Cara Ampuh Mengatasi Kolik Pada Bayi

No comment 211 views

Kolik Pada Bayi – Jika bayi Anda sehat berusia kurang dari 5 bulan dan menangis selama lebih dari tiga jam berturut-turut pada tiga hari atau lebih dari seminggu selama setidaknya tiga minggu, maka mungkin saja itu merupakan kolik pada bayi.

Perlu diingat bahwa upaya dalam mengatasi kolik pada bayi, akan melibatkan trial and error karena cara yang efektif pada satu bayi yang mengalami kolik belum tentu berhasil bagi bayi lainnya. Hal ini karena bisa saja setiap anak memiliki penyebab kolik yang berbeda apalagi penyebabnya tidak jelas

Secara umum, berikut ini beberapa hal yang dapat membantu mengatasi kolik pada bayi:

Beri probiotik

Penelitian telah menunjukkan bahwa bayi dengan kolik memiliki mikroflora usus yang berbeda dari bayi yang tidak memiliki kolik. Probiotik (Lactobacillus reuteri khususnya) telah membantu mengurangi gejala kolik pada beberapa bayi. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Gunakan Botol Air Hangat

Beberapa bayi bisa tenang dengan kompres air hangat yang diterapkan pada perutnya. Untuk melakukan hal ini, isilah botol air atau kantung plastik dengan air hangat dan bungkus dalam handuk. Letakkan di perutnya. Hati-hati untuk tidak membuat air terlalu panas, dan isilah air secukupnya agar tidak begitu menekan perut bayi.

Pijatan lembut

Bayi biasanya akan menikmati pijatan lembut, sehingga hal ini akan menenangkannya termasuk dapat mengatasi kolik pada bayi. Terlebih selepas mandi, sambil menggosokkan minyak telon atau minyak kayu putih susullah dengan pijatan lembut yang menenangkan.

kolik pada bayi

Bunyi-bunyian

Ketika berada di dalam rahim bayi sangat akrab dengan irama suara detak jantung ibu, itulah mengapa suara berirama dapat mengalihkan perhatiaannya dan membuatnya lebih tenang. Cobalah untuk membunyikan mesin cuci, vaccum cleaner, gemiricik bunyi hujan, musik klasik dan lainnya untuk dapat mengatasi kolik pada bayi.

Gerak Fisik

Umumnya bayi akan lebih tenang ketika diajak bergerak, sebagai contoh mengayun-ayunkannya, menggendong sambil berjalan-jalan, menaikkannya dalam kereta dorong, atau mengajaknya mengendarai sepeda motor, semua dapat dilakukan untuk mengurangi rewel pada bayi.

Itulah berbagai tips yang sudah terbukti dapat membuat bayi menjadi lebih tenang sehingga bisa mengatasi kolik pada bayi. Sekian, semoga bermanfaat.

Posting Cara Ampuh Mengatasi Kolik Pada Bayi ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: