Aneka Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi

No comment 257 views

Terjadinya darah tinggi sangat erat kaitannya dengan pola hidup sehari-hari. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah makanan, oleh sebab itu penderita darah tinggi harus menghindari makanan tertentu dan dianjurkan mengonsumsi makanan penurun darah tinggi.

Tahukah Anda, bahwa darah tinggi merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa menyerang siapa saja, tidak pandang suku dan ras. Meskipun begitu, pada umumnya penyakit ini banyak menyerang orang dengan lanjut usia. Sebenarnya apa itu darah tinggi?

Darah tinggi atau hipertensi adalah sebuah keadaan dimana tekanan darah seseorang diluar dari kewajaran. Jika tekanan darah normal pada laki-laki antara 110 – 120 dan tekanan darah wanita antara 100 – 110, maka tekanan darah seorang dengan penderita darah tinggi jauh di atasnya. Kondisi ini akan berbahaya jika dibiarkan karena tekanan darah yang terlalu tinggi akan menimbulkan berbagai penyakit di dalam tubuh.

Kenali ciri-ciri penderita darah tinggi

Untuk menentukan apakah anda termasuk orang yang terkena darah tinggi ataupun tidak, maka cara yang pasti adalah dengan memeriksakan tekanan darah dengan alat spigmomanometer atau tensi meter. Anda juga perlu mewaspadai gejala-gejala yang bisa menyertai hipertensi, seperti:

  1. Denyut jantung yang tidak teratur;
  2. Sakit kepala atau pusing;
  3. Adanya gangguan pengelihatan;
  4. Rasa nyeri pada bagian dada;
  5. Mudah lelah.

Jika tanda-tanda di atas terjadi pada diri anda, maka segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Makanan Penurun Darah Tinggi

Bagi anda yang saat ini mengalami hipertensi atau darah tinggi, maka anda dapat menurunkannya dengan cara yang cukup mudah. cara tersebut berhubungan dengan aneka jenis makanan penurun darah tinggi yang akan dijelaskan di bawah ini.

Perlu anda tahu bahwa masing-masing makanan memiliki kandungan nutrisi yang tidak sama. Beberapa jenis makanan banyak memiliki kandungan nutrisi yang dapat menaikan tekanan darah sehingga jenis makanan seperti ini sangat pas dikonsumsi oleh mereka yang memiliki tekanan darah rendah. Tapi sebagian makanan lainnya adalah makanan yang mengandung banyak zat yang bisa menjadi penurun darah tinggi, nah jenis makanan inilah yang perlu anda konsumsi.

Baca juga: Makanan Penambah Darah yang Perlu Dikonsumsi

Dengan mengkonsumsi makanan-makanan penurun darah tinggi maka hal itu akan membantu anda untuk secepat mungkin menormalkan kembali tekanan darah. Makanan penurun darah tinggi yang dimaksud adalah:

1. Aneka jenis sayuran

makanan sayur penurun darah tinggi

sayuran hijau untuk menurunkan darah tinggi

Manfaat sayuran, terutama jenis sayuran hijau bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, termasuk juga untuk menurunkan tekanan darah.

Ada beberapa jenis sayuran yang bisa anda konsumsi sebagai penurun tekanan darah, yaitu:

  • Seledri: di dalam seledri terkandung kalsium dan kalium dalam jumlah yang banyak. Kandungan ini dapat membuat tekanan darah yang tadinya tinggi menjadi rendah. Untuk itu, anda dapat mengkonsumsi sayuran yang satu ini untuk menurunkan tekanan darah anda.
  • Buncis: anda dapat menggunakan sayuran yang satu ini untuk menurunkan tekanan darah anda. di dalam buncis terkandung aneka vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah;
  • Bayam: di dalam bayam terkandung kalium dalam jumlah yang cukup banyak. Kalium ini dapat menurunkan tekanan darah yang berlebih atau hipertensi;
  • Bawang putih: salah satu fungsi dari bawang putih adalah untuk mencegah terjadinya pembekuan pada darah. Selain itu, fungsi lain dari bawang yang satu ini adalah untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada jantung. Dengan begitu secara otomatis bawang putih pun dapat menurunkan hipertensi pada diri seseorang. (baca: Manfaat Bawang Putih yang Telah Terbukti Ilmiah)
  • Kentang: jenis sayuran yang lainnya yang bisa digunakan untuk menurunkan hipertensi adalah kentang. Selain kaya akan karbohidrat, kentang juga memiliki kandungan potasium dan magnesium. Kedua senyawa tersebut terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi;
  • Kedelai: kedelai memiliki kandungan yang hampir sama dengan kentang, yaitu terdapat senyawa potasium dan magnesium. Dengan begitu, jenis kacang-kacangan ini pun dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah.

2. Buah-buahan

makanan buah penurun darah tinggi

buah-buahan penurun darah tinggi

Ada banyak sekali jenis buah yang ada di sekitar kita. dari sekian banyaknya jenis buah yang ada di sekitar kita, beberapa jenis buah-buahan tertentu dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi. diantara buah penurun darah tinggi adalah:

  • Alpukat: bukan hanya rasanya yang segar saat dibuat jus, tapi buah yang satu ini juga dapat menurunkan tekanan darah. Alpukan memiliki kandungan serat, vitamin E, vitamin C, dan juga kalsium. Senyawa-senyawa di atas sangat baik jika dikonsumsi oleh penderita hipertensi;
  • Mengkudu: meskipun rasanya kurang enak tapi buah yang satu ini sudah sangat terkenal untuk mengobati berbagai penyakit. Diantara penyakit yang bisa diatasi dengan buah mengkudu ini adalah hipertensi.
  • Melon: sudah menjadi rahasia banyak orang bahwa buah yang satu ini sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal itu karena di dalam melon terkandung potasium dalam jumlah yang banyak;
  • Blewah: sama seperti melon, di dalam buah blewah juga terkandung senyawa potasium dalam jumlah yang banyak. Senyawa ini mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  • Tomat: buah berwarna merah ini ternyata memiliki banyak kahsiat, diantaranya adalah sebagai penurun tekanan darah tinggi. di dalam tomat terkandung vitamin C dalam jumlah yang banyak. Selain itu, buah yang satu ini juga mengandung kalium dan kalsium yang sangat baik untuk menormalkan tekanan darah;
  • Pisang: siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? buah berwarna kuning dan lunak ini bukan hanya baik sebagai penambah tinggi badan tapi juga dapat digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi. hal itu karena buah yang satu ini mengandung magnesium dan potasium yang mampu menormalkan kembali tekanan darah dalam tubuh;
  • Jeruk: bukan hanya berguna untuk menurunkan berat badan saja, buah yang satu ini juga dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah. Hal itu karena buah yang satu ini kaya akan vitamin C dan kalsium yang sangat baik untuk nutrisi tubuh; (Baca: Inilah Manfaat Jeruk Lemon yang Telah Terbukti Ilmiah)
  • Kiwi: di dalam buah kiwi terkandung serat dan kalsium dalam jumlah yang banyak. Senyawa ini pun mampu untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Aneka jenis makanan yang lain

makanan penurun darah tinggi

makanan sehat penurun darah tinggi

Selain dari buah-buahan dan sayur-sayuran, ada jenis makanan lain yang bisa digunakan sebagai penurun tekanan darah. Jenis makanan tersebut adalah makanan olahan yang sudah terbukti bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. diantara jenis makanan penurun darah tinggi adalah:

  • Yoghurt: khasiat yoghurt bagi kesehatan tidak diragukan lagi. sebagai makanan dari olahan susu, yoghurt mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh, seperti magnesium, kalsium, dan kalium. Inilah yang membuat yoghurt sebagai salah satu makanan penurun tekanan darah tinggi;
  • Susu skim: susu skim memiliki kandungan vitamin D dan kalsium dalam jumlah yang banyak. Senyawa ini mampu untuk menurunkan tekanan darah seseorang;
  • Cokelat: selain rasanya yang enak, cokelat juga memiliki antioksidan yang tinggi. antioksidan inilah yang dapat digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. anda hanya perlu mengkonsumsi cokelat pahit murni secara rutin maka dalam waktu tertentu tekanan darah anda pun akan turun;
  • Ikan salmon: manfaat ikan salmon bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. diantara manfaatnya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Itulah sebabnya ikan yang satu ini banyak dimanfaatkan sebagai minyak ikan;
  • Oatmeal: mengkonsumsi makanan olahan gandum ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi;
  • Minyak zaitun: kandungan antioksidan yang tinggi yang terdapat pada minyak zaitun dapat digunakan untuk menjaga tekanan darah. Selain itu, minyak yang satu ini pun berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Kebanyakan aneka jenis makanan penurun darah tinggi di atas terdapat di sekitar kita. Hal itu akan sangat memudahkan bagi anda yang saat ini memiliki keluhan hipertensi. Dengan mengonsumsi aneka makanan penurun darah tinggi di atas, maka secara otomatis tekanan darah pun dapat dikontrol dan dinormalkan kembali.

Itulah pembahasan tentang aneka jenis makanan penurun darah tinggi. semoga bermanfaat.

Posting Aneka Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: