Cara Ampuh Menghancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya

Batu ginjal merupakan penyakit dimana terdapat benda padat di dalam ginjal. Benda ini berasal dari air seni yang terkonsentrasi sehingga asam garam dan mineral-mineral lainnya tetap menyatu dan memadat. Hasil pemadatan dari asam garam dan mineral inilah yang disebut dengan batu ginjal. Lantas, bagaimana cara menghancurkan batu ginjal dan mengeluarkannya?

Ya, bagi yang sudah memiliki batu di ginjalnya, maka memang diperlukan cara menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal karena tentu saja kondisi ini akan menimbulkan masalah. Memang pada saat ukurannya masih kecil, batu ginjal tidak terlalu menimbulkan rasa sakit. Akan tetapi jika batu tersebut sudah berukuran besar maka akan menyebabkan rasa nyeri, baik saat diam ataupun saat buang air kecil.

cara menghancurkan batu ginjal

Kenali Ciri-ciri seseorang Terkena Batu Ginjal

Sebelum Anda menerapkan cara menghancurkan batu ginjal, maka langkah pertama adalah memastikan apakah benar masalah yang sedang Anda hadapai saat ini adalah batu ginjal. Untuk memastikannya tentu saja memerlukan pemeriksaan oleh dokter, bahkan bisa jadi dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang dengan alat-alat yang canggih seperti, urinalisis, USG dan foto rongsen.

Di samping itu, hal pertama yang perlu kita curigai adalah gejala yang dirasakan, berikut ciri-ciri dan gejala batu ginjal:

1. Terasa nyeri saat buang air kecil

Memang tidak semua kasus nyeri saat buang air kecil disebabkan oleh batu ginjal, namun ini dapat menjadi salah satu ciri-cirinya. Maka dari itu, seseorang yang sering merasakan sakit saat buang air kecil harus berhati-hati. Perbanyaklah minum air putih, apabila terus berlanjut hubungi dokter.

2. Pinggang dan punggung terasa nyeri

Ciri penyakit ginjal yang selanjutnya adalah terasa nyeri di bagian punggung dan piggang. Hal ini disebabkan adanya tekanan pada jaringan kemih yang membuat pinggang dan punggung menjadi nyeri.

3. Kencing berwarna

Ciri penyakit batu ginjal yang berikutnya adalah air kencing berwarna merah, merah muda, atau cokelat. Perubahan warna pada air kencing ini disebabkan adanya luka yang terjadi pada uretra atau saluran kencing sehingga menyebabkan lecet atau keluarnya darah pada saluran tersebut.

Cara Menghancurkan Batu Ginjal Hingga Tuntas

Secara umum, ada dua cara untuk menghancurkan batu ginjal, yaitu dengan pengobatan di rumah dan dengan melalui prosedur medis.

# Cara Alami Menghancurkan Batu Ginjal di Rumah

Adapun cara menghancurkan batu ginjal dengan pengobatan di rumah diantaranya:

1. Konsumsi air putih yang cukup

Air ternyata cairan yang sangat ampuh sebagai penghancur batu ginjal. Untuk itu, penuhi kebutuhan tubuh terhadap air putih ini. jika kebutuhan air putih pada orang bukan penderita batu ginjal adalah 8 – 10 leiter setiap harinya, maka bagi anda yang memiliki masalah pada ginjal harus mengkonsumsi air minimal 2.8 liter setiap harinya. Air ini akan mengikis keberadaan batu ginjal tersebut sehingga secara perlahan batu ini pun akan hilang.

2. Lemon

Penghancur batu ginjal lainnya adalah buah lemon. Ada banyak sekali khasiat lemon. Selain memiliki kandungan vitamin C dalam jumlah tinggi, lemon juga mengandung asam sitrat. Salah satu fungsi zat ini adalah dapat menghancurkan batu kalsium. Untuk itu, konsumsilah jus lemon ini minimal 125 ml setiap harinya sampai batu ginjal anda benar-benar hilang. Selangkapnya baca disini: Inilah Manfaat Jeruk Lemon yang Telah Terbukti Ilmiah

3. Mengurangi konsumsi garam dan protein

Cara untuk menghancurkan batu ginjal yang selanjutnya adalah dengan mengurangi konsumsi makanan tinggi protein dan garam. Protein dapat menyebabkan meningkatnya oksalat dan asam urat. Selain itu, protein juga mengandung zat sulfur yang akan memperparah kondisi batu ginjal anda. sementara garam dapat menyebabkan kadar kalsium dalam urin meningkat sehingga secara otomatis batu ginjal pun akan semakin mengeras.

4. Kurangi konsumsi soft drinks

Sekilas soft drinks adalah minuman yang sangat menyegarkan. Tapi tahukah anda dibalik rasanya yang segar tersebut, ada banyak efek samping yang dapat ditimbulkannya, salah satunya adalah dapat memperparah kondisi batu ginjal. Hal itu karena di dalam minuman ringan atau soft drinks terkandung asam fosfat.

5. Masukan sayuran dan buah sebagai daftar menu sehari-hari

Cara lainnya untuk menghancurkan batu ginjal di dalam tubuh adalah dengan banyak-banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan seperti gandum, jagung, berry, artichoke, apel dan lain sebagainya dapat menghancurkan batu ginjal di dalam tubuh. Hal itu karena sebagian besar dari sayur dan buah-buahan tersebut mengandung serat yang dapat membantu mengurangi kristalisasi garam kalsium dalam urin.

6. Olahraga

Cara lain untuk menghancurkan batu ginjal adalah dengan berolahraga. Dengan berolahraga, maka batu ginjal secara perhalan akan bergerak dan pada akhirnya akan keluar melalui saluran kencing. Ada Untuk itu, anda dapat berjalan kaki,jogging, dan aneka olahraga ringan lainnya untuk membantu keluarnya batu ginjal dari dalam tubuh.

Sebagai catatan bahwa cara-cara di atas hanya dapat dilakukan jika ukuran batu ginjal masih kecil atau dibawah 3 mm atau ukurannya masih lebih kecil daripada diameter saluran kencing.

# Cara Medis untuk Menghancurkan Batu Ginjal

Sedangkan jika batu ginjal sudah berukuran besar, maka untuk menghancurkanya harus dengan prosedur medis. Beberapa prosedur medis yang biasanya disarankan untuk menghancurkan batu ginjal sekaligus mengeluarkannya adalah:

1. Menggunakan metode extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL)

Ini adalah cara penghancur batu ginjal dengan menggunakan suara dimana dokter akan mengirimkan suara dengan gelombang tertentu yang dapat menghasilkan getaran yang kuat. Getaran inilah yang membuat batu ginjal menjadi pecah dan hancur. Pada umumnya proses ini memakan waktu antara 45 – 60 menit. Efek samping metode ini adalah terjadinya pendarahan di sekitar ginjal, rasa sakit saat batu melalui saluran urin, perut akan terasa memar, dan beberapa efek samping lainnya.

2. Ureteroskopi

Metode ini dilakukan dengan menggunakan bantuan sebuah tabung dan kamera khusus (uteroscope) yang akan menghancurkan batu ginjal sehingga serpihan-serpihan batu tersebut dapat keluar melalui ureter atau saluran kencing.

3. Pembedahan

Cara lain untuk mengangkat batu ginjal adalah dengan pembedahan. Cara ini dilakukan dengan cara menyayat bagian punggung dan dengan peralatan canggih dokter akan mengambil batu ginjal yang ada di dalam tubuh anda.

4. Penanganan Penyakit Penyebab

Ini adalah metode menghancurkan batu ginjal dengan melihat kondisi tubuh seseorang. Misalnya saja dokter akan melihat seberapa aktif kelenjar paratiroid. Kelenjar paratiroid yang terlalu aktif akan menyebabkan meningkatnya kadar kalsium dan dapat menghasilkan batu kalsium fosfat. Dan jika ini adalah persoalannya, maka dokter pun akan melakukan operasi kelenjar paratiroid.

Lebih lanjut, baca juga: Inilah 7 Penyebab Batu Ginjal dan Cara Mencegahnya

Di atas adalah berbagai cara ampuh untuk menghancurkan batu ginjal, baik penanganan secara mandiri atau dilakukan di rumah maupun melalui prosedur medis. Hal itu sangat tergantung pada kondisi batu ginjal si pasien.

Jika kondisinya masih dalam lavel gejala, maka penanganannya dapat dilakukan di rumah tapi jika kondisii batu ginjal tersebut sudah besar dan tidak dapat melalui saluran kencing, maka untuk menghancurkannya harus dengan prosedur medis. Untuk menentukannya, anda harus berkonsultasi dengan dokter. Dengan melakukan konsultasi kepada pihak yang benar, maka anda pun akan mendapatkan penanganan yang benar pula.

Jangan sampai anda berkonsultasi kepada pihak yang salah karena bisa berakibat pada penanganan yang salah pula, dan hal itu bisa berakibat cukup fatal bagi penyembuhan batu ginjal anda.

Itulah pembahasan tentang cara ampuh menghancurkan batu ginjal. Semoga pembahasan di atas bermanfaat.

Posting Cara Ampuh Menghancurkan Batu Ginjal dan Mengeluarkannya ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: