Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

No comment 26 views

Hidung tersumbat tidak memandang usia, dewasa, anak-anak bahkan bayi pun bisa mengalaminya. Hidung yang tersumbat membuat rasa tidak nyaman dan kesulitan bernapas terlebih pada bayi. Oleh sebab itu ketahuilah cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

Hidung tersumbat bisa terjadi di salah satu bagian sisi atau bahkan di kedua sisi hidung. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi, maka terlebih dahulu kita harus mengatahui penyebabnya. Salah satu penyebab tersering adalah penyakit flu atau pilek, terutama pada bayi.

cara mengatasi hidung tersumbat pada bayi

Adapun penyebab hidung tersumbat lainnya adalah sebagai berikut:

  • Rhinitis alergi, dapat terjadi baik karena alergi atau bukan alergi terhadap sesuatu beda asing. Alergi merupakan suatu .reaksi dari sistem imunitas dalam tubuh saat ada benda asing yang masuk , seperti debu, makanan atau yang lainnya.
  • Rhinitis vasomotor, merupakan peradangan di bagian mukosa hidung, salah satunya disebabkan oleh perubahan cuaca yang ekstrim. Biasanya ditandai dengan keluarnya ingus atau bersin.
  • Polip, pertumbuhan jaringan di bagian saluran hidung.
  • Sinusitis, peradangan di hidung yang dapat membuat hidung tersumbat
  • Tumor, dapat menhalangi jalur pernapasan, sehingga menyebabkan hidung tersumbat.
  • Adanya infeksi seperti flu
  • Benda asing, dapat menghalangi jalan napas dan membuat hidung menjadi tersumbat
  • dan yang lainnya

Jika Bunda telah mengetahui apa penyebab hidung bayi tersumbat, maka akan lebih mudah mengatasinya. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi:

# Memberikan Uap Panas

Terapi inhalasi bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi. Caranya yaitu dengan memberikan terapi uap pada bayi supaya napas bayi menjadi lancar. Berikut cara untuk melakukan terapi uap untuk melegakan hidung tersumbat pada bayi:

  • Bunda dapat mendekatkan wadah berisi air panas ke bayi, hati-hati agar tangan bayi tidak meraih wadah berisi air panas.
  • Bunda juga dapat mencampur minyak telon pada air atau aroma terapi lain.
  • Bunda dapat memposisikan bayi terlungkup di pangkuan Bunda, dengan posisi kepala lebih rendah daripada tubuh bayi. Kemudian biarakan bayi menghirup uap panas. Sebagian berpendapat cara ini sebenarnya tidak lagi dianjurkan, karena dapat menyebabkan bayi terasa terbakar. Namun tetap aman jika hati-hati melakukannya.

# Menghirup Minyak Telon atau yang Lainnya

Jika bayi tidak menyukai metode uap, Bunda dapat menggunakan minyak telon yang di dekatkan ke bagian hidung bayi agar bayi menghirupnya. Bunda juga dapat menggunakan inhaler untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi.

# Menghangatkan Tubuh Bayi

Matikanlah penggunaaan AC, kipas, dan penggunaan yang dapat membuat ruangan serta suhu tubuh bayi dingin. Dengan membuat bayi hangat dapat membantu mengatasi hidungnya yang tersumbat. Bunda juga dapat memberikan uap di kamar mandi, dengan cara meletakkan air panas di bak agar ruangan terasa hangat.

# Usahakan Kepala Bayi Mengarah ke Atas

Jika salah satu penyebab hidung tersumbat pada bayi adalah vasomotor rhinitis (pembuluh darah di hidung sensitif) saat bayi tidur, usahakan agar kepala bayi tetap mengarah ke atas. Dengan tidur miring dapat menyebabkan hidung mampet berpindah ke salah satu bagian dari rongga hidung. Cara lain agar posisi kepala bayi lebih tinggi, yaitu dengan meninggikan ranjang tempat tidur bayi.

# Larutan Saline

Larutan saline atau laturan fisologis atau NACL merupakan jenis larutan garam yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. Bunda dapat menggunakan larutan saline semprot atau tetes untuk bayi. Bunda dapat membelinya di apotek, caranya:

Apabila di teteskan di hidung bayi, Bunda dapat menggendong bayi atau mengatur posisi bayi di tempat yang datar. Teteskan ke hidung bayi, kemudian tunggu 5 menit setelah meneteskan larutan.

Apabila menggunakan larutan saline dengan cara disemprotkan, posisikan bayi dalam keadaan tidur. Angkat kepala bayi pelan-pelan, jika kesulitan karena anak bergerak Bunda bisa meminta bantuan orang yang ada di rumah. semprotkan 1 atau 2 kali ke dua lubang hidung bayi secara bergantian. Pertahankan posisi bayi selam 5 menit setelah disemprotkan.

Catatan : pemakaian larutan saline yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada hidung.

# Jangan Oleskan Balsam atau Minyak di Hidung Bayi

Pada usia di bawah dua tahun, balsam atau minyak yang dioleskan di hidung bisa saja tertelan saat tangannya meraihnya, lalu memasukan jari ke dalam mulut. atau bisa juga olesan minyak dapat mengalir ke mulut. Alih-alih ingin mengatasi hidung tersumbat pada bayi, pengolesan minyak atau balsam di hidung malah bisa membuat bayi merasa seperti terbakar atau pedas.

# Bola Hisap

Bola hisap atau dee lee adalah alat yang digunakan untuk membantu menghisap cairan yang ada di hidung tau mulut bayi. Apabila penyebab hidung bayi tersumbat adalah akibat cairan hidung atau ingus yang lengket, Bunda dapat menggunakan bola hisap. Caranya :

  • Sebelum memasukan ujung bola karet ke dalam hidung, tekan terlebih dahulu bola karet. Jika menekan bola karet saat berada di dalam lubang hidung, dapat membuat lendir lebih masuk ke dalam lagi.
  • memasukan bagian ujung bola karet ke hidung bayi sambil mengarahkan kepala bayi ke samping.
  • Kemudian setelah ujung karet keluar dari hidung, buang cairan yang tersedot dengan melepas tekanan pada bola karet.

Catatan : cuci bersih dee lee setiap kali pemakaian dan kukus dee lee agar tetap bersih.

Jika cara mengatasi hidung tersumbat tersebut tidak berhasil, segera Hubungi dokter apabila:

  • Hidung tersumbat disertai demam lebih dari 38 derajat celcius.
  • Nyeri pada telinga atau bayi menjadi rewel tidak seperti biasanya.
  • Hidung tersumbat disertai kesulitan bernapas.
  • Hidung tersumbat disertai batuk (berdarah atau kering).
  • terdapat pembengkakan pada bagian kening, mata, kedua sisi hidung, atau pipi.
  • Jika pada hidung bayi keluar cairan selain berwarna selain kuning dan putih serta bau yang tidak sedap.
  • Hidung tersumbat yang tidak kunjung sembuh.

Dan jika buah hati terganggu dengan bauk berdahak, maka simak juga: Cara Efektif Mengeluarkan Dahak pada Bayi dengan Aman

Posting Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: