Cara Agar Cepat Melahirkan Normal Sesuai Taksiran

Ketika hari taksiran persalinan tiba, para Ibu tentu ingin cepat-cepat melahirkan sang buah hati. Namun beberapa diantaranya merasa bingung karena belum juga merasakan adanya tanda-tanda melahirkan. Pada kondisi seperti ini, Bunda jangan khawatir, karena banyak cara yang dapat membantu bunda agar cepat melahirkan normal.

Sebelum melakukan cara agar cepat melahirkan normal di bawah ini, usahakan berkonsultasi terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mencegah cedera atau kemungkinan lain yang akan berdampak negatif baik bagi ibu maupun janin.

cara agar cepat melahirkan normal

Berikut enam cara agar cepat melahirkan normal yang dapat Bunda lakukan:

Senam hamil

Senam hamil merupakan kegiatan latihan gerak tubuh yang dilakukan selama kehamilan. Senam hamil dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh ibu supaya tetap sehat, selain itu salah satu manfaat dari senam hamil adalah untuk menstimulasi proses melahirkan secara normal.

Gerakan pada senam hamil sebaiknya dilakukan sambil di dampingi oleh suami atau kerabat. Melakukan senam hamil bisa dilakukan di dalam rumah. Dua sampai empat kali dalam seminggu. Gerakan senam hamil pun dibedakan sesuai usia kehamilan.

Tapi ingat ya, senam hamil tidak boleh di lakukan ketika usia kehamilan masih terlalu muda, khususnya pada trimester awal (usia kandungan 1 bulan sampai 3 bulan). Untuk mempercepat melahirkan normal, lakukan gerakan senam hamil secara konsisten dan rutin, serta jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan mengenai aman tidaknya hal ini Anda lakukan.

Berhubungan Suami-Istri

Berhubungan seks dengan suami mampu membantu Ibu mempercepat melahirkan normal. Untuk Ibu hamil, ‘berhubungan’ yang aman itu dilakukan saat kehamilan memasuki trimester dua (usia kehamilan di atas 12 minggu sampai 28 minggu). Karena pada masa ini ukuran janin sudah membesar dan ari-ari sudah melekat dengan kuatnya pada dinding rahim.

Saat kehamilan sudah memasuki trimester ke tiga (di atas 28 minggu) memang sulit untuk melakukan ‘hubungan’, mengingat perut ibu yang semakin membesar. Kenapa hal ini bisa mempercepat persalinan? karena cairan sperma mampu merangsang terjadinya kontraksi, di mana kontraksi akan memicu terjadinya pembukaan serviks (pembukaan jalan lahir 0-10 cm). Cairan sperma yang dapat memicu kontraksi adalah prostaglandin.

Jadi apabila usia kehamilan ibu telah mencapai di atas 37 minggu atau hampir melewati taksiran persalinan normal, namun belum ada tanda-tanda persalinan seperti mulas, maka coba bicarakan dengan suami untuk melakukan hal ini. Baca juga: Hamil 38 Minggu Belum ada Kontraksi dan Tanda Melahirkan

Melakukan Aktivitas

Usia kehamilan yang semakin bertambah membuat perut ibu semakin besar. Dengan bertambahnya ukuran perut Bunda, bukan berarti Bunda hanya bermalas-malasan saja. Dengan melakukan beberapa aktivitas, Bunda dapat mempercepat melahirkan normal sesuai taksiran. Adapun aktivitas yang baik untuk dilakukan antara lain:

  • Berjalan santai, berjalan santai dapat dilakukan di pagi hari bersama suami atau berjalan santai di sore hari di sekitar rumah. Dengan berjalan kaki akan membantu proses penurunan bagian janin. Lakukan kegiatan ini secara rutin, terlebih lagi apabila usia kandungan bunda sudah di atas 37 minggu atau sudah mendekati taKsiran persalinan.
  • Berjongkok atau merangkak, posisi ini bisa dilakukan di rumah. Bagi ibu yang terbiasa mengepel rumah, tidak ada salahnya membersihkan lantai sambil merangkak. Posisi ini dapat membantu penurunan bagian janin. Begitu juga dengan posisi jongkok.

Stimulasi Puting Susu

Stimulasi puting susu merupakan cara yang dapat mempercepat melahirkan normal. Hal ini bisa Bunda lakukan bersamaan dengan perawatan payudara. Mengapa stimulasi puting susu dapat mempercepat melahirkan normal?

Rangsangan saat melakukan stimulasi akan memicu otak untuk melepaskan hormon oksitoksin. Oksitoksin merupakan senyawa yang dapat memicu kontraksi. Dengan adanya kontraksi maka akan membatu terjadinya proses pembukaan serviks.

Saat Bunda melakukan perawatan payudara, cobalah sedikit memutar (memelintir) puting susu ibu secara pelan atau memijatnya. Namun, jangan lakukan stimulasi terlalu sering, karena dapat dengan cepat menimbulkan kontraksi yang kuat, lakukan secukupnya.

Menggunakan Birthing Ball

Metode Birthing Ball memang belum terlalu familiar bagi sebagian masyarakat di Indonesia. Metode birthing ball merupakan gerakan senam dengan menggunakan sebuah alat bebentuk bola terbuat dari karet yang lentur. Dalam metode ini ada gerakan yang mampu memperlancar persalinan.

Gerakan dalam metode Birthing Ball mampu membuat otot-otot di sekitar panggul lebih lentur, sehingga dapat membantu ibu cepat melahirkan normal. Sebuah studi kebidanan yang dilakukan pada tahun 2011, dengan judul jurnal “Effects of birth ball exercise on pain and self-efficacy during childbirth: A randomised controlled trial in Taiwan”. menunjukkan bahwa ibu yang menggunakan birthing ball dapat mempercepat kala 1 (pembukaan 0 cm sampai 10 cm). Coba pelajari di sini: 4 Tahapan proses melahirkan normal (Kala I, II, III, IV)

Melakukan Yoga

Menurut Mony Suriany, B.Sc, MBA, salah satu keuntungan yoga selama kehamilan yaitu dapat membantu memudahkan persalinan. Teknik yoga yang dapat membuat tubuh sehat serta mampu membuat pikiran rilex dapat membantu Bunda mempercepat melahirkan normal.

Lakukanlah latihan Yoga dengan baik dan benar serta rutin selama kehamilan. Bila Bunda belum pernah dan belum bisa melakukan Yoga, sebaiknya diperlukan pengawasan oleh instruktur yoga.

Beberapa metode agar cepat melahirkan normal yang telah dipaparkan di atas harap dilakukan dengan hati-hati. Pilihlah satu atau dua cara yang Bunda bisa lakukan. Jika Bunda sudah merasa lelah, jangan pernah untuk memaksakan aktivitas-aktivitas tersebut. Lakukan sesuai dengan kemampuan Bunda. Semoga bermanfaat.

Posting Cara Agar Cepat Melahirkan Normal Sesuai Taksiran ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: