Cara Membersihkan Usus yang Sehat dan Aman

No comment 144 views

Terkadang usus kita perlu dibersihkan dari kotoran dan sisa-sisa makanan yang berpotensi menyebabkan penyakit. Terkhusu ketika seseorang mengalami sembelit atau konstipasi, maka ketidaklancaran buang air besar ini berpotensi bahaya, bahkan bisa menyebabkan kanker usus besar. Lantas, bagaimana cara membersihkan usus yang benar?

Usus merupakan bagian pencernaan yang memiliki fungsi vital bagi tubuh manusia. Sebagai organ yang berfungsi mengolah seluruh makanan yang dikonsumsi, tentu kebersihan dan kesehatan organ yang satu ini harus terus dijaga karena jika terjadi gangguan pada usus, maka proses pencernaan pun tidak bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya.

cara membersihkan usus

Sama seperti organ tubuh lain seperti kulit, tangan, mulut, dan lain sebagainya. usus pun perlu dibersihkan. Usus yang bersih akan membuat proses pengolahan makanan di dalam lambung menjadi lancar sehingga secara otomatis penyerapan nutrisi oleh tubuh pun akan lancar.

Sebab-sebab Diperlukannya Membersihkan Usus

Ada banyak faktor yang menyebabkan usus harus dibersihkan, diantaranya adalah:

  1. Adanya cairan kental yang membungkus usus atau disebut juga dengan mukus;
  2. Terdapat jaringan seluler yang mati;
  3. Timbulnya parasit seperti cacing
  4. Terdapat sisa feses yang menyelip diantara bagian usus;
  5. Pola makan yang tidak sehat.

Secara umum, faktor-faktor di atas adalah penyebab dari kotornya usus sehingga membutuhkan pembersihan agar usus dapat bekerja normal kembali.

Cara Membersihkan Usus

Penumpukan kotoran di dalam usus bisa menyebabkan sesuatu yang serius bagi kesehatan, diantaranya adalah akan terjadi pembengkakan di dalam usus sehingga penderita pun akan merasakan lemah dan mudah sakit. Selain itu, dampak lainnya dari menumpuknya kotoran di dalam usus adalah sulitnya buang air besar. Hal ini jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan tumpukan racun di dalam usus. Untuk itu, dibawah ini akan dijelaskan tentang berbagai cara membersihkan usus yang aman, yaitu:

  1. Menggunakan teknik laksatif

Teknik laksatif atau disebut juga dengan pencahar merupakan aneka jenis obat-obatan atau makanan yang bisa membuat kotoran di dalam usus dapat bergerak dengan mudah. Laksatif termasuk dalam kategori obat bebas sehingga dapat dikonsumsi oleh siapa saja. Yang harus anda perhatikan jika menggunakan teknik ini secara berlebihan adalah dapat menyebabkan sindrom usus malas, dehidrasi, dan diare.

  1. Hidrotherapy

Cara untuk membersihkan usus yang selanjutnya adalah dengan menggunakan terapi air atau disebut juga dengan hidrotherapy. Hidrotherapy adalah proses pembersihan usus dengan cara menyemperotkan air bertekanan rendah ke dalam usus dengan menggunakan selang khusus. Cara ini bertujuan untuk membersihkan isi usus sehingga usus pun kembali bersih. efek dari teknik ini bisa menyebabkan penyerapan air secara berlebihan sehingga menimbulkan adanya ketidakseimbangan zat-zat kimiawi yang ada di di dalam usus. Dampak dari ketidakseimbangan zat kimiawi ini adalah kepala menjadi pusing, muntah, lemas, penumpukan cairan di dalam usus, dan akibat yang fatal adalah serangan jantung.

Penggunaan kedua teknik di atas ternyata tidak bisa secara mandiri. Anda membutuhkan dokter sebagai konsultan untuk meminimalisir efek samping yang mungkin terjadi pada tubuh anda.

  1. Apel

Apel merupakan buah yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di dalam buah ini terkandung aneka zat yang bermanfaat bagi tubuh, seperti serat, dan karbohidrat. Zat-zat tersebut berperan sebagai pengental cairan dalam lambung. Selain serat dan karbohidrat, di dalam apel juga terkandung pektin. Zat ini jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat akan berguna untuk membersihkan toksin-toksin dan zat logam berbahaya dari dalam usus. Selain itu, manfaat pektin lainnya adalah sebagai penguat dinding usus. Anda dapat mengkonsumsi buah ini, baik olahan apel seperti cuka apel, saos apel, jus apel, dan lain sebagainya maupun mengkonsumsinya secara langsung.

  1. Air

Begitu banyak manfaat dari air putih, salah satunya adalah sebagai pembersih usus. Konsumsi air putih yang cukup, yaitu antara 8 – 10 gelas perhari dapat membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh sehingga secara otomatis hal ini dapat membersihkan sisa-sisa metabolisme yang ada di dalam usus.

  1. Lemon

Buah lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C. vitamin yang satu ini sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai pelancar sistem pencernaan. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, di dalam buah lemon juga terkandung antioksidan yang sangat bagus untuk membersihkan usus. Cara mengkonsumsinya ambil 1 buah lemon lalu peras airnya. Campurkan madu dan sedikit garam di dalamnya. Minumlah ramuan ini dipagi hari saat perut masih dalam kondisi kosong.

  1. Buah dan sayuran yang mengandung klorofil

Sayuran hijau dan buah-buahan mengandung zat klorofil yang sangat baik untuk sistem pencernaan. Selain itu, zat klorofil juga memiliki kegunaan untuk membersihkan liver dan usus besar. untuk itu, masukan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, seledri, asparagus, kacang polong, dan aneka sayuran hijau serta jenis buah-buahan dalam menu makanan sehari-hari.

  1. Serat

Selain sebagai pelancar sistem pencernaan, makanan kaya akan sserat juga dapat berguna untuk membersihkan usus. Untuk itu, masukan makanan serat seperti buah pir, apel, raspberry, polong, gandum, biji-bijian, brokoli, dan aneka makanan sumber serat lainnya sebagai menu sehari-hari anda.

  1. Lidah buaya

Selain dapat digunakan sebagai penghitam rambut dan obat infeksi pada kulit, lidah buaya juga dapat digunakan untuk membersihkan usus. Hal ini karena lidah buaya atau aloe vera memiliki sifat laksatif yang dapat membersihkan racun-racun yang berada di dalam usus. Cara mengkonsumsinya sangat mudah. Campurkan air perasan lemon dengan jel lidah buaya lalu blender sampai lunak. Konsumsi jus lidah buaya ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Makanan hasil fermentasi

Di dalam tubuh manusia terdapat aneka mikroba yang masing-masing memiliki fungsi yang beraneka ragam juga, mulai dari pembuang racun, penyerap nutrisi, mengatasi bakteri berbahaya, dan lain sebagainya. tapi karena efek makanan dan obat-obatan yang kita konsumsi menyebabkan jumlah bakteri baik dalam tubuh bisa berkurang. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi aneka makanan yangmengandung probiotik. Makanan seperti yogurt, miso, dan kinchi adalah aneka makanan hasil fermentasi yang sangat baik untuk tubuh.

  1. Flax dan Chia seed

Kedua biji-bijian ini memiliki kandungan asam lemak Omega-3 yang baik untuk pencernaan dan memperkuat dinding lambung. Selain itu, biji-bijian tersebut juga dapat digunakan untuk membersihkan usus.

  1. Jahe

Selain dapat menghilangkan masuk angin dan penghangat tubuh, jahe juga memiliki khasiat untuk sebagai pembersih usus. Hal ini karena jahe dapat merangsang kerja usus sehingga usus pun akan bekerja menghilangkan toksin-toksin yang ada di dalamnya. Untuk itu, anda dapat mengkonsumsi jahe dalam aneka olahannya seperti minuman jahe, teh herbal dan jahe, parutan jahe, dan lain sebagainya. yang harus anda ingat adalah cara ini tidak dianjurkan untuk para ibu hamil.

  1. Alpukat

Alpukat termasuk buah dengan kandungan serat yang tinggi. Tidak hanya enak rasanya, buah yang satu ini juga dapat merangsang pergerakan usus sehingga usus pun dapat membersihkan toksin-toksin yang ada di dalamnya.

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk membersihkan usus secara alami? Dengan memanfaatkan aneka buah dan sayuran yang ada disekitar, kita dapat melakukan pembersihan usus secara mandiri.

Demikian pembahasan tentang cara membersihkan usus secara aman. Semoga bermanfaat.

Posting Cara Membersihkan Usus yang Sehat dan Aman ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: