11 Gejala Flu Tulang dan Cara Menanggulanginya

No comment 32 views

Beberapa tahun yang lalu masyarakat sempat dihebohkan dengan kemunculan penyakit yang disebut flu tulang. Istilahnya yang cukup asing membuat sebagian orang kurang mengerti dengan penyakit yang satu ini, apalagi mengenai gejala flu tulang.

Flu tulang adalah penyakit yang menyerang sistem persendian. Penyakit ini mirip dengan rematik, arthritis atau radang sendi. Disebut flu tulang karena gejala dari penyakit ini mirip dengan orang yang terkena flu biasa tapi diikuti dengan rasa sakit pada sistem persendian. Istilah lain dari flu tulang ini adalah chikungunya. Inilah istilah yang lebih populer dikalangan masyarakat dibandingkan dengan istilah-istilah sebelumnya.

ruam kulit gejala flu tulang

salah satu gejala flu tulang: ruam kulit

Apa Penyebab flu tulang?

Secara umum penyebab flu tulang adalah akibat dari gigitan nyamuk. Dua spesies nyamuk, yaitu nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang telah tertular virus lalu menggigit manusia, maka hal itu akan menyebabkan orang tersebut terkena flu tulang. Adapun virus yang ditularkan oleh kedua spesies nyamuk ini disebut dengan virus Parvovirus B19.

Nyamuk Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang sudah terjangkit oleh Parvovirus B19 akan terus menularkannya kepada manusia. Nyamuk ini akan beraktivitas pada pagi, siang, dan sore hari. tapi puncak dari aktivitas kedua spesies nyamuk tersebut adalah pada pagi hari. Untuk itulah, sangat tidak disarankan bagi kita untuk tidur dipagi hari. selain tidak baik untuk kesehatan, tidur di pagi hari juga rawan terhadap gigitan nyamuk Aedes aegypti yang juga menyebabkan demam berdarah. Baca juga: Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah dan Flu tulang

Ciri-ciri dan Gejala Flu Tulang

Ada beberapa gejala yang timbul akibat flu tulang, namun gejala tersebut tidak langsung terjadi pada si penderita. Gejala flu tulang akan terasa sekitar 4 – 12 hari setelah orang tersebut terkena gigitan nyamuk Aedes aegypti ataupun Aedes albopictus. Adapun gejala-gejala chikungunya atau flu tulang yang dimaskud diantaranya:

  1. Demam

4 hari setelah virus masuk ke dalam tubuh, maka orang tersebut akan mengalami demam yang cukup tinggi. demam ini datang secara tiba-tiba dan biasanya terjadi pada malam hari. untuk itu, jika gejala ini muncul pada diri anda atau orang-orang di sekitar anda, maka hal itu perlu diwaspadai.

  1. Terjadi ruam pada kulit

Ini termasuk gejala awal dari flu tulang. Pada bagian kaki dan tangan akan terdapat ruam pada kulitnya. Pada awalnya ruam ini tidak terassa sakit tapi jika ini sudah muncul pada bagian persendian maka sakit pun akan mulai terasa. Namun begitu, tidak semua orang mengalami gejala ini. tidak semua orang dengan flu tulang mengalami ruam pada kulitnya.

  1. Mual

Pada gejala-gejala awal, penderita akan merasakan mual-mual pada perutnya. Hal ini disebabkan adanya respon yang buruk dari tubuh sebagai akibat adanya infeksi virus Parvovirus B19. Kondisi ini bisa menjadi semakin parah jika penderita kekurangan cairan atau dehidrasi. Untuk itulah, konsumsi air putih yang cukup adalah solusi untuk mempertahankan tubuh dari infeksi virus Parvovirus B19.

  1. Muntah

Penyebab muntah adalah karena rasa mual yang berlebihan. Rasa mual yang berlebihan tersebut akibat dari penderita yang tidak mengkonsumsi makanan bergizi sehingga virus akan semakin cepat menginfeksi tubuh. Bagi orang lanjut usia dan penderita maag, kondisinya akan lebih parah lagi. untuk itu, terus konsumsi makanan bergizi untuk bertahan dari virus Parvovirus B19 ini.

  1. Nyeri tulang

Setelah merasakan demam yang cukup tinggi, maka penderita akan mengalami rasa sakit pada seluruh persendiannya. Persendian-persendian seperti lengan, lutut, punggung, dan beberapa persendian lainnya akan terasa sakit. Bahkan saking sakitnyabagian-bagian tersebut akan terasa sakit ketika disentuh dengan tangan.

  1. Tulang akan terasa sakit saat digerakan

Jika tidak segera ditangani maka bukan hanya persendian saja, tapi tulang pun akan terasa sakit. Pada awalnya tangan dan kaki adalah bagian tubuh yang terasa sakit. Tapi secara perlahan punggung dan beberapa bagian tubuh yang lain pun akan terasa sakit pula.

  1. Terjadi pembengkakan pada sendi

Penderita flu tulang yang tidak segera mendapatkan penanganan akan berakibat membengkaknya persendian. Persendian yang awalnya hanya sakit saja akan menjadi sangat sakit dan membengkak. Jika ini sudah terjadii maka persendian tersebut sudah tidak dapat digerakan lagi. hal ini tentunya akan menyebabkan rasa sakit sekali. Keadaan ini akan semakin parah jika pendeerita flu tulang mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kekurangan cairan tubuh menjadikan sistem pelumasan dalam persendian juga akan berkurang sehingga akan menambah rasa sakit yang sudah ada.

  1. Sakit punggung

sakit punggung ini adalah kelanjutan dari nyeri pada persendian. Sakit punggung diakibatkan oleh si penderita yang menahan sakit pada persendiannya sehingga untuk menahannya, penderita flu tulang akan meringkuk. Jika ini tterus terjadi maka punggung pun akan terasa sakit.

  1. Kram otot

Gejala flu tulang yang satu ini akan terjadi setelah persendian terasa sakit. Kram otot terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh virus. Biasanya kram ini terjadii pada kaki yang persendiannya sudah terinfeksi oleh virus Parvovirus B19. Kondisi tersebut membuat penderita flu tulang akan mengalami kesulitan dalam bergerak. Selain itu, penderita juga akan mudah merasa letih dan lelah.

  1. Sakit kepala

Jika hal ini sudah terjadi maka harus berkonsultasi ke dokter. Adanya rasa sakit kepala diakibatkan oleh virus yang sudah menyerang sistem syaraf sehingga harus segera mendapatkan penanganan. Biasanya dalam tahap ini peersendian pasien akan sulit untuk digerakan. Agar rasa sakit itu tidak semakin parah, sebaiknya penderita flu tulang tetap mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan nutrisi. Dengan begitu kebutuhan gizi tubuh akan tetap terpenuhi.

  1. tubuh terasa lelah

jika penderita sudah tidak mampu melawan kuatnya infeksi oleh virus Parvovirus B19 ini, maka dia akan merasakan kelalahan yang sangat. Rasa lelah tersebut juga diiringi dengan rasa sakit di bagian persendian.

Langkah-langkah menanggulangi flu tulang

Agar penyakit ini tidak menyerang kita dan orang-orang di sekitar kita, maka ada beberapa cara yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Menjaga kebersihan rumah dan lingkungan

Seluruh jenis nyamuk, termasuk juga nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus suka hidup di tempat-tempat kotor. Jika kita dapat membuat lingkungan dan rumah dalam kondisi selalu bersih, maka kedua spesies nyamuk tersebut tidak akan betah berada di sekitar kita.

  1. Membersihkan benda-benda yang tidak berguna

Benda-benda yang tidak berguna, terutama benda-benda yang dapat menjadi sumber genangan air harus disingkirkan karena benda-benda tersebut dapat menjadi saran berkembangbiaknya nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

  1. Memasang obat nyamuk

Saat ini sudah banyak dijual aneka obat nyamuk, baik elektrik, krim,semprot, dan lain sebagainya agar nyamuk tidak betah berada di dalam rumah.

  1. Tidur di ruang tertutup

Usahakan ketika tidur berada di ruang tertutup. Hal ini untuk mencegah masuknya nyamuk penyebab flu tulang.

Semua gejala flu tulang di atas dapat terjadi jika penderita tidak mendapatkan penanganan segera. Untuk itu, konsultasi ke dokter segera jika anda atau orang-orang di sekitar anda mengalami seperti gejala flu tulang di atas.

Demikianlah pembahasan tentang gejala flu tulang. Semoga bermanfaat.

Posting 11 Gejala Flu Tulang dan Cara Menanggulanginya ditampilkan lebih awal di Aladokter.

author
Author: