat dan fungsinya sendiri terhadap imunitas (kekebalan) tubuh, sehingga kandungan yang terdapat dalam ASI dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh bayi.

Membantu Pertumbuhan Bayi

Berbagai macam vitamin yang terkandung pada ASI membantu pertumbuhan bayi. Salah satunya adalah kandungan vitamin A yang baik bagi tumbuh kembang bayi.

Membantu Proses Pencernaan Bayi

Dalam kandungan ASI terdapat sumber karbohidrat. Karbohidrat ini adalah sumber nutrsi yang baik bagi pertumbuhan bayi, selain itu kandungan karbohidrat pada ASI juga membantu pertumbuhan bakteri yang baik dalam pencernaan bayi.

Mencegah Terjadinya Alergi

Timbulnya alergi pada bayi sering terjadi akibat berbagai hal salah satunya adalah makanan. Namun dengan pemberian ASI eksklusif sebagai sumber asupan nutrisi pada bayi dapat mengurangi terjadinya alergi. Karena ASI memang makanan alami untuk bayi.

Meningkatkan Kecerdasan Otak

Dalam ASI terkandung berbagai nutrisi yang membantu meningkatkan kecerdasaan otak, salah satunya adalahkandungan DHA (Docosahexaenoic acid) dan ARA (arachinoid acid) yang merupakan jenis lemak yang berfungsi untuk perkembangan otak dan ketajaman penglihatan.

Mencegah Terjadinya Obesitas

Obesitas merupakan penumpukan lemak yang berlebih atau disebut juga kelebihan berat badan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu Kesehatan Anak Universitas Pennsylvania pada tahun (1998-2000) membuktikan bahwa anak yang diberikan ASI ekslusif memiliki resiko rendah terhadap terjadinya obesitas,

Manfaat ASI Bagi Ibu

Tidak hanya bayi yang mendapatkan manfaat ASI, melainkan juga ibu yang memberikannya, antaralain:

  • Meningkatkan Kasih Sayang Antara Ibu Dan Bayi
  • Sebagai Kontrasepsi alami
  • Membakar Kalori
  • Lebih Efisien dan Hemat

Meningkatkan Kasih Sayang Antara Ibu Dan Bayi

Intesitas yang begitu sering selama pemberian ASI, mulai dari 0 bulan sampai usia enam bulan membuat adanya hubungan yang erat dan rasa kasih sayang antara ibu dan bayi. Dekapan ibu meningkatkan jalinan kasih sayang. Akibat adanya jalinan kasih sayang dapat membuat kondisi pikiran ibu menjadi lebih tenang dan bahagia sehingga dapat membantu proses pengeluaran ASI lebih lancar lagi.

Sebagai Kontrasepsi alami

Pernahkah Bunda mendengar mengenai kontrasepsi alami menggunakan ASI? Ya kontrasepsi ini disebut juga dengan Metode Amenore Laktasi (MAL). Pemberian ASI ekslusif dapat digunakan sebagai kontrasepsi alami. Mengapa demikian? Saat memberikan ASI ekslusif yang rutin, ibu akan mengeluarkan hormon prolaktin dimana hormon ini akan menekan terjadinya pembuahan (ovulasi).

Membakar Kalori

Selama pembrian ASI ekslusif ternyata dapat membakar kalori. Saat menyusui kalori yang terbakar sekitar 300-500 kalori. Sehingga bunda dapat melakukan diet secara alami dengan rutin memberikan ASI ekslusif.

Lebih Efisien dan Hemat

Memberikan ASI secara ekslusif lebih efisien dibandingan memberikan susu formula. Bunda tidak perlu repot menyiapakan botol susu atau mengeluarkan biaya yang banyak untuk memberikan asupan nutrisi pada bayi.

Cara Menerapkan ASI Eksklusif

Agar mendapatkan manfaat ASI eksklusif, maka hal yang tak kalah penting lainnya adalah bagaimana menerapkannya. Berikut ada beberapa hal yang perlu diperhatikan Bunda saat memberikan ASI eksklusif.

Mengerti Pentingnya Pemberian Asi Ekslusif

Jika bunda telah mengerti pentingnya pemberian ASI eksklusif, maka bunda akan memiliki kemampuan untuk memberikanya. Dukungan keluarga dalam memberikan dorongan sangat diperlukan untuk terciptanya motivasi.

Menyusui Sesuai Dengan Kebutuhan Bayi

Menyusui ASI eksklusif tidak hanya menyusui dari 0-6 bulan, saat Anda ingin merapkannya dengan benar, maka bayi tidak boleh diberikan makanan apapun seama 0-6 bulan selain ASI. Waktu pemberiannya pun perlu diperhatikan, bukan berarti selama enam bulan bunda jarang memberikan ASI. Berikan ASI sesuai dengan kebutuhan bayi. Berikan ASI kapanpun saat bayi ingin. Dan bangunkan bayi setiap dua jam sekali untuk memberikan ASI eksklusif.

Pilih Tempat Yang Aman Dan Nyaman

Tidak jarang, saat memberikan ASI ekslusif Bunda merasa cemas dan stress. Pemilihan tempat yang aman dan nyaman juga perlu diperhatikan. Jika Bunda merasa tidak nyaman maka akan mempengaruhi keluarnya ASI, sehingga Bunda sulit memberikan ASI ekslusif. Pilihlah tempat yang dapat membuat bunda merasa nyaman dan aman saat memberikan ASI.

Asupan Nutrisi

Agar ASI yang dihasilkan berkualitas bagus, maka asupan nutrisi sang ibu juga harus diperhatikan. Perbanyaklah makan sayur-sayuran, buah dan karbohidrat (nasi, jagung, gandum, singkong) sebagai sumber energi, makanan yang mengandung protein (telur, tempe, ikan). Perbanyak minum untuk menggantikan cairan yang keluar.

Itulah manfaat dari pemberian ASI eksklusif dan cara menerapkannya. Bila bunda di rumah belum menerapkannya, tidak ada salahnya untuk memulai pemberian ASI eksulif. Berikan hanya ASI saja selama 0-6 bulan agar sang buah hati dapat tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas.

Posting Cara Mendapatkan Manfaat ASI Eksklusif Bagi Ibu dan Bayi ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: