Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami

No comment 47 views

Setiap orang pastilah menginginkan memiliki gigi yang putih dan bersih. Selain membuat rasa nyaman saat makan, gigi yang putih dan bersih juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang tinggi. Berbeda dengan gigi kuning yang menjijikkan dan akan membuat orang berfikir bahwa anda adalah orang yang jorok. Itulah pentingnya membuat gigi putih bersinar, salah satunya dengan cara memutihkan gigi secara alami.

Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh ABA (American Dental Association) yang menyatakan bahwa 86% orang akan merasa senang jika melihat orang lain tersenyum, terutama jika gigi mereka putih dan bersih. Itulah sebabnya berbagai macam cara dilakukan untuk membuat gigi menjadi putih dan bersih.

cara memutihkan gigi secara alami

Perusahaan pun merespon kebutuhan masyarakat ini dengan berbagai produknya. Ada banyak sekali pasta gigi sebagai produk dari perusahaan. Tapi ternyata tidak semua pasta gigi yang ada di pasaran itu sehat dan aman untuk kesehatan gigi. Banyak diantara pasta gigi tersebut mengandung bahan-bahan kimia yang justru menimbulkan efek samping, baik untuk gigi itu sendiri maupun untuk kesehatan gusi. Untuk itu, solusi yang paling pas adalah dengan melakukan perawatan gigi secara alami. Perawatan gigi secara alami adalah perawatan gigi yang dilakukan dengan cara-cara alami dan bahan alami pula sehingga tidak menimbulkan efek samping bagi gigi dan gusi.

Seperti Apa Cara Memutihkan Gigi yang Alami itu?

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk membuat gigi menjadi putih dan bersih, diantaranya adalah:

  1. Menggunakan siwak

Kegunaan siwak sebagai pemutih gigi sudah tidak diragukan lagi. sejak ribuan tahun yang lalu masyarakat mesir kuno menggunakan cara ini untuk memutihkan giginya. Selain itu, Nabi Muhammad SAW. Pun menggunakan siwak ini untuk membersihkan giginya. Siwak adalah sebuah pohon yang kayunya dapat digunakan untuk gosok gigi sehingga gigi pun menjadi putih dan bersih.

Cara menggunakan siwak untuk memutihkan gigi:

  • Ambil bagian batang atau akar dari pohon siwak. Pilihlah bagian yang memiliki tekstur lembut agar nyaman saat dipakai;
  • Haluskan batang atau akar siwak tersebut sampai menjadi debu;
  • Campurkan bubuk tersebut dengan sedikit air agar membentuk seperti pasta;
  • Gunakan pasta tersebut untuk gosok gigi;
  • Setelah 5 menit, bersihkan gigi dengan cara berkumur.

Catatan: lakukan cara ini seminggu 2 kali agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Minyak kelapa

Seperti kita tahu bahwa begitu besarnya manfaat minyak kelapa ini bagi kesehatan, salah satunya adalah dapat digunakan untuk mencegah terjadinya plak pada gigi. Bukan hanya itu saja, minyak yang satu ini juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi yang tadinya kuning menjadi bersih. minyak kelapa merupakan jenis minyak yang diperoleh dari ekstrak daging kelapa. Ini termasuk minyak nabati yang memiliki lemak unik. Hal itu karena keseluruhan minyak kelapa terbuat dari Medium Chain Triglycerides (MCTs) yang kaya akan manfaat.

Cara menggunakan minyak kelapa untuk memutihkan gigi:

  • Oleskan satu sendok teh minyak kelapa ke seluruh bagian gigi anda secara merata lalu diamkan antara 10 – 15 menit;
  • Setelah itu, buang minyak tersebut lalu kumurlah dengan air bersih sampai seluruh minyak yang ada di dalam mulut bersih;
  • Sikat gigi secara perlahan.

Catatan: agar mendapatkan gigi yang putih dan bersih secara maksimal, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

  1. Menggunakan hidrogen peroxida

Apa itu hidrogen peroxida? Hidrogen peroxida adalah sebuah senyawa pemutih makanan yang dalam jumlah tertentu dapat digunakan untuk menghilangkan noda pada gigi.

Cara menggunakannya:

  • Larutkan seujung senyawa hidrogen peroksida pada segelas air;
  • Gunakanlah larutan ini untuk berkumur;
  • Jika sudah selesai, kumrulah kembali dengan menggunakan air bersih.

Catatan: jika anda akan menggunakan hidrogen peroksida ini sebagai pembersih gigi, maka pilihlah hidrogen peroksida yang memiliki label food grade sehingga aman untuk dipakai. Selain itu, hindari hidrogen peroksida ini secara berlebih karena terlalu sering berkumur dengan senyawa ini dapat membuat gigi rusak. Untuk itu, sebaiknya gunakan cara ini sebulan sekali saja.

  1. Garam dan jeruk nipis

Cara lain yang bisa anda gunakan untuk memutihkan gigi secara alami adalah dengan larutan garam dan lemon atau jeruk nipis. Garam merupakan eksfoliator atau pengelupas alami yang sangat bagus untuk mengikis noda-noda yang ada pada gigi. Sementara lemon adalah cairan yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk melunturkan noda-noda yang ada pada lapisan enamel.

Cara menggunakan:

  • Campurkan satu sendok teh garam dengan beberapa tetes lemon sampai merata;
  • Gunakan campuran bahan tersebut untuk gosok gigi;
  • Setelah itu, berkumurlah dengan menggunakan air hangat.

Catatan: selain ramuan di atas, anda juga dapat memanfaatkan kulit lemon untuk membersihkan gigi. Caranya gosokan kulit lemon pada gigi anda dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian berkumur sampai bersih. lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Baca lebih lanjut di sini: Cara Memutihkan Gigi dengan Jeruk Nipis + Garam

  1. Strawberry

Di dalam strawberry terkandung asam ellagic dan vitamin C yang tinggi. kedua zat ini ternyata mampu memutihkan gigi secara alami. Anda cukup mengkonsumsi atau mengunyahnya saja maka dalam waktu yang cepat akan mendapatkan gigi yang putih dan bersih. Itulah sebabnya buah yang satu ini bukan hanya enak untuk dikonsumsi tapi juga sangat bagus untuk kesehatan gigi.

Cara menggunakan strawberry:

  • Anda dapat langsung mengosokan buah ini pada gigi lalu diamkan selama 5 menit. Setelah 5 menit, berkumur dan lihat hasilnya;
  • Cara lainnya adalah haluskan beberapa gram strawberry lalu campurkan dengan satu sendok teh baking soda agar membentuk pasta;
  • Oleskan pasta ini pada seluruh bagian gigi dan diamkan selama 2 menit;
  • Bersihkan gigi dengan air hangat lalu lihat hasilnya.

Catatan: untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

  1. Baking soda

Bagi anda yang suka membuat makanan atau kuwe pastilah tahu bahan yang satu ini. Baking soda adalah serbuk putih yang berfungsi sebagai pengembang dalam makanan. Tak hanya itu saja, bahan yang satu ini juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi secara alami.

Cara menggunakannya:

  • Campurkan 2 sendok teh baking soda dengan satu sendok teh air sampai membentuk pasta;
  • Oleskan pasta baking soda itu pada seluruh permukaan gigi sampai merata lalu diamkan selama 3 menit;
  • Setelah 3 menit, berkumurlah sampai bersih.

Catatan: penggunaan baking soda yang berlebihan dapat merusak lapisan gigi. Untuk itu, lakukan cara ini 1 bulan sekali atau 2 bulan sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Kulit jeruk

Siapa sangka bahwa kulit jeruk memiliki khasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Di dalam kulit jeruk terkandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan gigi.

Cara menggunakan kulit jeruk untuk memutihkan gigi:

  • Jemur kulit jeruk sampai kering lalu haluskan atau blender;
  • Campurkan bubuk tersebut dengan sedikit air agar membentuk pasta;
  • Oleskan pasta tersebut pada gigi lalu diamkan selama 3 menit;
  • Berkumur sampai bersih.

Catatan: untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini 2 kali dalam seminggu.

Itulah pembahasan tentang bagaimana cara memutihkan gigi secara alami. Semoga pembahasan ini bermanfaat.

Posting Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: