Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu yang Baru Melahirkan

Diperlukan cara melancarkan ASI yang benar-benar efektif bagi ibu yang baru melahirkan. Mengapa demikian? karena memang yang menjadi masalah terbesar bagi ibu yang baru saja melahirkan adalah sulitnya memberikan ASI karena di hari-hari pertama ASI sulit keluar.

Ada berbagai penyebab ASI belum mau keluar, biasanya dikarenakan beberapa faktor, seperti kondisi emosional ibu, kondisi fisik ibu yang menurun atau pun disebabkan oleh faktor-faktor lainnya.
cara melancarkan ASI

Banyak sekelai para ibu yang mengeluh karena ASI yang sulit keluar ini. Bahkan sebagian lainnya menyerah memberikan untuk ASI ketika di masa awal setelah melahirkan, padahal sayang sekali bila ibu tidak memberikan ASI sehingga sang buah hati tidak bisa mendapatkan manfaat ASI eksklusif.

Berikut delapan cara melancarkan ASI bagi ibu yang baru melahirkan:

1. Melakukan Perawatan Payudara

Melakukan perawatan payudara selain untuk membersihkan payudara, juga dapat melancarkan ASI. Dengan beberapa teknik pijatan yang lembut akan membantu pengeluaran ASI lebih lancar. Sebelum melakukan perawatan payudara, ibu terlebih dahulu membersihkan payudara dengan baby oil atau dengan air hangat tujuannya supaya payudara ibu khususnya di bagian puting susu menjadi bersih.

Lakukan pemijatan secara merata dengan menggunakan telapak tangan ke arah luar payudara sampai ke bawah pangkal payudara. Setelah itu ibu dapat melakukan teknik pemijatan dengan dua jari yaitu memijat dari bagian luar payudara hingga ke pangkal payudara. Setelah itu bersihkan payudara dengan air hangat lalu air dingin. Lakukan teknik pemijatan ini sebelum mandi.

2. Menyusui Secara Bergantian di Kedua Payudara

Teknik menyusui secara bergantian di kedua payudara bertujuan agar tidak terjadi bendungan ASI di salah satu payudara, dengan teknik ini juga dapat memperlancar keluarnya ASI. Bila ibu telah menyusui pada salah satu sisi payudara, maka untuk berikutnya ibu harus menyusui di sisi lain.

3. Cari Tempat yang Membuat Ibu Merasa Nyaman

Tidak jarang para ibu merasa terganggu dengan kehadiran orang lain atau merasa tidak nyaman dengan tempat menyusui. Jika Ibu merasa terganggu, maka ini tidak baik terhadap kondisi psikologis ibu, akibatnya saat menyusui ibu akan merasa cemas dan ASI pun akan sulit keluar. Sebaliknya, rasa nyaman akan membuat ibu melepaskan hormon oksitoksin. Hormon oksitoksin berfungsi untuk membantu melancarkan ASI agar mudah keluar. Oleh karena itu pilihlah tempat yang jauh dari banyak orang, ruangan yang tertutup, ataupun tempat yang membuat ibu merasa nyaman.

4. Bersikap tenang

Dengan alasan yang hampir sama dengan pin di atas, bersikap tenang juga merupakan salah satu kunci sukses menyusui dengan lancar. Saat menyusui sang buah hati janganlah terburu-buru, pikiran ibu cukup tertuju pada sang buah hati. Hilangkan sesaat pikiran yang dapat membuat ibu stres, karena apabila ibu tidak merasa tenang maka pengeluaran asi akan sulit.

5. Perhatikan Posisi Menyusui

Posisi yang salah saat menyusui akan mengurangi pengeluaran ASI, sehingga ASI sulit keluar. Banyak sekali ibu menyusui yang memberikan ASI dengan posisi tidur miring, padahal posisi tidur akan mengurangi keluarnya ASI. Meskipun terasa kantuk, sebaiknya ibu bangun dan mengambil posisi duduk. Posisi duduk efektif untuk membantu keluarnya ASI. Jika ibu merasa pegal, maka ibu bisa menggunakan kursi yang memiliki sandaran, posisikan bayi menghadap ibu. Jika kesulitan, ibu bisa menggunakan bantal untuk membantu menopang bayi.

Ingat! Saat menyusui perhatikan jangan sampai jalan napas bayi tertutup payudara.

Untuk lebih melancarkan keluarnya ASI, maka upayakan bagian payudara yang masuk ke dalam mulut bayi bukan hanya bagian puting, melainkan bagian sekitar luar puting (aerola). Hadapkan perut bayi dengan perut Ibu. Posisi ibu tegak dan kepala bayi menghadap payudara ibu. Perhatikan apakah sudah masuk semua bagian puting dan aerola ke dalam mulut bayi. Jika hanya putingnya saja yang masuk ke dalam mulut bayi maka bayi tidak akan dapat menghisap sempurna dan ibu akan merasa kesakitan.

6. Nutrisi Ibu menyusui

Hal paling penting bagi ibu menyusui adalah asupan nutrisi, asupan nutrisi akan membantu melancarkan ASI bagi ibu yang baru saja melahirkan. Makanlah makanan yang mengandung banyak nutrisi. Perbanyaklah memakan sayur-sayuran hijau, buah-Buahan, dan memperbanyak minum air putih.

Adapun beberapa makanan yang dapat memperlancar produksi asi yaitu, daun katuk, bayam, pepaya, wortel, air putih, oat meal, kemang, makanan yang mengandung protein (kacang-kacangan).

Sedangkan makanan yang dapat mengurangi produksi ASI dan harus dihindari yaitu peppermint. Menurut Sheila Humprey mengkonsumsi pappertmint dapat mengurangi produksi ASI, sehingga bagi ibu yang terbiasa menggunakan Peppermint untuk capuran makanan dan sering mengkonsumsi peppermint ada baiknya dikurangi.

Lebih lanjut simak juga: Makanan Sehat Ibu Menyusui untuk Memperbanyak ASI

7. Menghindari Pemakaian Dot

Salah satu cara melancarkan ASI yang belum banyak diketahui yaitu menghindari pemakaian dot. Pemakaian dot untuk bayi baru lahir dapat membuat sang buah hati menjadi bingung puting. Mengapa hal ini bisa terjadi? Hal ini disebabkan karena bentuk dot yang mirip dengan bentuk puting ASI, sedangkan dengan usaha yang sedikit saja susu dari dot akan lebih lancar keluarnya. Karena hal inilah, bayi akan merasa bingung sekaligus malas menghisap puting susu ibu karena sebelumnya bayi telah diperkenalkan dot.

Pada prinsipnya semakin sering menyusui dan banyak ASI yang keluar, maka produksi ASI akan semakin lancar. Begitupula sebaliknya semakin jarang disusu oleh ibu, maka produksi akan berangsur menurun, bahkan sampai berhenti. Oleh karena itu jangan terlebih dahulu memperkenalkan dot pada sang buah hati.

8. Istirahat yang Cukup

Perubahan pola tidur pasti terjadi ketika ibu telah memiliki bayi. Banyak Ibu yang merasa kelelahan akibat mengurus sang buah hati. Kondisi fisik inilah yang akan mempengaruhi produksi ASI. Hal ini bisa disasati dengan cara yaitu ketika bayi tidur selesaikan pekerjaan yang tertunda, jangan menyelesaikan sekaligus, sisihkan sebagian waktu untuk ikut beristirahat.

Bila diperlukan mintalah bantuan pada saudara untuk membantu pekerjaan rumah. Meskipun siang hari, bila bayi tidur sempatkan ibu untuk ikut tidur, karena saat malam hari jam tidur ibu akan terganggu oleh karena itu manfaatkan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat.

Baca juga: Cara Merawat Bayi Baru Lahir Itu Begini Seharusnya

Itulah beberapa cara yang bisa bunda lakukan untuk melancarkan ASI, cukup mudah untuk dilakukan bukan? ASI lancar, buah hati pintar!

Posting Cara Melancarkan ASI Bagi Ibu yang Baru Melahirkan ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: