3 Cara Penting Mengatasi Insomnia Agar Tidur Nyenyak

Beberapa hal yang Anda lakukan untuk mengatasi insomnia sebenarnya bisa membuat masalah lebih buruk. Misalnya, jika Anda menggunakan pil tidur atau alkohol untuk tertidur, ini akan mengganggu tidur Anda bahkan lebih dalam jangka panjang. Atau jika Anda minum berlebihan kopi di siang hari, maka akan lebih sulit untuk tertidur dimalam hari. Seringkali, mengubah kebiasaan yang dapat membuat sulit tidur sudah cukup untuk mengatasi insomnia sampai pada akarnya. Mungkin butuh beberapa hari bagi tubuh Anda terbiasa dengan perubahan tersebut, tetapi sekali Anda melakukannya, Anda akan tidur lebih baik.

berikut 3 Cara Penting Mengatasi Insomnia Agar Tidur Nyenyak, yaitu:

Menggunakan jam tidur harian anda untuk mengidentifikasi kebiasaan susah tidur.

Coba lihat apakah beberapa kebiasaan berikut yang dapat memicu insomnia masih belum anda tinggalakan. Mungkin kebiasaan harian Anda mempengaruhi tidur Anda lebih dari yang Anda sadari. Atau mungkin Anda belum tahu bahwasannya menonton TV atau browsing internet terlalu larut akan membuat anda kesulitan tidur. Dengan melihat jam tidur harian anda sangat berermanfaat untuk menentukan kebiasaan dan perilaku apa yang membuat insomnia Anda bertambah parah.

catatan:
Yang harus Anda lakukan adalah menuliskan rincian harian tentang kebiasaan Anda siang hari, rutinitas tidur, dan gejala insomnia. Misalnya, Anda dapat melacak ketika Anda pergi tidur dan ketika Anda bangun, di mana Anda jatuh tertidur, apa yang Anda makan dan minum, dan setiap peristiwa stres yang terjadi pada siang hari.

Membuat kebiasaan baru untuk membantu Anda dapat tidur

Pastikan kamar tidur Anda tenang, gelap, dan dingin. Kebisingan, cahaya, dan panas dapat mengganggu tidur. Coba gunakan penutup telinga untuk menyembunyikan kebisingan luar, jendela yang terbuka atau kipas untuk menjaga kamar dingin, padamkan semuaa lampu atau gunakan masker tidur untuk menghalangi cahaya.

Tetap berpegang pada jadwal tidur yang teratur. Mendukung jam biologis Anda dengan pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan, bahkan jika Anda lelah. Ini akan membantu Anda mendapatkan kembali ritme tidur yang teratur.
Hindari tidur siang. Tidur siang terlalu lama dapat membuat lebih sulit untuk tidur di malam hari. Jika Anda merasa seperti Anda harus tidur siang, batasi untuk 30 menit saja.
.

Hindari merangsang aktivitas dan situasi stres sebelum tidur ini termasuk olahraga berat; diskusi besar atau debat; menonton TV, komputer, atau menggunakan video game. Sebaliknya, fokus untuk tenang, kegiatan menenangkan, seperti membaca, merajut, atau mendengarkan musik lembut, dengan menggunakan lampu redup.

Batasi kafein, alkohol, dan nikotin. Berhenti minum minuman berkafein setidaknya delapan jam sebelum tidur. Hindari minum alkohol di malam hari; sedangkan alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, mengganggu kualitas tidur Anda. Berhenti merokok atau menghindari itu di malam hari, karena nikotin adalah stimulan untuk tidak tidur.

Mempersiapkan otak Anda untuk tidur
sleeping
Otak Anda menghasilkan hormon melatonin untuk membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda. Sebagai melatonin dikendalikan oleh paparan cahaya, cahaya alami tidak cukup di siang hari dapat membuat otak Anda merasa mengantuk, sementara terlalu banyak cahaya buatan pada malam hari dapat menekan produksi melatonin dan membuat lebih sulit untuk tidur. Untuk membantu secara alami mengatur siklus tidur-bangun dan mempersiapkan otak Anda untuk tidur:

Meningkatkan paparan cahaya siang hari. Ambil istirahat luar di bawah sinar matahari, kacamata hitam keluarkan ketika itu aman untuk melakukannya, dan terbuka tirai dan tirai di siang hari. Batasi cahaya buatan pada malam hari. Untuk meningkatkan produksi melatonin, gunakan lampu rendah-watt, jendela penutup di kamar tidur Anda, menghindari cahaya terang dan mematikan televisi, smartphone, dan layar komputer setidaknya satu jam sebelum tidur. Jika Anda tidak dapat membuat gelap kamar tidur Anda cukup, coba gunakan masker tidur.

Demikianlah beberapa cara untuk mengatasi insomnia anda, jika ada hal yang kurang bisa anda sampaikan pada komentar, atau bergabunglah pada forum kami, terima kasih, selamat mencoba!!

Posting 3 Cara Penting Mengatasi Insomnia Agar Tidur Nyenyak ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: