13 Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya

No comment 45 views

Mungkin Anda sering mendengar istilah katarak, ya ini merupakan penyakit mata yang sering menyebabkan kebutaan. Pasalnya lensa yang seharusnya jernih menjadi keruh pada katarak. Apa penyebab katarak?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang penyebab katarak, terlebih dahulu ketahui jenis-jenis katarak, karena hal ini juga akan sesuai dengan penyebabnya:

  • Katarak subkapsular, kekeruhan terjadi di belakang lensa. Orang dengan diabetes atau mereka yang memakai dosis tinggi obat steroid memiliki risiko lebih besar terkena katarak subkapsular.
  • Katarak nuklear, kekeruhan yang terjadi pada lensa mata bagian tengah atau zona pusat (inti) dari lensa. Katarak nuklir biasanya terkait dengan penuaan.
  • Katarak kortikal, kekeruhan pada lensa terjadi pada tepi-tepi atau pinggiran lensa lama-lama kekeruhan mengarah ke pusat.

penyebab katarak

penglihatan mata katarak

Orang yang mengalami katarak awal mula hanya merasakan bahwa penglihatannya buram seperti berawan, hal ini akan berlanjut terus, namun lama kelamaan buram semakin menjadi, tidak bisa melihat objek, hanya bisa melihat cahaya, lalu ketika lensa menjadi sangat keruh akhirnya bisa menyebabkan kebutaan. Urutan-urutan ini bisa terjadi dalam jangka waktu yang lama, bertahun-tahun.

13 Penyebab Katarak yang Harus Anda Tahu

Lensa di dalam mata bekerja dengan cara yang mirip dengan lensa kamera, bahkan lebih kompleks lagi dari itu. Lensa membuat cahaya yang datang agar difokuskan ke retina untuk penglihatan yang jelas. Lensa secara fleksibel menyesuaikan fokus mata, membiarkan kita melihat sesuatu dengan jelas baik jarak dekat ataupun jarak jauh.

Lensa sebagian besar terbuat dari air dan protein. Protein yang ada dalam lensa diatur sedemikian rupa sehingga membuat lensa tampak jernih dan memungkinkan cahaya melewatinya dengan lancar.

Namun, seiring dengan proses penuaan, beberapa protein dapat mengumpul dan mulai membentuk warna seperti awan (keruh) pada lensa. Kekruhan ini adalah katarak, dan dari waktu ke waktu, kekeruhan akan semakin padat dan membuat penderitanya menjadi sulit untuk melihat bahkan mengalami kebutaan ketika tidak bisa melihat sama sekali.

Tidak ada yang tahu pasti mengapa lensa mata bisa menjadi keruh pada orang tua dan membentuk katarak. Namun para peneliti di seluruh dunia telah mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menjadi penyebab katarak atau berhubungan dengan perkembangan katarak.

Selain usia lanjut, faktor risiko penyebab katarak meliputi:

  • Radiasi ultraviolet dari sinar matahari dan sumber lain
  • Diabetes
  • Hipertensi
  • Kegemukan
  • Merokok
  • Penggunaan obat kortikosteroid dalam jangka panjang
  • Obat-obatan statin yang digunakan untuk menurunkan kolesterol
  • Cedera mata atau peradangan mata sebelumnya
  • Operasi mata sebelumnya
  • Terapi penggantian hormon
  • Konsumsi alkohol yang signifikan
  • Rabun jauh yang parah
  • Riwayat keluarga memiliki katarak

Penyebab Katarak Pada Bayi

Katarak tidak hanya terjadi pada orang tua, tetapi juga pada bayi atau yang dikenal dengan katarak kogenital. Kondisi ini paling sering disebabkan oleh infeksi virus rubella atau campak jerman yang terjadi pada ibu hamil selama kehamilannya.

katarak pada bayi

katarak pada bayi

Salah satu teori pembentukan katarak adalah bahwa banyak katarak disebabkan oleh perubahan oksidatif pada lensa mata. Hal ini didukung oleh penelitian gizi yang menunjukkan buah-buahan dan sayuran yang tinggi kadar antioksidan dapat membantu mencegah beberapa jenis katarak.

Bagaimana Mencegah Katarak?

Meskipun masaih menjadi kontroversi apakah katarak bisa dicegah, namun sejumlah studi menunjukkan nutrisi tertentu dan suplemen gizi dapat mengurangi risiko katarak.

Studi selama 10 tahun oleh profesional kesehatan menemukan bahwa asupan makanan tinggi vitamin E dan karotenoid lutein dan zeaxanthin dari makanan ataupun suplemen terbukti dapat menurunkan risiko katarak secara signifikan.

Sumber makanan yang baik dari vitamin E termasuk biji bunga matahari, almond dan bayam. Sumber yang baik dari lutein dan zeaxanthin termasuk bayam, kangkung dan sayuran berdaun hijau lainnya.

Penelitian lain menunjukkan vitamin berantioksidan tinggi seperti vitamin C dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dapat mengurangi risiko katarak.

Langkah lain sebagai pencegahan katarak adalah dengan memakai pelindung mata berupa kacamata hitam yang menghalangi 100 persen sinar UV matahari ketika Anda berada di luar ruangan.

Dengan mengetahui beberapa penyebab katarak di atas, semoga kita bisa berupaya untuk menghindarinya tentunya jangan lewatkan makanan kaya vitamin dengan antioksidan yang tinggi.

Posting 13 Penyebab Katarak dan Cara Mencegahnya ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: