Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat

No comment 44 views

Stretch mark atau kerutan pada kulit merupakan suatu masalah tersendiri bagi kebanyakan ibu hamil. Biasanya gejala stretch mark ini akan muncul ketika usia kehamilan mulai menginjak trimester ketiga atau usia kehamilan 7 bulan keatas. Tapi sebenarnya apa itu stretch mark? Beberapa orang belum memahami betul apa yang dimaksud dengan stretch mark ini.

Stretch mark adalah guratan atau garis-garis pada kulit yang terletak dibagian-bagian tubuh tempat lemak terkonsentrasi. Biasanya guratan ini terletak pada perut bagian atas, lengan atas, paha, pantat, dan beberapa bagian tubuh yang sering menjadi tempat mengumpulnya lemak. Pada awalnya warna guratan ini adalah merah atau ungu tapi bisa berubah menjadi putih atau kelabu sesuai dengan warna kulit seseorang. Namun ternyata kondisi ini juga bisa terjadi pada orang gemuk, meskipun tidak hamil, baik laki-laki maupun perempuan.

cara menghilangkan stretch mark

Penyebab munculnya stretch mark

Perlu anda tahu bahwa tidak semua wanita hamil memiliki stretch mark. Tapi 90% wanita yang hamil memiliki masalah yang satu ini. Beberapa penyebab kemunculan stretch mark adalah:

  1. Kurangnya jumlah protein atau kolagen pada kulit

Penyebab pertama munculnya stretch mark adalah akibat kulit kekurangan zat protein atau kolagen. Mereka yang terkena stretch mark ini adalah orang-orang yang kulitnya hanya mengandung sedikit kolagen atau protein sehingga menyebabkan kulit menjadi kendor.

  1. Perkembangan tubuh tidak sesuai dengan elastisitas kulit

Penyebab lain munculnya stretch mark adalah karena perkembangan tubuh yang lebih cepat dari pada elastisitas kulit. Pertambahan berat badan secara cepat akan maka akan diikuti juga dengan peregangan kulit. Hal ini membuat lapisan kulit tengah atau lapisan dermis akan menipis sehingga lapisan kulit yang berada dibawahnya akan naik ke atas. Itulah mengapa para ibu hamil termasuk kelompok yang rawan terkena stretch mark karena kebanyakan dari mereka akan mengalami kenaikan berat badan saat proses kehamilan itu berlangsung. Selain terjadi pada ibu hamil, stretch mark juga muncul pada saat usia pubertas, yaitu antara 14 – 18 tahun. Pada masa ini biasanya tubuh akan mengalami pertambahan sehingga muncullah guratan-guratan di bagian-bagian tertentu.

  1. Penggunaan obat-obatan tertentu

Ada beberapa jenis obat-obatan yang menyebabkan munculnya stretch mark, dan salah satunya adalah jenis obat kortikosteroid. Hal itu karena dampak dari obat ini seperti hormon kortisol. Kortikosteroid adalah cream yang pada umumnya digunakan untuk mengobati penyakit kulit, seperti eksim.

  1. Genetik

Diakui atau tidak nyatanya faktor genetik atau keturunan dapat menyebabkan stretch mark. Jadi jika salah satu dari keluarga anda mengalami kondisi yang satu ini, maka jangan heran jika anda juga terkena stretch mark.

  1. Kondisi kesehatan

Beberapa kondisi kesehatan, seperti sindrom marfan dan Cushing. Sindrom marfan adalah kelainan pada gen yang berpengaruh pada jaringan tisu, sedangkan cushing adalah keadaan dimana tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang banyak atau berlebihan.

Faktor-faktor di atas seringkali menjadi penyebab munculnya stretch mark pada wanita. Dari sekian banyaknya faktor-faktor tersebut, sebagian ada yang dapat dicegah dan sebagian yang lainnya tidak dapat dihindari, seperti faktor genetik atau keturunan. Ini adalah salah satu faktor stretch mark yang tidak dapat dihindari.

Beginilah Cara Menghilangkan Stretch Mark

Stretch mark merupakan sebuah kondisi kulit yang seringkali menurunkan rasa percaya diri seseorang. Tapi anda tidak perlu hawatir karena dalam tulisan ini akan dijelaskan tentang bagaimana cara untuk menghilangkan stretch mark secara cepat.Ada banyak produk kecantikan yang seringkali dijadikan sebagai penghilang stretch mark, diantaranya adalah:

  1. Produk kecantikan

Beberapa produk yang seringkali dijadikan sebagai penghilang stretch mark adalah losion, krim, dan jel.

  • Losion

Jika anda menggunakan losion penghilang stretch mark, maka gunakan losion tersebut pada saat kulit masih berwarna kemerahan karena jika tidak maka losion yang anda oleskan tidak akan banyak berpengaruh.

  • Krim

Produk lain yang dapat anda gunakan adalah krim. Fungsi dari krim ini adalah untuk menyamarkan stretch mark pada kulit anda agar tidak terlihat. untuk itu agar krim tersebut dapat bekerja dengan baik, maka pilihlah krim yang sesuai dengan warna kulit anda. Kelebihan dari krim ini adalah dapat bertahan dalam beberapa hari, bahkan saat terkena air pun krim ini tidak akan luntur.

  • Jel

Selanjutnya, produk kecantikan lain yang seringkali dijadikan sebagai penghilang stretch mark adalah jel. Pada umumnya, jel penghilang stretch mark terbuat dari ekstrak asam hialuronik dan bawang. Kedua bahan ini memang memiliki antioksidan yang sangat baik untuk menyehatkan kulit, termasuk juga penghilang guratan-guratan pada kulit.

  • Krim tretinoin

Ini adalah krim khusus yang digunakan untuk menghilangkan stretch mark pada kulit. Krim ini mengandung avita, renova, dan Retin-A yang dapat membantu menyamarkan guratan-guratan pada kulit anda.

  • Retinoid

Seperti yang sudah disampaikan di awal bahwa salah satu penyebab munculnya stretch mark adalah akibat kulit kekurangan kolagen. Untuk mengatasinya, anda dapat menggunakan retinoid sebagai perangsang produksi kolagen pada kulit. Tapi anda harus ingat bahwa penggunaan retinoid ini ada takarannya sehingga membutuhkan resep dokter dalam penggunaannya

  1. Terapi

Ada beberapa terapi yang seringkali dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark, yaitu:

  • Sinar laser

Cara kerja terapi ini adalah pada saat sinar laser itu dipaparkan ke kulit maka pembuluh darah yang berada di bawah lapisan stretch mark akan menyerap energi sinar laser tersebut sehingga stretch mark pun berubah warna menjadi putih atau tidak terlihat. Terapi ini tidak sepenuhnya dapat menghilangkan stretch mark tapi hanya membantu menyamarkannya saja.

  • Mikrodermabrasi

Terapi ini dilakukan dengan cara pengaplikasian kristal-kristal khusus yang dapat menghilangkan stretch mark pada kulit. Ini merupakan cara yang cukup baik karena tidak hanya menghilangkan guratan-guratan yang baru saja terbentuk, tapi terapi mikrodermabrasi ini dapat mengatasi stretch mark yang sudah lama.

  1. Operasi

Beberapa orang melakukan operasi pengangkatan lemak untuk menghilangkan stretch mark pada tubuhnya. Dengan menganggkat lemak-lemak yang berada di perut bagian atas, lengan atas, paha, pantat, dan tempat-tempat dimana lemak terkonsentrasi, maka secara otomatis stretch mark pun akan hilang dengan sendirinya. Meskipun ini adalah cara yang efektif tapi jarang orang yang menggunakannya. Hal itu karena untuk melakukan operasi kecantikan, seseorang harus membayar biaya yang cukup mahal sehingga cara ini kurang direkomendasikan.

  1. Konsumsi air putih yang cukup

Setidaknya tubuh membutuhkan air putih antara 8 – 10 gelas perhari. Jumlah tersebut harus dicukupi karena kekurangan air putih akan menyebabkan berbagai masalah kesehatan, salah satunya adalah menurunnya elastisitas kulit. Dengan mencukupi kebutuhan air putih, maka elastisitas kulit pun akan terjaga sehingga stretch mark pun akan hilang dengan sendirinya.

  1. Cokelat

Bukan hanya enak rasanya, cokelat juga memiliki khasiat sebagai penghilang stretch mark. Cara menggunakannya adalah buatlah pasta dari bubuk cokelat tawar yang masih asli. Lalu, oleskan pasta tersebut pada stretch mark anda setiap selesai mandi. Lakukan cara ini 2 kali selama 2 bulan berturut-turut dan rasakan hasilnya.

  1. Kopi

Cara lain yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan stretch mark adalah dengan menggunakan biji kopi. Cara membuatnya buatlah pasta dari biji kopi asli yang belum tercampur dengan bahan apapun. Setelah itu oleskan pada guratan-guratan di kulit anda. lakukan cara ini setiap hari sampai stretch mark anda benar-benar hilang seluruhnya.

Itulah pembahasan tentang bagaimana cara untuk menghilangkan stretch mark secara cepat. Semoga pembahasan tersebut bermanfaat.

Posting Cara Ampuh Menghilangkan Stretch Mark dengan Cepat ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: