7 Langkah Cara Cuci Tangan Menurut WHO

No comment 31 views

Mencuci tangan itu mudah anakku!!, kata seorang ibu kepada anaknya. Terdapat berbagai jenis kuman ditelapak tangan manusia, menurut penelitian kuman pada keyboard komputer lebih banyak daripada kuman pada tempat duduk toilet, artinya tangan lebih banyak berinteraksi dengan kuman dibandingkan anggota tubuh lainnya.

Kebiasaan mencuci tangan sangat penting untuk di terapkan oleh keluarga agar keluarga kita terhindar dari berbagai macam penyakit yang disebabkan oleh kuman tersebut. Keluarga kecil kami melakukannya dan anak kami yang berumur 2 tahun selalu meminta cuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bermain ataupun mau tidur atau kapanpun ketika diya merasa tangannya sudah kotor dan perlu dicuci, terlepas ia mencucinya dengan bermain air kami sudah sangat senang melihat perkembangannya yang selalu ingin bersih.

Pada dasarnya mencuci tangan bukan hanya sekedar membasahi tangan saja, namun juga harus kita ketahui bagaimana cara mencuci tangan dengan benar. Mengapa kita harus cuci tangan dengan benar?? Karena kuman tidak mudah mati atau hilang jika hanya dengan membasahi tangan dengan air saja, ingat kuman sangat mudah untuk berkembang biak. Oleh karena itu ikutilah 7 langkah mencuci tangan dengan benar menurut WHO sebagai berikut:

  1. Gosok kedua telapak tangan bersama menggunakan sabun anti bakteri
  2. Gosok punggung tangan keduanya
  3. Buka telapak tangan kemudian gosok selah jari jari satu persatu
  4. Kemudian balikkan telapak tangan besikan sela – sela punggung jari jemari bergantian.
  5. Gosok ibu jari dengan cara melingkar satu arah mengikuti daerah antara jari telunjuk dan ibu jari lakukan bergantian kepada kedua tangan.
  6. Gosok ujung jari pada telapak tangan dan lakukan bergantian pada kedua tangan
  7. Gosok pergelangan tangan secara berputar lakukan juga pada keduanya

Selesai…. kemudian bilaslah dengan air yang mengalir.

handwasing

Jika belum jelas lihat kembali pada gambar. Mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri berbentuk batang ataupun cair sangat dianjurkan. Tidak dianjurkan menggunakan sabun cuci karena sifatnya yang keras terhadap kulit.

Mari ubah gaya hidup kita menjadi gaya hidup sehat. Demi generasi yang lebih baik mari kita mulai dari hal yang terkecil dan saat ini juga,, selamat mencoba…:)

Posting 7 Langkah Cara Cuci Tangan Menurut WHO ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: