14 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

No comment 72 views

Suatu fenomena yang kerap terjadi pada anak-anak, yaitu susah makan. Jika anak susah makan, makan apapun tidak mau, serba salah, hanya ingin makan satu jenis makanan saja atau bahkan tidak ingin makan sama sekali. Berbagai cara mengatasi anak susah makan pun telah dilakukan, namun kenapa tak berhasil juga.

Jika kondisinya demikian, maka perlu evaluasi jangan-jangan cara yang bunda terapkan kurang tepat sehingga perlu perbaikan. Berikut kami sajikan beberpa tips mengatasi anak susah makan.

14 Tips Mengatasi Anak Susah Makan

  1. Ketika anak susah makan ibarat di medan perang

Kebanyakan orang tua, dalam memberikan makan kepada anak ibarat seperti sedang dalam pertempuran di medan perang “GALAK”, terkadang cukup sulit mengajak anak untuk makan. Maka kita sebagai orang tua harus tetap sabar dan konsisten dalam mengajak dan memberikan makan anak. JANGAN MEMBUAT ANAK TRAUMA UNTUK MAKAN..

  1. Jangan sepelekan jika anak susah makan

Apabila berat badan mereka turun secara dramatis dan tidak berkembang karena susah makan maka mereka harus mendapatkan gizi yang diperlukan. sebagai orang tua, agar anak dapat makan dengan baik sesuai gizi dan umurnya maka orang tua harus bertekad dengan kuat, agar mereka tidak akan kelaparan. Memiliki aturan makan bersama

Buat persetujuan dengan pasangan anda tentang aturan makan, sehingga anak tidak bingung menerima pesan tentang kebiasaan makan bersama.

  1. Buatlah makanan yang sehat dan tepat waktu

Tips mengatasi anak susah makan selanjutya yaitu memberi mereka makanan ringan yang sehat dan minum, pada waktu yang telah ditetapkan. dampingi anak-anak anda makan secara rutin dengan penuh perhatian, sehingga ia tidak terlepas dari anda. Jika anda mengatakan jam makan malam pukul 20.00, maka tepatilah pukul 20.00 tersebut, bukan pukul 21.00.

  1. Bereksperimen

Buatlah makanan yang bervariasi, sehingga mereka mendapatkan gizi yang seimbang. Dan jika anda memberi makanan yang baru dan mereka tidak menyukainya maka janganlah hal tersebut membuat anda marah. Cobalah lagi di waktu yang lain.susah makan

  1. Libatkan mereka

Buatlah pizza bersama sama dengan anak Anda. Untuk meningkatkan asupan gizi yang bersumber dari sayuran dan buah-buahan maka libatkan lah mereka dalam memilih topping dari sayuran yang tersedia. Setelah makanan yang dibuat bersama dengan anak sudah jadi, maka anak biasanya akan bersemangat mencicipi hasil kerja kerasnya.

  1. No Televisi saat makan!

Selalu ciptakan suasana tenang dan nyaman saat makan, makanlah di atas meja tanpa televisi dan radio dan jauh dari lalu lalang orang-orang lewat

  1. Berikan batasan untuk porsi makan anak

Berikan makanan pada anak sesuai porsinya jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit. Jumlah yang biasanya dimakan oleh anak itulah porsinya.

  1. Tetap tenang

Jika anda terlihat stres dalam memberinya makan, maka mereka mungkin menolak semua makanan yang anda berikan. Maka untuk itu dinginkan lah kepala anda baru kemudian berilah kembali anak anda makan.

  1. Makan bersama

Makan bersama memberikan efek yang baik untuk sebuah keluarga, karena anak-anak cenderung dapat belajar dengan contoh dari apa yang mereka lihat. Mereka melihat bagaimana cara anda makan dan mengikutinya. Jika anda tidak sedang ingin makan bersama mereka maka duduklah dengannya. Berikan antusias anda dengan menyuapinya.

  1. Konsisten

Jangan membuat aturan makan dan kemudian anda menyerah untuk melakukannya sendiri. Jika anda katakan harus makan lima sendok lebih maka jangan bersikeras kepada anak hanya makan satu sendok saja. Hal ini menunjukkan kepada anak bahwa anda tidak konsisten.

  1. Jadilah kreatif

Buatlah jenis makanan tertenu dengan bentuk yang lucu dan bermacam-macam sehingga anak-anak menjadi tertarik dan tak pernah bosan. Dapat pula kita membuat donat dengan berbahan dasar wortel dan sayuran.

  1. Selamat bersenang-senang

Ajak anak anda makan dengan pengalaman yang menyenangkan. Anda dapat bercerita kepada anak ketika sedang memberikannya makan sehingga anak tidak sadar kalau sedang di suapi. Gunakan piring yang cerah, menarik.

  1. Pujilah dia

Jika mereka makan dengan baik, pujilah mereka. Jika mereka merasa yakin dan tahu bahwa Anda senang dengan mereka, mereka akan lebih mungkin untuk melakukannya lagi.

  1. Tekun

Anda mungkin merasa seperti kesulitan, tapi tetap harus anda jalani dengan sabar. Setelah beberapa minggu, Anda akan melihat perbedaannya yaitu anak menjadi lebih sehat bahkan berat badannya naik.

Demikianlah beberapa tips mengatasi anak susah makan, semoga bermanfaat.

Posting 14 Tips Mengatasi Anak Susah Makan ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: