Berbagai Cara Alami Mengobati Sesak Nafas Tanpa Obat

No comment 426 views

Sesak nafas merupakan kondisi dimana pernafasan terasa sesak. Pada sebagian penderitanya, sesak nafas terasa seperti tercekik. Kondisi ini tentunya membuat rasa tidak nyaman, baik saat beristirahat, bekerja, ataupun saat sedang menjalankan aktivitas lainnya. Itulah mengapa sangat penting mengobati sesak nafas sesegera mungkin agar Anda dapat terlepas dari segala bentuk ketidaknyamanan akibat penyakit tersebut.

Apa Penyebab Terjadinya Sesak Nafas?

Sebelum membahas cara alami mengobati sesak nafas, alangkah baiknya jika kita ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dalam kondisi tertentu, seperti saat berada di tempat yang minim oksigen atau dalam kondisi tubuh yang terlalu lelah, beberapa orang akan mengalami sesak nafas. Akan tetapi pernafasan akan normal pada saat situasinya kembali seperti semula.

Mengobati Sesak Napas tanpa Obat Aladokter

Mengobati Sesak Napas tanpa Obat Aladokter

Sesak nafas secara umum bukanlah sebuah masalah yang serius karena cukup banyak orang yang mengalaminya. Namun jika hal tersebut terjadi secara tiba-tiba, apa lagi diikuti dengan gejala demam, sesak pada tenggorokan, dan sesak pada bagian dada, maka hal itu perlu segera dikonsultasikan kepada dokter. Langkah ini penting untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan.

Meskipun secara umum sesak nafas bukanlah sesuatu yang perlu dihawatirkan, namun beberapa faktor kesehatan juga dapat menjadi pemicunya. Seperti misalnya kondisi-kondisi seperti infeksi saluran pernafasan, anemia, bronkitis yang sudah kronis, jantung, dan alergi. Penyakit-penyakit tersebut bisa menjadi pemicu munculnya sesak nafas.

Mengobati Sesak Nafas secara Alami tanpa Obat

Sesak nafas atau disebut juga dengan dyspnea adalah kondisi gangguan kesehatan yang jika dibiarkan tentu akan sangat mengganggu aktivitas keseharian kita. Karenanya, penyakit ini perlu untuk segera diatasi. Dibawah ini adalah berbagai cara alami mengobati sesak nafas yang dapat dilakukan tanpa menggunakan obat, yaitu:

  1. Pernafasan Diafragma

Pernafasan diafragma atau disebut juga dengan pernafasan perut diyakini dapat membantu seseorang untuk mengobati sesak nafasnya.

Cara melakukannya diantaranya ialah :

  • Berbaring terlentang dan letakan tangan pada bagian perut! Upayakan agar kondisi tubuh serta otot-ototn dalam keadaan serileks mungkin!
  • Tarik nafas dalam-dalam sampai anda merasakan seluruh rongga paru-paru terisi oleh oksigen!
  • Tahanlah selama beberapa detik lalu lepaskan sampai seluruh rongga paru-paru seperti kosong!
  • Lakukan secara berulang selama 5 – 10 menit! Anda dapat melakukan cara ini 3 kali dalam sehari.

2. Mengencangkan Pernafasan Bibir

Selain dapat mengobati pernafasan, cara yang satu ini juga dapat menghilangkan stres dan depresi.

Cara melakukannya:

  • Duduk dan rilekskan seluruh otot-otot leher dan bahu!
  • Pertahankan agar kondisi bibir saling menempel, kecuali pada bagian tengahnya!
  • Tarik nafas melalui hidung lalu keluarkan melalui bibir yang dalam kondisi mengkerut!
  • Lakukan cara ini selama 10 menit setiap harinya.

Anda dapat melakukan teknik ini kapan saja saat anda merasakan sesak nafas.

Baca Juga : 20 Gejala Tipes dan Cara Pencegahannya

3. Mengonsumi Kopi Hitam

Secangkir kopi hitam bukan hanya nikmat rasanya tapi juga dapat digunakan untuk mengobati sesak nafas. Kafein yang ada di dalam kopi dapat memperbaiki jalan pernafasan dan mengatasi otot-otot pernafasan yang kelelahan. Bukan hanya itu saja, kopi juga dapat mengatasi gejala penyakit asma. Minumlah kopi hitam 1 – 2 cangkir dalam sehari! maka nafas pun akan segera nyaman kembali. Namun yang perlu diingat adalah, hindari mengonsumsi kopi secara berlebihan karena akan meningkatkan detak jantung anda.

4. Menghirup uap

Cara lainnya untuk mengobati sesak nafas tanpa obat adalah dengan cara menghirup uap. Asap panas yang dihasilkan dari uap air dapat melarutkan lendir yang berada di jalan pernafasan. Caranya ialah sebagai berikut :

  • Isilah sebuah mangkuk dengan air yang suhunya sangat panas!
  • Tuangkan setetes minyak esensial, seperti minyak esensial eucalyptus atau peppermint!
  • Tampakan wajah anda di atasnya, Jangan lupa kenakan handuk bersih di kepalanya!
  • Setelah itu, tariklah nafas dalam-dalam dengan menghirup udara uap tersebut!

Lakukan cara ini kapan saja setiap anda mengalami sesak nafas.

5. Mengonsumsi Ramuan Jahe

Selain segar saat dimanfaatkan sebagai minuman, jahe juga merupakan salah satu dari jenis rempah-rempah yang dapat mengobati sesak nafas. Beberapa zat yang ada di dalamnya dapat membantu sekresi lendir sehingga pernafasan pun akan lancar.

Caranya:

a. Seduhlah Secangkir Teh Jahe.

Anda dapat menambahkan beberapa potong jahe pada air teh lalu rebuslah sampai mendidih. Tambahkan madu lalu aduklah sampai rata untuk menambah rasa agar terasa lebih nikmat.

b. Mengunyah jahe

Selain diolah menjadi minuman, anda juga dapat menyunyah beberapa potong jahe yang sudah dikupas dan dicuci bersih. atau cara yang lebih mudah lagi yakni dengan mengonsumsi permen jahe.

6. Konsumsi Buah Bit

Salah satu penyebab terjadinya sesak nafas adalah akibat kekurangan zat besi. Untuk mengatasinya, anda dapat mengkonsumsi buah bit. Di dalam buah bit terkandung zat besi, kalsium, potasium, dan juga serat.

Caranya:

  • Pangganglah 1 – 2 buah bit beserta kulitnya lalu setelah dingin kupas lalu makan!
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan membuat ekstrak buah bit. Buatlah jus bit berukuran sedang, segenggam bayam, sebuah wortel, dan setengah ubi jalar.

7. Adas

Cara lainnya yang bisa dilakukan untuk mengobati sesak nafas adalah dengan mengonsumsi biji adas. Adas dapat membantu tubuh untuk memecah dahak di dalam saluran pernafasan. Tidak hanya itu saja. Kandungan zat besi yang ada di dalamnya juga dapat digunakan untuk mengobati anemia.

Caranya:

  • Tambahkan 1 sendok teh biji adas ke dalam segelas air panas. Diamkan selama 10 menit lalu saringlah. Setelah itu, tambahkan madu secukupnya agar rasanya semakin nikmat!
  • Cara lainnya adalah kunyah satu sendok biji adas yang sudah kering.

8. Menghindari Kebiasaan Merokok

Siapapun orangnya, baik perokok aktif maupun perokok pasif sama-sama memiliki resiko untuk terkena sesak nafas. Di dalam asap rokok terkandung berbagai bahan berbahaya yang akan membuat orang yang menghirupnya mengalami gangguan pernafasan. Disamping membantu anda dari gangguan sesak nafas, berhenti merokok juga akan menurunkan resiko kangker paru-paru yang salah satu gejalanya adalah sesak nafas. Karenanya, berhentilah merokok sekarang juga! Anda dapat berkonsultasi dengan dokter jika sulit untuk menghentikan kebiasaan yang satu ini.

Baca Juga : Penyebab Nyeri Haid dan Cara Mengatasinya

9. Membiasakan Berjalan Kaki

Berjalan kaki dapat membantu menurunkan resiko terkena sesak nafas. Selain itu, jalan kaki juga dapat menjadi altrelatif yang baik dalam rangka menurunkan berat badan. Untuk itulah, biasakan berjalan kaki secara teratur setiap harinya. Anda dapat berjalan kaki antara 30 – 60 menit setiap harinya sebanyak 5 kali dalam seminggu. Jika dilakukan secara rutin maka anda akan merasakan manfaatnya.

10. Terapi

Cara lain yang dapat dilakukan untuk mengobati sesak nafas adalah dengan cara melakukan berbagai terapi. Terapi-terapi seperti yoga dan relaksasi dapat meningkatkan aliran darah dan juga oksigen ke seluruh tubuh sehingga sistem pernafasan pun akan berjalan dengan baik. Disamping itu, terapi ini juga akan mengurangi stres dan depresi pada seseorang. Untuk melakukan terapi yang sehat, maka anda perlu melakukan hal tersebut di tempat yang memiliki udara sehat sehingga oksigen yang anda hirup pun relatif bersih.

Tips Mengatasi Sesak Nafas

Selain cara-cara di atas, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan saat terjadi sesak nafas, yaitu:

  • Jika anda sulit tidur, usahakan untuk tidur dengan bantal! Selain itu, anda juga bisa tidur miring dengan bantal pada kanan dan kirinya.
  • Hindari tidur di ruangan yang terlalu hangat!
  • Ubahlah posisi tidur senyaman mungkin!
  • Hentikan aktivitas dan beristirahat sampai sesak nafas sembuh!
  • Cobalah untuk sedikit mengalihkan perhatian terhadap suatu hal lain, untuk mengurangi sesak nafas!
  • Hindarilah paparan zat-zat kimia beracun yang ada di lingkungan sekitar!
  • Mengkonsumsi banyak air agar tubuh tetap terhidrasi dan mengencerkan lendir yang berada di dalam sistem pernafasan.
  • Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Hindari mengkonsumsi obat atau suplemen tanpa resep dari dokter!

Beberapa penjabaran di atas merupakan cara alami mengobati sesak napas yang dapat anda lakukan tanpa menggunakan obat, Semoga bermanfaat.

Posting Berbagai Cara Alami Mengobati Sesak Nafas Tanpa Obat ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: