16 Penyebab Badan Kurus dan Cara Ampuh Mengatasinya

Bagi yang memiliki tubuh kurus tentu ada rasa penasaran apa penyebab badan kurus yang sedang dialaminya. Ya, jika ingin menambah berat badan supaya tidak kurus lagi, maka mau tidak mau kita harus tahu penyebabnya sehingga kita bisa mengatasinya dengan efektif.

Kurus merupakan kondisi badan dimana postur tubuh tidak sesuai dengan standar kesehatan. Berbeda dengan langsing. Jika kurus adalah berat tubuh dibawah standar tapi langsing merupakan berat badan seseorang yang ideal atau proporsional.

penyebab badan kurus

Badan langsing inilah yang banyak dicari oleh orang. Tak heran berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan badan langsing. Akan tetapi ketika ada sebagian orang yang sudah berusaha untuk menurunkan berat badannya, disisi lain ternyata ada orang yang berusaha keras untuk menambah berat badannya. Hal itu karena mereka memiliki badan kurus.

Badan yang terlalu kurus memang dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Salah satu masalah yang sering muncul akibat badan terlalu kurus adalah mudah capek atau mudah lelah, lebih rentan terkena penyakit, dan lain-lain. Terlebih lagi kondisi ini akan membuat seseorang merasa minder atau tidak PeDe.

Kenali Penyebab Badan Kurus Anda

Secara umum penyebab badan kurus pada seseorang adalah akibat kurangnya asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh tidak bisa tumbuh sebagaimana mestinya. Meskipun begitu ada penyebab-penyebab lain di luar itu yang membuat badan seseorang menjadi kurus, yaitu:

1. Masalah psikologis

Beberapa orang ternyata memiliki permasalahan psikologis yang membuat badannya menjadi kurus. Diantara masalah psikologis yang sering muncul pada diri seseorang adalah yang disebut dengan gangguan anoreksia, yaitu keputusan seseorang untuk mengkonsumsi makan sedikit.

Kondisi ini disebabkan karena seseorang teropsepsi untuk memiliki tubuh yang kecil. Akibatnya asupan nutrisi ke tubuh pun tidak dapat terpenuhi dengan baik. Masalah psikologis yang lainnya adalah yang dinamakan dengan gangguan bulimia, yaitu seseorang yang memuntahkan lagi terhadap makanan yang sudah dia makan.

2. Salah memilih menu makanan

Orang-orang yang tidak memperhatikan gizi terhadap makanan yang dia konsumsi akan membuat tubuhnya mengalami kekurangan nutrisi. Hal ini juga mengakibatkan kurusnya badan seseorang.

3. Turunnya nafsu makan

Tentu saja kondisi ini bisa menjadi penyebab badan kurus, karena akan membuat seseorang malas makan dan dapat mengurangi jumlah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Gangguan kesehatan

Beberapa gangguan kesehatan seperti diare dapat menyebabkan badan menjadi kurus. Hal ini disebabkan tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dengan baik sehingga meskipun asupan nutrisi cukup tapi tidak bisa terserap oleh tubuh.

5. Terlalu banyak aktivitas

Seseorang yang memiliki aktivitas padat dan tidak diimbangi dengan konsumsi makanan yang cukup akan membuat badannya kurus. Ini karena antara jumlah energi yang keluar dengan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tidak seimbang.

6. Pola makan yang tidak teratur

Sebagian orang memiliki pola makan yang tidak teratur. Misalnya terkadang sarapan jam 8 pagi, kadang jam 10 pagi, atau bahkan sama sekali tidak sarapan. Hal ini jika dibiarkan terus menerus maka akan menjadi penyebab badan kurus meskipun ketika bertemu makanan akan dikonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Tapi pola makan yang tidak teratur inilah yang membuat badannya kurus.

7. Terlalu cepatnya proses metabolisme yang terjadi di dalam tubuh

Orang-orang yang mengalami proses metabolisme terlalu cepat akan membuat badannya menjadi kurus. Hal ini karena banyaknya nutrisi yang terbuang ke luar sehingga asupan nutrisi untuk tubuh justru menjadi berkurang.

8. Gangguan hormon

Beberapa orang yang mengalami gangguan hormon seperti hipertiroid akan membuat badannya menjadi kurus.

9. Genetik

Selain dari beberapa penyebab badan kurus di atas, ada juga orang dengan tubuh kurus disebabkan oleh faktor genetik, yaitu salah satu orang tuanya atau keduanya memiliki tubuh yang kurus sehingga akan menurunkan anak dengan tubuh yang kurus juga.

Dari beberapa sebab badan kurus di atas, sebagian dapat dihindari dan sebagian lagi tidak dapat dihindari. Meskipun begitu, bagi anda yang memiliki badan kurus tidak perlu hawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menaikan berat badan anda.

Cara mengatasi badan kurus

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi badan kurus dan menaikkan berat badan, diantaranya adalah:

1. Mengubah pola makan yang sehat

Ini adalah kebalikan dari penyebab badan kurus di atas. Jika anda ingin memiliki tubuh yang porposional, maka ubahlah pola makan anda menjadi pola makan yang sehat. Pemilihan makanan yang sehat dan bergizi adalah salah satu contoh yang bisa anda ikuti. Anda dapat menggunakan pola makan empat sehat lima sempurna, yaitu harus mencakup karbohidrat, protein, vitamin, mineral, lemak, dan juga serat.

2. Cukupi kebutuhan karbohidrat

Karbohidrat adalah salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi. Jika anda memiliki aktivitas yang padat, maka anda perlu mencukupi kebutuhan karbohidratnya. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang kaya dengan zat karbohidrat seperti nasi, roti, gandum, sereal, dan lain sebagainya. Penuhi juga kebutuhan buah dan sayuran agar tubuh menjadi segar.

3. Mengkonsumsi makanan tinggi protein

Seperti yang pernah kita pelajari bahwa kegunaan protein adalah sebagai zat pembangun. Jika anda mengkonsumsi makanan seperti telur, dada ayam tanpa kulit, dan lain sebagainya, maka hal itu dapat membangun otot-otot anda menjadi kuat.

4. Olahraga

Anggapan yang meyakini bahwa olahraga tidak dapat menaikan berat badan. Anggapan seperti ini adalah anggapan yang salah. Ada banyak sekali kegunaan dari olahraga itu, dan yang pasti bahwa olahraga dapat membuat tubuh menjadi sehat. Inilah yang menjadikan berat tubuh seseorang ideal. Jadi jika ingin menaikan berat badan, jangan ragu-ragu untuk rutin berolahraga.

5. Perbanyak minum air

Air memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. 70% lebih tubuh kita terdiri dari air. Untuk itu, jika seseorang kekurangan air putih maka tubuhnya akan kurus kering. Paling tidak seseorang mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas setiap harinya. Dengan konsumsi air putih yang cukup maka proses normal di dalam tubuh pun akan terjaga dengan baik.

6. Menambah jumlah kalori

Salah satu kegunaan kalori adalah untuk pembakaran di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kalori yang cukup maka berat badan pun akan meningkat. Jika setiap hari anda sarapan dengan sepiring nasi dan segelas air, maka anda dapat mengganti air tersebut dengan susu. Kadar kalori dalam susu lebih banyak dibandingkan dengan jumlah kalori di dalam air putih. Begitu juga saat ngemil. Pilihlah makanan-makanan seperti kacang-kacangan, selai, kraker, dan lain sebagainya dapat menjadi makanan pilihan untuk ngemil karena makanan-makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi.

7. Suplemen

Tidak ada salahnya jika anda mengkonsumsi suplemen penggemuk badan yang di jual di pasaran. Saat ini ada banyak jenis suplemen yang bisa kita dapatkan di apotek-apotek terdekat, baik yang berbentuk susu, madu, vitamin, pil, kapsul, dan lain sebagainya. tapi yang harus anda ingat adalah pastikan bahwa suplemen yang anda konsumsi adalah suplemen yang aman.

Untuk mengetahui keamanannya, anda dapat mengeceknya di label terdaftar. Jika suplemen tersebut sudah terdaftar di BPOM maka sudah bisa dipastikan suplemen tersebut aman. Cara lain yang bisa anda lakukan adalah dengan berkonsultasi kepada dokter. Ini adalah cara yang paling baik karena dokter akan memberikan dosis yang paling pas untuk tubuh anda.

Setelah mengetahui apa penyebab badan kurus dan bagaimana cara mengatasinya, maka kini saatnya anda mewujudkan impian untuk menaikan berat badan.

Dengan memiliki tubuh yang porposional, maka anda akan lebih kuat dalam beraktivitas. Selain itu, tubuh yang porposional juga sangat baik untuk kesehatan.

Demikianlah pembahasan tentang penyebab badan kurus dan cara mengatasinya. Semoga bermanfaat.

Posting 16 Penyebab Badan Kurus dan Cara Ampuh Mengatasinya ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: