3 Cara Memutihkan Kulit, Efektif dan Aman

No comment 62 views

Kebanyakan wanita ingin selalu tampak cantik dengan kulit yang putih, cerah dan sehat. Berbagai macam cara memutihkan kulit mungkin telah dilakukan, namun banyak juga yang tidak berhasil bahkan menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu di sini saya akan berbagi kepada sobat sekalian tips bagaimana cara memutihkan kulit dengan efektif dan aman. Mulai dari melakukan perawatan kulit sehari-hari yang dapat dilakukan sendiri di rumah, menggunakan produk pemutih, hingga menggunakan bahan-bahan alami atau tradisional yang akan dijelaskan nanti.

1. Cara Memutihkan Kulit dengan Perawatan Sehari-hari

Gunakan tabir surya setiap hari. Tahukah Anda bahwa paparan sinar matahari langsung pada kulit dapat menimbulkan banyak masalah pada kulit, mulai dari kemerahan, menjadi hitam bahkan dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Maka dari itu, gunakanlah selalu tabir surya dengan nilai Sun Protection Factor (SPF) yang tinggi. Tidak hanya di luar ruangan yang memang tersengat matahari secara langsung, tetapi juga dalam ruangan di mana cahaya matahari masih bisa masuk.

Selain tabir surya, kulit juga dapat terlindungi ketika kita memakai baju lengan panjang, mengenakan topi dan kacamata hitam ketika berada di bawah sinar matahari untuk jangka waktu yang lama.

Bersihkan Kulit Secara Teratur. Membersihkan kulit yang mudah dilakukan adalah dengan cara mencuci wajah, cucilah wajah Anda dua kali sehari, pagi hari dan malam hari. Hal ini penting untuk menghilangkan kotoran dan minyak, sehingga kulit terlihat bersih dan sehat.

Di samping itu, kulit juga perlu dilembabkan dengan produk yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak atau kulit sensitif, maka gunakanlah lotion secara tipis-tipis, sedangkan bagi mereka yang memiliki kulit yang sangat kering bisa menggunakan losion dengan olesan yang lebih tebal.

Cukup Minum dan Makanan Sehat. Minum cukup air dan makanan yang sehat tidak serta merta membuat kulit menjadi putih, tetapi ini akan membantu kulit untuk meremajakan diri lebih optimal dan cepat.

Ketika kulit memperbaharui diri, maka lapisan berpigmen (kulit hitam) akan lebih cepat memudar dan diganti dengan kulit baru yang lebih cerah dan sehat. Minum lebih banyak air mempercepat proses ini, sehingga Anda perlu minum antara enam sampai delapan gelas sehari.

Diet (makanan) yang sehat juga membantu untuk menjaga kulit terlihat segar, lebih cerah dan sehat dengan mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan. Makanlah lebih banyak buah dan sayuran (terutama yang mengandung vitamin A, C dan E) hidari produk olahan dan makanan berkalori tinggi.

Berhenti merokok. Semua orang tahu bahwa merokok memiliki efek buruk bagi kesehatan, tetapi tidak semua orang menyadari bahwa rokok juga dapat merusak kulit. Hal ini terjadi karena proses penuaan dini yang lebih cepat. Rokok juga mencegah aliran darah ke wajah sehingga menyebabkannya menjadi pucat.

2. Menggunakan Produk Pemutih Kulit

Krim Pemutih Kulit. Ada banyak pilihan produk pemutih wajah berupa krim, yang semuanya memiliki prinsip memutihkan kulit dengan cara mengurangi melanin pada kulit. Saya tidak akan menyebutkan merek tertentu, tapi pilihlah produk yang mengandung bahan pemutih kulit yang efektif seperti asam kojic, asam glikolat, asam alpha hydroxy, vitamin C atau arbutin.

Produk-produk ini cenderung cukup aman untuk digunakan, tetapi pastikan untuk mengikuti petunjuk pada kemasan dan berhenti segera jika kulit memiliki reaksi yang buruk seperti rasa panas, kemerahan, dan gatal.

( ! ) Jangan menggunakan krim pemutih kulit yang mengandung merkuri. Karena ini bisa menyebabkan kanker.

Menggunakan Retinoid. Krim retinoid yang terbuat dari Vitamin A dapat dengan efektif mencerahkan kulit dan memutihkan kulit melalui pengelupasan kulit dan mempercepat pergantian sel.

Selain itu retinoid juga sangat efektif menghaluskan garis-garis halus dan kerutan, membuat kulit tampak lebih cerah dan lebih muda. Pada konsentrasi yang lebih tinggi, juga dapat membantu membersihkan jerawat.

Namun harus hati-hati, krim retinoid dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan dan mengelupas pada saat awal menggunakannya, tetapi gejala ini akan hilang setelah kulit terbiasa. Retinoid juga membuat kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari, sehingga harus digunakan pada malam hari dan pastikan mencucinya dengan bersih pada pagi hari dan gunakan tabir surya di siang hari.

Retinoid dapat diperoleh hanya dengan resep dokter!

Chemical peeling (di klinik kecantikan). Cara ini terbukti effektif dengan cepat memutihkan kulit dan membuatnya cerah dan sehat. Cara kerjanya yaitu dengan mengangkat lapisan kulit atas dan sel-sel kulit yang mati sehingga meninggalkan kulit yang baru yang lebih sehat dan cerah.

Prosedur ini menggunakan zat asam (seperti alpha hydroxy acid) diterapkan pada kulit selama 5 sampai 10 menit. Akan menimbulkan sensasi kesemutan, pedih atau rasa panas pada kulit, hal ini seringkali menimbulkan kulit tampak kemerahan atau bengkak selama beberapa hari sesudahnya.

Microdermabrasion (di klinik kecantikan). Mikrodermabrasi adalah pilihan alternatif yang baik bagi mereka yang kulitnya sensitif terhadap zat asam dan krim seperti telah disebutkan sebelumnya. Prosedur ini akan mengoles kulit dengan sikat mikro untuk menghilangkan kusam, lapisan kulit yang hitam dan meninggalkan kulit yang lebih cerah dan segar.

3. Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami (Tradisional)

Jus lemon. Asam sitrat dalam jus lemon dapat bermanfaat sebagai pemutih kulit alami yang mungkin bisa digunakan membantu mencerahkan kulit. Berikut cara membuatnya dan menggunakannya:

Peras belahan jeruk ke dalam setengah gelas air bersih. Celupkan bola kapas dalam cairan lalu usapkan pada wajah, atau kulit mana pun yang ingin diputihkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit. Jangan terpapar sinar matahari ketika menggunakan jus lemon pada wajah.

cara memutihkan kulit

Bilas dengan air bersih dan gunakan pelembab untuk mengurangi efek pengeringan kulit karena jus lemon. Ulangi perawatan ini 2 sampai 3 kali seminggu (tidak lebih) untuk hasil terbaik.

Kunyit. Kunyit adalah rempah-rempah yang telah digunakan selama ribuan tahun yang lalu sebagai salah satu tanaman obat yang juga dapat digunakan untuk memutihkan kulit. Kunyit diyakini menghambat produksi melanin, sehingga mencegah kulit berubah warna menjadi gelap.

Campur kunyit dengan beberapa tetes minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada kulit dengan menggunakan gerakan melingkar lembut. Cara ini akan membantu mengelupaskan kulit. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas. Ulangi perawatan ini sekali atau dua kali seminggu untuk hasil terbaik.

Kentang. Kentang mentah diyakini dapat memutihkan kulit, karena kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C digunakan sebagai bahan pencerah dalam banyak krim pemutih.

Cukup memotong kentang mentah di setengah, kemudian gosokkan daging kentang pada kulit yang ingin dicerahkan. Biarkan selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas. Ulangi perawatan ini beberapa kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik. Kalau tidak ada kentang Anda bisa menggunakan tomat atau mentimun, karena keduanya juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Lidah buaya. Jeli Lidah buaya merupakan zat yang dapat membantu untuk, melembabkan kulit, mencerahkan dan memudarkan warna gelap pada kulit serta membantu peremajaan kulit. Ambil satu satu batang lidah buaya lalu patahkan dan oleskan getahnya yang berbentuk seperti gel pada kulit. Karena lidah buaya sangat lembut sehingga tidak perlu bilas, namun Anda dapat memilih untuk membilasnya jika itu membuat kulit terasa lengket.

Air kelapa. Beberapa orang mengklaim bahwa air kelapa merupakan pemutih kulit yang efektif dan juga membuat kulit kenyal dan halus.

Untuk menggunakannya, cukup celupkan bola kapas dalam air kelapa dan gosokkan pada kulit. Air kelapa sangat alami dan lembut, sehingga tidak perlu untuk bilas. Anda juga bisa minum air kelapa untuk meningkatkan hidrasi dan meningkatkan asupan beberapa mineral penting.

Pepaya. Selain memiliki banyak manfaat kesehatan tubuh secara keseluruhan, menurut beberapa ahli kulit, pepaya juga dapat digunakan untuk mengencangkan dan mencerahkan kulit. Karena buah pepaya kaya akan Vitamin, A, E, dan C, pepaya juga mengandung asam alpha-hydroxy (AHA), anti-penuaan kulit.

Potong pepaya menjadi setengah, kemudian buang bijinya. Tambahkan setengah cangkir air lalu haluskan pepaya. Tempatkan daging buah pepaya yang sudah halus dalam wadah kecil. Simpan dalam lemari es. Oleskan pada kulit tiga kali seminggu untuk hasil terbaik.

Melalui 3 cara di atas saya berharap Anda berhasil memutihkan kulit dan menjadikannya sehat dan tampak lebih muda tanpa efek samping yang berarti.

Posting 3 Cara Memutihkan Kulit, Efektif dan Aman ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: