Beginilah Cara Menguruskan Badan dengan Sehat

No comment 47 views

Memiliki berat badan berlebih akan menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Maka dari itu, muncullah sebuah pertanyaan bagaimana cara menguruskan badan. Tidak hanya bisa kurus, tetapi juga tetap sehat karena faktor yang satu ini tidak bisa ditawar lagi.

Memang bagi kebanyakan orang, terutama para kaum wanita akan merasa resah jika dianggap gemuk atau gendut oleh rekan-rekannya. Hal itu karena bagi mereka, memiliki berat badan yang berlebih dapat menurunkan rasa percaya diri. Untuk itulah, berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal sehingga tubuh akan terlihat langsing dan tentu saja rasa percaya diri pun akan bertambah. Tapi apakah itu mungkin untuk dilakukan?

cara menguruskan badan

Bagi sebagian orang, menguruskan badan (maksdunya: menurunkan berat badan sampai ideal) adalah sesuatu yang sangat susah untuk dilakukan. Anggapan seperti ini biasanya akibat dari semua upayanya untuk menjadi langsing telah gagal. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa tidak selamanya program diet yang dilakukan seseorang akan berhasil.

Banyak orang yang sudah melakukan diet ketat tapi nyatanya berat badan tidak mau turun juga, bahkan beberapa diantaranya justru mengalami kenaikan berat badan. Jika ini yang terjadi bisa jadi karena ada pantangan-pantangan diet yang anda langgar sehingga berat badan tidak mau turun.

Cara Menguruskan Badan Gemuk supaya Ideal

Pada dasarnya untuk menurunkan berat badan tidaklah susah seperti yang dibayangkan banyak orang. Berat badan dipengaruhi oleh asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Jika jumlah kalori yang masuk sama dengan jumlah aktivitas atau energi yang dikeluarkan, maka berat badan akan cenderung stabil dan ideal.

Jadi jika anda ingin menguruskan badan secara sehat, maka kurangi jumlah kalori yang anda konsumsi dan perbanyak aktivitas yang mengeluarkan energi ekstra. Tapi kini ada cara yang lebih sederhana yang bisa anda lakukan untuk menguruskan badan secara alami, yaitu:

1. Rajin Sarapan

Kebanyakan orang yang sedang menjalani program diet akan mengurangi jumlah makanan, salah satunya adalah menghindari sarapan. Padahal menghindari sarapan akan membuat seseorang menjadi lapar akibatnya mengkonsumsi camilan dalam jumlah yang banyak. Hal ini justru akan membuat berat badan menjadi bertambah.

Camilan, apa lagi camilan yang cara pembuatannya dengan cara digoreng mengandung banyak lemak. Lemak inilah yang akan menjadikan berat badan anda bertambah. Untuk itu, jangan lewatkan sarapan setiap harinya. Sarapan tidak selalu dengan nasi. Anda dapat mengkonsumsi sebutir telur dengan segelas susu atau selembar roti dan selainya. Menu tersebut sudah cukup untuk bekal aktivitas anda sampai siang. Selain itu, jangan lupakan juga untuk mengkonsumsi buah-buahan yang kaya akan nutrisi, seperti lemon dan pisang.

2. Mengkonsumsi air sebelum makan

Banyak hasil penelitian yang membuktikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi air sebelum makan dapat membuat berat badanya turun. Hal ini karena seseorang yang sudah minum terlebih dahulu sebelum makan akan merasakan perut yang kenyang sehingga secara otomatis akan mengurangi jumlah makanan berat yang dia konsumsi. Banyak orang yang susah untuk membedakan antara lapar dengan haus. Terkadang kita hanya haus saja tapi banyak diantara kita yang mengatasi rasa haus itu dengan makan dan minum. Inilah yang membuat kita banyak mengkonsumsi kalori.

3. Konsumsi makanan yang tepat

Cara lainnya yang bisa anda lakukan untuk menguruskan badan adalah dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Setiap jenis makanan memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda, dan diantara sekian banyaknya nutrisi tersebut ada yang berguna untuk menaikan berat badan dan ada juga yang berguna untuk menurunkan berat badan.

Bagi anda yang ingin menguruskan badan, anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan serat. Makanan yang mengandung protein seperti keju, kedelai, seafood, daging tanpa lemak, yoghurt, telur, dan lain sebagainya dapat membantu proses pembakaran kalori di dalam tubuh. Sedangkan makanan mengandung banyak serat seperti popcorn tanpa mentega, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, dan lain sebagainya dapat memperlancar pencernaan.

4. Mengurangi makanan manis

Makanan manis adalah salah satu sumber energi bagi tubuh. Energi yang dihasilkan oleh makanan manis lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh protein sehingga sangat baik untuk dikonsumsi oleh orang dengan berat badan yang kurang. Tapi sebaliknya bagi orang gemuk, makanan manis dapat menaikan berat badan. Hal ini dapat membuat kadar glukosa di dalam tubuh menjadi bertambah dan akibatnya berat badan pun akan bertambah juga.

5. Kurangi porsi makan

Cara untuk menguruskan badan yang berikutnya adalah dengan mengurangi porsi makan. Cara yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan menggunakan piring yang berukuran lebih kecil. Dengan begitu secara otomatis jumlah nasi yang dapat ditampung pun akan lebih sedikit dibandingkan jika anda menggunakan piring besar.

Menggunakan piring kecil juga akan membuat Anda menurunkan kecepatan makan. Makan secara perlahan akan merangsang otak untuk segera berhenti makan. Cara ini terbukti dapat menguruskan badan secara tepat.

6. Menghindari makan malam

Jika makan malam merupakan rutinitas anda saat ini, maka mulai sekarang anda dapat menghindarinya. Setelah makan malam tubuh sudah tidak lagi banyak beraktivitas seperti pada saat siang hari. hal ini membuat kalori yang masuk ke dalam tubuh akan diubah menjadi lemak yang menumpuk di dalam tubuh sehingga berat badan pun menjadi bertambah.

Bagi anda yang merasa lapar jika tidak makan malam, anda dapat memajukannya lebih awal. Usahakan makan malam 5 jam sebelum anda tidur sehingga saat tidur sebagian besar makanan sudah tercerna dengan baik.

7. Konsumsi makanan yang mengandung merica dan cabai

hasil penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung lada atau merica dapat membakar kalori yang berlebihan di dalam usus besar saat seseorang sedang tertidur. Hal yang sama juga terjadi jika anda mengkonsumsi makanan yang mengandung cabai. Hal itu karena antara cabai dan merica atau lada memiliki sensasi yang sama, yaitu sama-sama memiliki rasa pedas.

8. Tidur yang cukup

Apakah anda pernah begadang? Salah satu aktivvitas yang dilakukan oleh kebanyakan orang yang begadang adalah makan. Hal ini karena pada saat tubuh kurang tidur atau kurang istirahat secara otomatis akan memproduksi hormon ghrelin, yaitu sebuah hormon yang akan menambah nafsu makan. Sehingga wajar saja jika orang yang kurang tidur akan banyak makan.

Selain itu, kurang tidur juga akan menyebabkan kurang lancarnya sistem metabolisme di dalam tubuh. Akibatnya kalori yang seharusnya dikirim ke seluruh tubuh akan menumpuk dan berubah menjadi lemak-lemak sehingga membuat berat badan pun bertambah.

9. Makan teratur

Makan secara teratur dapat dijadikan sebagai cara untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena seseorang yang memiliki pola makan tidak teratur akan cenderung lapar dan akibatnya akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak. Tapi dengan makan secara teratur akan membuat orang makan seperlunya saja sehingga jumlah kalori yang masuk pun akan dapat dikendalikan.

10. Olahraga

Olahraga adalah cara yang sangat efektif untuk menguruskan badan. Dengan berolahraga maka jumlah kalori yang terbakar pun akan lebih banyak. Bagi anda yang sudah berusia antara 19 – 64 tahun disarankan untuk rutin berolahraga, seperti bersepeda, jalan kaki, berlari minimal 150 menit dalam seminggu, dan lain sebagainya. Porsi ini tentunya dapat anda tambah sesuai dengan kebutuhan.

Dengan melakukan cara menguruskan badan di atas secara teratur, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama berat badan anda pun akan turun sesuai dengan yang diharapkan. Harap perhatikan dan pantau terus berat badan Anda, jangan sampai kebablasan menjadi kurus yang tak sehat. Baca juga: 16 Penyebab Badan Kurus dan Cara Ampuh Mengatasinya

Itulah pembahasan tentang cara menguruskan badan yang sehat. Semoga bermanfaat.

Posting Beginilah Cara Menguruskan Badan dengan Sehat ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: